Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Garam yang Mudah dan Praktis

0,0
18 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan bau mulut dengan garam dapat dilakukan dengan berkumur air garamAir garam dapat membantu menghilangkan bau mulut
Bau mulut atau halitosis merupakan salah satu kondisi yang dapat menghilangkan kepercayaan diri. Anda pasti menyadari saat napas tidak sesegar biasanya. Apalagi, jika mendapati seseorang spontan menjauh saat Anda membuka mulut.Bau mulut umumnya disebabkan karena menumpuknya bakteri akibat kebersihan mulut dan gigi yang kurang terjaga. Bau mulut yang dibiarkan berkepanjangan dapat menyebabkan rasa cemas, malu, rendah diri, dan dijauhi orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya kondisi ini segera ditangani. Salah satunya dengan menggunakan cara menghilangkan bau mulut dengan garam.

Cara menghilangkan bau mulut dengan garam

Air garam merupakan salah satu pembasmi kuman atau bakteri di mulut yang efektif. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang secara teratur berkumur dua kali sehari dengan air garam selama 21 hari, mengalami penurunan jumlah bakteri mulut secara signifikan jika dibandingan anak-anak yang berkumur menggunakan placebo.Air garam bekerja membasmi bakteri di mulut dengan cara:
  • Membunuh sebagian bakteri di permukaan mulut dan gigi.
  • Membuat sisa bakteri di sela-sela mulut dan gigi terlepas dan terangkat ke permukaan. Sisa bakteri tersebut kemudian akan hanyut bersama air garam yang dibuang.
Kemampuan air garam untuk membasmi bakteri juga bermanfaat dalam mengurangi sakit tenggorokan, sariawan, mencegah infeksi mulut dan saluran pernapasan, hingga bau mulut.Khusus untuk masalah bau mulut, berikut langkah-langkah cara menghilangkan bau mulut dengan garam yang bisa Anda ikuti:
  • Masukkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat.
  • Aduk hingga larut.
  • Gunakan larutan untuk berkumur-kumur selama 30 detik.
  • Ulangi beberapa kali hingga air habis.
Lakukan cara menghilangkan bau mulut dengan garam ini secara rutin sebanyak dua kali sehari. Dengan demikian, kebersihan gigi dan mulut sekaligus kesegaran napas senantiasa terjaga.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami lainnya

Kayu manis untuk bau mulut
Kayu manis juga dapat membantu menghilangkan bau mulut
Selain cara menghilangkan bau mulut dengan garam, ada beberapa cara alami lainnya yang cukup mudah dan efektif menghilangkan bau mulut.

1. Cengkeh

Cengkeh dapat membantu menyegarkan napas, memberi rasa manis di mulut, serta melawan bakteri penyebab gigi berlubang.Anda bisa mengusir bau mulut dengan mengisap beberapa siung cengkeh beberapa kali sehari, sebaiknya setelah makan. Jangan menggunakan minyak atau bubuk cengkeh supaya tidak menyebabkan luka bakar.

2. Kayu manis

Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang juga bermanfaat membunuh bakteri di mulut penyebab bau mulut. Gigit batang kayu manis beberapa kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.Selain langsung digunakan, kayu manis juga dapat dimanfaatkan untuk membuat obat kumur rumahan bebas alkohol. Cara membuatnya adalah dengan membuat larutan dari campuran:
  • 1 gelas air hangat
  • ½ sendok makan bubuk kayu manis
  • Perasan 2 jeruk lemon
  • 1 ½ sendok teh madu
  • ½ sendok teh baking soda.
Campurkan bahan-bahan tersebut hingga larut dan gunakan secara rutin untuk berkumur. Larutan ini dapat digunakan hingga 2 minggu.

3. Cuka apel

Cuka apel dapat memberikan manfaat yang sama seperti cara menghilangkan bau mulut dengan garam. Cuka ini mampu membantu menghilangkan bau mulut yang tajam seperti setelah makan bawang putih.Cukup tambahkan sedikit cuka apel ke dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur. Larutan ini dapat segera menyegarkan napas Anda.

4. Minyak pohon teh (tea tree oil)

Minyak pohon teh bermanfaat untuk membunuh mikroba mulut yang dapat menyebabkan bau mulut. Anda bisa menambahkan tetesan minyak pohon teh pada pasta gigi untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Konsumsi buah dan sayur

Memakan buah dan sayur renyah, seperti apel dan wortel, dapat membantu menghilangkan bau mulut. Selain berfungsi sebagai sikat gigi alami, buah dan sayur ini juga merangsang produksi air liur untuk mencegah pertumbuhan bakteri.Selain cara menghilangkan bau mulut dengan garam dan bahan alami di atas, usaha paling utama yang harus Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi secara rutin. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:
  • Sikat gigi dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi dua kali sehari.
  • Sikat lidah secara berkala untuk membersihkannya dari tumpukan bakteri.
  • Bersihkan dengan benar apa pun yang digunakan di mulut Anda, seperti kawat gigi atau gigi palsu.
  • Ganti sikat gigi setidaknya tiga bulan sekali.
  • Periksakan kondisi gigi secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun.
Jika bau mulut terus berlanjut, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan kondisi gigi dan mulut. Beberapa kasus bau mulut juga dapat disebabkan oleh gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, atau penyakit kronis lainnya.Jika Anda punya pertanyaan seputar bau mulut atau masalah kesehatan mulut lainnya, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mulutbau mulut
Priozone. https://www.periozone.com/blog/6-easy-home-remedies-fresh-breath
Diakses 4 Januari 2021
Go Dental 365. https://www.godental365.com/2019/06/24/how-do-i-get-rid-of-my-bad-breath
Diakses 4 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325238
Diakses 4 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait