logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang yang Ampuh

open-summary

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang paling efektif adalah dengan merawat gigi yang berlubang tersebut, bisa dengan menambal gigi, melakukan perawatan saluran akar, atau bahkan cabut gigi jika memang diperlukan. Selain itu, rajin sikat gigi dan membersihkan lidah juga bisa membantu.


close-summary

14 Mar 2023

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang paling ampuh adalah dengan menambal gigi

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang paling ampuh adalah dengan menambal gigi

Table of Content

  • Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang paling efektif
  • Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang lainnya

Bau mulut dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga dengan baik, konsumsi obat-obatan hingga gangguan kesehatan tertentu. Pada beberapa orang, bau mulut juga dapat muncul akibat gigi berlubang. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang? 

Advertisement

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang paling efektif

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang paling ampuh adalah pergi ke dokter gigi
Memeriksakan diri ke dokter gigi adalah cara tepat menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang

Penyebab gigi berlubang yang paling utama adalah bakteri yang berkembang biak dari penumpukan sisa makanan yang menempel pada gigi serta tidak dibersihkan dengan baik dan benar. Semakin banyak sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan, semakin banyak pula bakteri atau kuman pada area rongga mulut.

Ketika gigi yang berlubang tidak kunjung dirawat, maka bakteri tersebut akan terus bertahan dan menumpuk, sehingga menimbulkan bau mulut.

Karena itu, cara paling efektif untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang adalah merawat lubang tersebut, sehingga bakteri bisa hilang sepenuhnya.

Beberapa jenis perawatan gigi yang dapat dilakukan dokter untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, meliputi:

1. Tambal gigi

Tambal gigi adalah cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang efektif. Saat menambal gigi, dokter akan membersihkan lubang menggunakan alat khusus sehingga tidak ada lagi bakteri yang bertahan. Setelah itu, lubang akan ditutup dengan bahan khusus sehingga bau mulut maupun nyeri tidak lagi muncul.

2. Crown gigi

Pemasangan mahkota gigi atau dental crown dapat menjadi pilihan apabila kerusakan gigi akibat gigi berlubang sudah meluas dan gigi menjadi rapuh.

Metode perawatan gigi ini dapat memperbaiki tampilan gigi dan melindungi gigi dari kerusakan yang lebih parah. 

Namun sebelum memasang crown gigi, dokter gigi akan membersihkan lubang di gigi sehingga gigi sudah dalam keadaan bersih sebelum dipasang crown.

3. Perawatan saluran akar gigi

Perawatan saluran akar gigi dibutuhkan ketika gigi yang rusak atau berlubang telah menyebabkan kerusakan berat pada lapisan gigi bagian dalam dan saraf gigi. Biasanya, selain bau mulut, kerusakan yang sudah mencapai saraf juga disertai nyeri hebat dan pembengkakan.

4. Cabut gigi

Tindakan cabut gigi dibutuhkan ketika kerusakan gigi sudah tidak dapat diperbaiki dengan metode perawatan gigi sehingga gigi yang rusak harus dicabut. Gigi yang sudah membusuk bisa jadi sumber bau mulut, sehingga mencabut gigi bisa jadi cara efektif untuk membuat rongga mulut kembali segar. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang lainnya

Selain dengan perawatan ke dokter gigi, kamu juga perlu melakukan beberapa cara menghilangkan bau mulut di bawah ini agar kondisi rongga mulut dan gigi-gigi lainnya tetap terjaga kesehatannya:

1. Menyikat gigi secara rutin

menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang
Sikat gigi dua kali sehari merupakan hal penting

Salah satu cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang adalah selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menggosok gigi.  Sebenarnya, apapun penyebab bau mulutnya, langkah yang satu ini wajib kamu lakukan. Sebab jika tidak, bakteri pada rongga mulut dapat terus berkembang biak dan membuat bau mulut karena gigi berlubang semakin parah. 

Idealnya, sikat gigi dilakukan dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Namun, kamu juga bisa menggosok gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.

Hal yang perlu dihindari adalah menggosok gigi terlalu sering atau berlebihan. Meski dapat membuat gigi menjadi bersih, gosok gigi secara berlebihan dapat mengikis enamel gigi yang sejatinya berfungsi untuk melindungi gigi.

2. Ganti sikat gigi setelah tiga bulan pemakaian

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang berikutnya adalah mengganti sikat gigi setelah 3 bulan pemakaian. Setiap kali kamu menggosok gigi, tentu sisa-sisa makanan yang berhasil dibersihkan akan berpindah ke bulu sikat gigi yang digunakan. 

Walaupun sikat gigi sudah dibilas sampai bersih, bakteri-bakteri yang tidak terlihat mungkin saja masih menempel pada bulu sikat. Maka dari itu, kamu perlu mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali agar proses pembersihan gigi dapat dilakukan secara optimal. 

Akan tetapi, tidak perlu menunggu sampai 3 bulan pemakaian. Jika kondisi sikat gigi kamu sudah mulai rusak sebaiknya segera diganti. 

3. Membersihkan lidah

Membersihkan lidah juga menjadi cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Ya, selain menempel pada sela-sela gigi, kotoran sisa makanan berukuran kecil mungkin saja mengendap di permukaan lidah. 

Jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, maka semakin lama akan menumpuk sehingga memicu bau mulut. Jadi, lakukan cara membersihkan lidah saat menyikat gigi agar bakteri dan kotoran yang menempel ikut hilang. 

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka semakin lama akan semakin menumpuk. Sehingga bau mulut yang tidak sedap pun tak terhindarkan.

4. Melakukan flossing gigi (benang gigi)

Flossing gigi adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang. Langkah menjaga kebersihan area gigi dan mulut ini dilakukan untuk membersihkan plak dan kotoran yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi. 

Inilah cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang selanjutnya. 

5. Berkumur menggunakan obat kumur 

Berkumur menggunakan obat kumur sebaiknya dilakukan sebagai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Kamu dapat melakukannya setelah menggosok gigi. 

Pilihlah obat kumur antiseptik, lalu gunakan cairan ini untuk berkumur beberapa menit guna membersihkan area gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan. Dengan demikian, napas kamu menjadi lebih segar dan terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut.

6. Minum cukup air

Minum cukup air juga menjadi cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. 

Minum air dapat menjaga area mulut tetap lembap sekaligus membersihkan rongga mulut dari bakteri dan kotoran yang terselip di antara gigi. Dengan ini, kamu dapat mengurangi paparan bakteri maupun zat asam yang bisa mengikis permukaan gigi. 

Selain itu, kamu dapat minum susu untuk meminimalisasi bau mulut yang tidak sedap. Hindari pula minum minuman manis yang mengandung gula, soda, atau sejenisnya sehingga tidak ada gula yang menempel pada celah-celah gigi. 

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Jeruk Nipis dan Bahan Sederhana Lainnya

7. Menghindari makanan pemicu bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang berikutnya adalah menghindari makanan pemicu bau mulut. 

Beberapa jenis makanan yang dapat memicu bau mulut, seperti bawang putih, bawang bombay, petai, jengkol, hingga makanan yang mengandung gula. 

Jika kamu mengalami gigi berlubang, sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut agar tidak memperparah kondisi bau mulut. 

8. Mengurangi asupan kopi

Mengurangi kopi juga jadi cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang
Kafein dalam kopi dapat meningkatkan risiko bau mulut

Beberapa orang mungkin membutuhkan asupan kafein dari segelas kopi untuk memulai hari. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat hingga menghilangkan rasa kantuk. 

Akan tetapi, ketika kamu mengalami bau mulut karena gigi berlubang, sebaiknya kurangi asupan kopi harian. Pasalnya, kopi mengandung sulfur yang cukup tinggi sehingga menyebabkan bau mulut. 

Tak hanya itu, kandungan kafein di dalam kopi dapat membuat mulut kering sehingga meningkatkan risiko bau mulut. Ini karena air liur membantu membersihkan bakteri dan sisa-sisa makanan pada area gigi dan mulut yang dapat menyebabkan bau mulut. 

Jadi, sebaiknya batasi konsumsi kopi sebagai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, ya.

9. Menghindari konsumsi alkohol

Menghindari konsumsi alkohol juga menjadi cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Microbiome mengungkapkan bahwa konsentrasi bakteri jahat yang lebih tinggi dapat menjadi pemicu bau mulut.

Terlebih, alkohol juga dapat menjadi pemicu refluks asam yang menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan dan menghasilkan bau mulut. 

10. Jangan merokok

Selain tidak bagi kesehatan tubuh, kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan gusi, membuat area gigi dan mulut kotor, serta meningkatkan bakteri pada area rongga mulut. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan bau mulut.

Baca Juga: Makanan Penghilang Bau Mulut yang Bisa Kamu Coba

Menjaga kesehatan gigi dan mulut, menghindari pemicu bau mulut, serta melakukan perawatan gigi merupakan beberapa cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang ampuh. 

Selain itu, melakukan pemeriksaan rutin minimal 6 bulan sekali sangat penting untuk mencegah bau mulut karena gigi berlubang serta masalah pada area gigi dan mulut lainnya yang juga dapat memicu aroma tidak sedap. 

Namun, apabila kondisi tidak kunjung hilang setelah melakukan cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang di atas dilakukan, sebaiknya kamu perlu kembali berkonsultasi dengan dokter gigi. 

Gunakan fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ untuk berdiskusi langsung dengan dokter gigi tentang masalah gigi dan mulut yang kamu alami. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

bau mulutgigi berlubang

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved