Cara Menghilangkan Bau Pete yang Ampuh dan Mudah

(0)
Cara menghilangkan bau pete bisa dilakukan dengan mudah selain dengan menyikat gigiMeski memiliki aroma kuat. petai atau pete termasuk menu lalapan favorit yang banyak digemari
Cara menghilangkan bau pete bisa Anda lakukan dengan mudah. Dengan ini, Anda tak perlu khawatir untuk tetap bisa makan petai tanpa harus khawatir jadi bau mulut setelahnya. Sebab, walaupun menimbulkan bau tidak sedap, petai atau pete termasuk menu lalapan favorit yang banyak digemari, bukan?

Cara menghilangkan bau pete yang ampuh

Meski menimbulkan bau tidak sedap, petai termasuk menu lalapan favorit yang digemari oleh banyak orang. Kini, Anda yang gemar makan pete tak perlu khawatir akan aroma menyengat yang ditimbulkannya. Pasalnya, ada berbagai cara menghilangkan bau pete yang bisa dilakukan dengan mudah berikut ini.

1. Menyikat gigi

Salah satu cara menghilangkan bau pete adalah sikat gigi
Pilihlah pasta gigi mengandung fluoride
Salah satu cara menghilangkan bau pete adalah dengan menyikat gigi sesaat setelah makan petai. Gunakan pasta gigi mengandung fluoride yang dapat membantu mengurangi bau mulut.Pastikan Anda menggosok gigi sampai ke bagian dalam atau sela-sela gigi agar tidak ada lagi sisa pete yang tersisa di area rongga gigi.

2. Membersihkan lidah

Cara menghilangkan bau pete berikutnya adalah membersihkan lidah. Selain menempel pada sela-sela gigi, kotoran sisa makan petai berukuran kecil mungkin saja mengendap di permukaan lidah. Hal inilah yang dapat memicu bau pete.Lakukan cara membersihkan lidah saat menyikat gigi agar bakteri dan kotoran sisa makan petai yang menempel dapat ikut hilang. Anda bisa membersihkan lidah dengan pembersih khusus atau sikat gigi dengan pembersih lidah setelah makan petai. 

3. Melakukan flossing (benang gigi)

Cara menghilangkan bau pete berikutnya adalah flossing gigi
Flossing gigi dilakukan menggunakan benang
Flossing gigi adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang. Meski tampak merepotkan, cara menghilangkan bau pete dengan flossing gigi dapat membantu menyempurnakan proses pembersihan gigi dan mulut.Langkah menjaga kebersihan area gigi dan mulut ini dilakukan dengan membersihkan plak dan kotoran yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi.Dengan demikian, bisa dipastikan tak ada lagi sisa petai yang tersangkut di sela-sela gigi Anda. Inilah cara menghilangkan bau pete selanjutnya.

4. Menggunakan obat kumur

Berkumur menggunakan obat kumur dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan bau pete. Anda dapat melakukannya setelah menggosok gigi.Pilihlah obat kumur antiseptik, kemudian gunakan cairan ini untuk berkumur selama beberapa menit guna membersihkan area gigi dan mulut dari sisa-sisa petai.Berkumur menggunakan obat kumur bisa membuat napas Anda menjadi lebih segar setelah makan pete dan terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut.

5. Minum air putih

Minum air putih jadi cara menghilangkan bau pete
Caption
Minum air putih juga menjadi cara menghilangkan bau pete yang mudah dilakukan. Minum air putih bisa menjaga area mulut tetap lembap sekaligus mempercepat proses pembersihan rongga mulut dari sisa petai yang terselip di antara gigi.

Tips menghilangkan bau pete dengan konsumsi makanan dan minuman tertentu

Selain dengan menjaga kebersihan area gigi dan mulut, cara menghilangkan bau pete juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.Meski bersifat sementara waktu, bagi Anda yang tidak bisa langsung membersihkan gigi dan mulut, tak ada salahnya mengonsumsi makanan dan minuman sebagai cara menghilangkan bau pete.Berikut adalah berbagai makanan dan minuman yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau pete sementara waktu.

1. Susu

Anda dapat minum susu sebagai cara menghilangkan bau pete yang tidak sedap. Namun, hindari minuman manis yang mengandung tambahan gula, soda, atau sejenisnya sehingga tidak ada gula yang menempel pada sela-sela gigi.

2. Permen karet

Mengunyah permen karet atau mengisap permen dapat merangsang produksi air liur sehingga membantu membersihkan partikel sisa-sisa petai di area gigi dan mulut. Sebaiknya, pilih permen karet dan permen mint yang mengandung xylitol alias antibakteri dan tidak mengandung gula.

3. Yoghurt

Yogurt tidak hanya mengandung bakteri baik untuk usus. Yoghurt ternyata bisa menjadi cara menghilangkan bau pete sementara waktu berkat kandungan kultur aktif yang dapat membantu mengurangi bau pete.Jadi, sesaat setelah makan petai, cobalah konsumsi yoghurt agar aromanya dapat tersamarkan, ya.

4. Apel dan pir

Apel dan pir adalah buah-buahan yang banyak mengandung air. Jenis buah-buahan ini dapat membantu menambah produksi air liur sehingga menyeimbangkan kembali kondisi alami mulut Anda. Termasuk sebagai cara menghilangkan bau pete yang mengganggu.

5. Seledri, wortel, dan mentimun

Seledri, wortel, dan mentimun dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bau pete yang mengganggu. Mereka bekerja dengan cara mendorong produksi air liur untuk membantu membilas bakteri penyebab bau mulut. Maka dari itu, Anda bisa makan mentimun sebagai lalapan penutup untuk menetralisir bau pete.

6. Kacang-kacangan

Layaknya sayur dan buah, kacang-kacangan, seperti almond, juga mengandung serat. Faktanya, serat dapat berperan sebagai sikat gigi alami yang mampu menjadi cara menghilangkan bau mulut untuk sementara waktu.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, yakni suatu jenis antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab bau mulut. Jadi, tak ada salahnya Anda minum teh hijau sebagai cara menghilangkan bau pete yang kuat dan menyengat, bukan?Cara menghilangkan bau pete perlu dilakukan terutama apabila Anda perlu menghadiri acara formal atau akan pergi berkencan.Akan tetapi, apabila cara menghilangkan bau pete di atas tidak dapat berhasil, bahkan bau pete yang kuat dan menyengat tidak dapat hilang setelah berhari-hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi. Sebab, bisa jadi bau mulut Anda bukan hanya akibat makan pete, tetapi ada kondisi kesehatan lain yang menyertainya.
kesehatan mulutbau mulut
Web Md. https://www.webmd.com/oral-health/guide/bad-breath#1
Diakses pada 10 Agustus 2020
Web Md. https://www.webmd.com/oral-health/guide/change-your-breath-from-bad-to-good#1
Diakses pada 10 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/diagnosis-treatment/drc-20350925
Diakses pada 10 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-floss
Diakses pada 10 Agustus 2020
Everyday Health. everydayhealth.com/dental-health/foods-that-mask-bad-breath.aspx
Diakses pada 10 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait