Ini 8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap yang Ampuh


Makanan, kerusakan gigi, dan perawatan yang buruk bisa menyebabkan bau mulut. Anda bisa coba cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami.

0,0
24 Nov 2021|Atifa Adlina
cara menghilangkan bau mulutBerkunjung ke dokter gigi secara rutin merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut
Bau mulut atau halitosis dapat disebabkan karena kesehatan gigi yang buruk. Tak hanya itu. Bau mulut juga bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan. Agar tidak semakin parah, berikut adalah cara ampuh menghilangkan bau mulut dengan bahan alami.

Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami

Anda perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut secara teratur sebagai cara agar tidak bau mulut. Mengutip dari Mayo Clinic, perawatan lanjutan untuk mengatasi masalah bau mulut cukup bervariasi, tergantung pada penyebabnya.Berikut adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, seperti: 

1. Menjaga kebersihan gigi

Malas membersihkan gigi adalah penyebab paling umum dari bau mulut. Mencegah penumpukan plak adalah kunci untuk menjaga kesehatan mulut.Maka dari itu, cara menghilangkan bau mulut yang paling mudah adalah menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride.Gosok gigi dua kali sehari secara rutin di pagi dan malam hari. Untuk menghilangkan bau mulut, sikat gigi minimal 30 menit setelah makan guna mencegah perkembangan bakteri.Kalau memungkinkan, bersihkan pula bagian lidah Anda dengan menggunakan sikat lidah. 

2. Minum air mineral

Anda perlu menjaga cairan tubuh dengan minum air mineral untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, minum air mineral juga menjadi cara menghilangkan bau mulut secara alami.Ini karena minum air sepanjang hari akan membantu mendorong produksi air liur. Apalagi, air liur berfungsi untuk menjaga kebersihan mulut agar bakteri tidak berkembang biak.

3. Makan yogurt

Yogurt mempunyai kandungan bakteri sehat, yaitu lactobacillus yang bisa melawan bakteri jahat. Salah satu peran bakteri ini adalah membantu menghilangkan bau mulut secara alami.Probiotik dalam yogurt tergolong efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut. Untuk mengurangi bau mulut, konsumsi satu porsi yogurt plain tanpa lemak setiap hari. 

4. Minum Teh hijau

Minum teh hijau diklaim efektif membantu mengatasi masalah bau mulut. Penelitian menunjukkan bahwa ada senyawa desinfektan dari teh hijau yang bermanfaat untuk menyegarkan napas.Anda juga bisa menambahkan daun mint ke dalam larutan teh hijau agar mulut terasa lebih segar.

5. Soda kue

Mengatasi bau mulut juga bisa menggunakan soda kue. Kandungan sodium bikarbonat dalam soda kue dapat membantu membunuh bakteri yang berkembang biak dalam mulut.Cara menghilangkan bau mulut secara alami ini adalah sebagai obat kumur. Cukup larutkan dua sendok makan soda kue ke dalam satu cangkir air hangat. Lalu, cukup berkumur selama 30 detik. Buang air berkumur dan bilas dengan air putih.

6. Makan apel

Salah satu buah yang cukup banyak digemari adalah apel karena praktis untuk langsung dimakan.Ternyata, mengonsumsi apel juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami. Khususnya, bau mulut yang disebabkan oleh bawang putih.Ini karena ada senyawa alami dalam apel yang dapat menetralkan bau di dalam bawang putih. Tak hanya membantu menghilangkan bau mulut, tetapi juga menetralkan senyawa dalam aliran darah.

7. Kumur pakai air garam

Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur air garam hangat.Obat bau mulut alami ini dapat membantu mengurangi plak, asam, sehingga mencegah tumbuhnya bakteri di dalam mulut dan juga tenggorokan.Setelah melarutkannya di dalam air hangat, Anda bisa berkumur-kumur selama 30 detik. Ulangi beberapa kali sampai air habis. 

8. Mengunyah permen karet

Mulut yang kering bisa memicu bau mulut. Selain minum air putih, Anda juga bisa mengunyah permen karet atau permen tanpa kandungan gula untuk merangsang produksi air liur.Permen karet yang mempunyai kandungan xylitol dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi dan bau mulut.Dalam suatu penelitian, menemukan bahwa mengunyah permen karet yang mengandung xylitol dapat mengurangi bakteri jahat di mulut hingga 75%.

9. Berkumur dengan mouthwash

Obat kumur antiseptik dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Berkumurlah setiap hari untuk mengatasi bau mulut langsung pada sumbernya.Anda juga dapat berkumur dengan air biasa setelah makan untuk menghilangkan sisa makanan yang menyangkut di gigi.

Penyebab bau mulut

Mengutip dari John Hopkins Medicine, ada banyak penyebab bau mulut. Umumnya, masalah utamanya adalah ada banyak bakteri berkumpul dalam mulut.Berikut adalah beberapa penyebab yang perlu Anda perhatikan, seperti:

1. Makanan tertentu

Secara tidak sadar, makanan beraroma kuat bisa menjadi penyebab bau mulut. Sebagai contoh, bawang putih, bawang merah, atau bawang bombay.Ini karena setelah dicerna dalam darah, dapat memengaruhi pernapasan. Begitu juga sisa makanan yang menempel pada gigi juga menyebabkan bau.

2. Tidak merawat kesehatan mulut

Sebagian orang mungkin lupa atau malas menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebagai contoh, tidak menggosok gigi serta melakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Ini bisa membuat sisa makanan membusuk, sehingga menyebabkan bau mulut.

3. Mulut kering

Mulut kering atau xerostomia juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Ketika ada penurunan produksi air liur, mulut tidak dapat menghilangkan kotoran dan partikel yang tertinggal.

4. Masalah gigi

Salah satu gejala gigi berlubang serta penyakit gusi adalah bau mulut yang tidak sedap. Kondisi ini membutuhkan perawatan dokter gigi secepat mungkin.

5. Infeksi tenggorokan, hidung, dan mulut

Penyebab bau mulut juga bisa berasal dari bakteri yang berasal dari amandel. Lalu, infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus, dan tenggorokan juga bisa membuat napas tidak sedap. Konsultasikan masalah bau mulut dengan dokter gigi di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
bau mulutkesehatan gigikesehatan muluthidup sehat
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922. Diakses pada 23 November 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath. Diakses pada 23 November 2021Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/halitosis-bad-breath. Diakses pada 23 November 2021Mouth Healthy. https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/h/halitosis/. Diakses pada 23 November 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/salt-water-rinse#benefits-of-saltwater-rinses. Diakses pada 23 November 2021Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chewing-gum-good-or-bad. Diakses pada 23 November 2021A Bahador, N. (2012). Effect of xylitol on cariogenic and beneficial oral streptococci: a randomized, double-blind crossover trial. Iranian Journal Of Microbiology, 4(2), 75. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3434645/LODHIA, P., YAEGAKI, K., KHAKBAZNEJAD, A., IMAI, T., SATO, T., & TANAKA, T. et al. (2008). Effect of Green Tea on Volatile Sulfur Compounds in Mouth Air. Journal Of Nutritional Science And Vitaminology, 54(1), 89-94. doi: 10.3177/jnsv.54.89
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait