Bau mulut bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan
Berkunjung ke dokter gigi secara rutin merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut

Bau mulut, atau yang dikenal secara medis sebagai halitosis, dapat disebabkan karena kebiasaan perawatan kesehatan gigi yang buruk. Tak hanya itu, bau mulut juga bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan.

Bau mulut kadang semakin diperparah oleh jenis makanan yang baru dikonsumsi, merokok, dan gaya hidup tidak sehat lainnya. Bila Anda berbicara atau berhadapan dengan klien di tempat kerja maupun teman-teman terdekat, bau mulut yang tidak sedap akan sangat menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Penyebab Bau Mulut

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, bau mulut bisa disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang buruk, gangguan kesehatan, atau gaya hidup yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa penyebab bau mulut.

1. Makanan Beraroma Kuat

Mengonsumsi jenis makanan seperti jengkol, petai, atau bawang putih dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Makanan beraroma kuat tidak bisa dihilangkan bau mulut hanya dengan menyikat gigi. Kadang-kadang, Anda harus menggunakan obat kumur untuk menutupi aroma bau mulut yang tidak sedap.

2. Kebiasaan Tidak Sehat

Jika Anda sering malas menyikat gigi atau malas menggunakan dental floss, partikel kecil makanan yang tersangkut di sela-sela gigi akan tetap tinggal di dalam mulut. Lama kelamaan, sisa makanan ini akan mendorong pertumbuhan bakteri di antara gigi, di sekitar gusi, dan lidah. Inilah yang akhirnya menimbulkan bau mulut. Anda bisa memakai obat kumur antibakteri untuk mengurangi perkembangan bakteri mulut.

Tidak hanya itu, bagi mereka yang menggunakan gigi palsu, sebaiknya juga selalu merawat kebersihan gigi palsu dengan benar untuk mencegah bakteri dan bau mulut. Merokok atau mengunyah permen berbasis tembakau juga faktor lain yang dapat menyebabkan bau mulut.

3. Gangguan Kesehatan

Sering mengalami bau mulut atau rasa tidak nyaman di mulut? Ini bisa menjadi tanda peringatan penyakit gusi. Penyakit gusi disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Bakteri dapat menyebabkan pembentukan racun yang mengiritasi gusi. Jika penyakit gusi tidak dirawat dengan benar, dapat merusak gusi dan tulang rahang. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan karena gigi berlubang atau karies gigi.

Kondisi lain yang menyebabkan bau mulut adalah mulut kering atau xerostomia. Biasanya terjadi karena produksi air liur yang menurun sehingga meningkatkan kadar asam dan bakteri atau sel-sel mati yang menumpuk pada lidah, gusi, dan pipi bagian dalam. Alhasil, sel-sel yang membusuk ini menyebabkan bau mulut. Kondisi mulut kering juga merupakan efek samping dari obat-obatan.

Gangguan kesehatan lain yang dapat menyebabkan bau mulut, di antaranya: pneumonia, bronkitis, infeksi sinus kronis, diabetes, masalah hati atau ginjal, dan lainnya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Agar bau mulut tidak mengganggu penampilan atau kepercayaan diri, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang terbaik. Selain itu, Anda bisa mengikuti cara menghilangkan bau mulut berikut:

1. Menerapkan Kebersihan Mulut yang Baik

Gosok gigi sebanyak dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak. Selain gigi, bersihkan juga lidah dan gunakan benang atau obat kumur antibakteri dua kali sehari.

2. Temui Dokter Gigi Secara Teratur

Kunjungi dokter gigi Anda minimal dua kali dalam setahun. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut serta membersihkan plak atau karang gigi agar bau mulut dapat dicegah.

3. Berhenti Merokok

Dengan berhenti merokok, bau mulut Anda akan secara signifikan berkurang. Berhenti merokok juga membuat mulut Anda menjadi lebih sehat dan menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit mulut kronis, seperti kanker mulut.

4. Minum Banyak Air

Air akan menjaga mulut tetap lembap dan membantu membersihkan partikel makanan atau bakteri mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Lainnya

Obat kumur antiseptik dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Tanyakan kepada dokter gigi Anda produk mana yang terbaik atau Anda dapat bertanya mengenai alternatif lain dalam cara menghilangkan bau mulut.

Jangan biarkan bau mulut mengganggu aktivitas dan penampilan di hadapan teman-teman atau keluarga. Konsultasikan masalah bau mulut dengan dokter gigi untuk mengatasinya.

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/bad-breath#1
Diakses pada Januari 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/columns/white-seeber-grogan-the-remedy-chicks/ways-fight-bad-breath-naturally/
Diakses pada Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed