logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

8 Cara Menghilangkan Bau Ketiak pada Anak yang Bisa Orangtua Coba

open-summary

Bau ketiak pada anak yang tak sedap dapat menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, orangtua dapat mencoba rutin mencuci pakaiannya, perkenalkan anak dengan deodoran, hingga mencoba bahan alami seperti perasan lemon.


close-summary

4.6

(5)

30 Des 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Ada banyak cara menghilangkan bau ketiak pada anak, salah satunya rajin mencuci bajunya.

Sering mandi dan rutin mencuci pakaiannya menjadi cara menghilangkan bau ketiak pada anak yang efektif.

Table of Content

  • Cara menghilangkan bau ketiak pada anak
  • Cara mencegah ketiak berbau tak sedap pada anak
  • Catatan dari SehatQ

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun bisa merasa kurang percaya diri jika ketiaknya berbau tak sedap, terutama ketika bermain dengan teman sebayanya. Sebagai orangtua, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan bau ketiak pada anak yang bisa dicoba dengan mudah di rumah.

Advertisement

Cara menghilangkan bau ketiak pada anak

Ketiak menjadi salah satu bagian tubuh yang sering kali dihinggapi bakteri. Jika tidak dibersihkan secara berkala, bau tak sedap bisa muncul.

Masalahnya, tidak semua anak bisa menyadari bau badannya sendiri. Itulah sebabnya orangtua perlu mengambil tindakan dan melakukan berbagai cara menghilangkan bau ketiak pada anak ini.

1. Mandi secara teratur

Masa kanak-kanak dipenuhi dengan berbagai macam aktivitas fisik yang memicu keluarnya keringat. Kondisi ini bisa menyebabkan penumpukan bakteri di berbagai bagian tubuh, termasuk ketiak. Akibatnya, bau badan anak pun menjadi tidak sedap.

Ajarkan anak sejak dini untuk mandi secara rutin. Tidak hanya itu, tuntunlah mereka untuk membersihkan bagian ketiak menggunakan sabun.

Jangan lupa ingatkan si kecil untuk membersihkan area lain, seperti selangkangan, panggul, punggung, hingga kaki, karena bagian-bagian tubuh ini juga sering dihinggapi bakteri.

Jika anak sering menolak untuk mandi, cobalah untuk membawanya ke pusat perbelanjaan agar ia bisa memilih sabun dan samponya sendiri. Dengan begitu, diharapkan ia akan lebih semangat untuk menjaga kebersihan tubuhnya.

2. Cucilah pakaiannya secara rutin

Mencuci pakaian anak secara rutin dapat menjadi cara menghilangkau bau ketiak pada anak yang sangat efektif. Sebab, baju kotor dapat dihinggapi oleh bakteri yang bisa pindah ke ketiak anak.

Baju yang dicuci dengan bersih dapat mencegah hal tersebut. Selain itu, cara mengatasi bau badan pada anak balita ini juga bisa memastikan bahwa pakaian si kecil selalu bersih dari kotoran dan rutin mengganti pakaian setiap hari.

3. Perkenalkan anak dengan deodoran

Akan tiba masanya Anda harus memperkenalkan deodoran dan antiperspirant kepada anak-anaknya yang mulai beranjak dewasa. Hal ini sebaiknya tidak Anda diremehkan karena deodoran dapat meminimalisir keringat guna mencegah bau ketiak tak sedap.

Jika anak Anda memiliki kulit yang sensitif, carilah deodoran yang tidak mengandung pewangi. Kalau perlu, ingatkan si kecil untuk membawa deodorannya ke mana-mana.

4. Oleskan minyak kelapa

Menurut sebuah studi, minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang yang dapat bertindak sebagai senyawa antibakteri.

Untuk mencoba minyak kelapa sebagai cara menghilangkan bau ketiak pada anak, cobalah oleskan sedikit ke ketiaknya dan diamkan sampai meresap dengan baik.

Tidak ada salahnya untuk bertanya ke dokter sebelum mengoleskan minyak kelapa ke ketiak anak. Hal ini dilakukan untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

5. Oleskan lidah buaya

Sama seperti minyak kelapa, lidah buaya juga dipercaya mengandung senyawa antibakteri. Menurut riset, lidah buaya dapat menghilangkan bakteri penyebab bau ketiak saat dioleskan langsung.

Caranya juga cukup mudah, Anda bisa mengoleskan langsung gel lidah buaya ke ketiak anak atau biarkan ia sendiri melakukannya dan diamkan semalaman. Di pagi harinya, bilas ketiak si kecil dengan air bersih.

Untuk mencegah adanya efek samping, Anda juga bisa berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba lidah buaya.

6. Perasan air lemon

Perasan air lemon mengandung asam yang tinggi dan senyawa antibakteri. Keduanya dipercaya dapat menurunkan kadar pH kulit dan mencegah bakteri hinggap di kulit anak.

Potong lemon menjadi dua bagian, kemudian gosoklah salah satu potongan lemon tersebut ke ketiak anak. Setelah itu, diamkan hingga mengering dan bilaslah dengan air bersih.

Jika kulit anak Anda sensitif, sebaiknya Anda jangan melakukan cara menghilangkan bau ketika pada anak ini.

7. Rutin mengonsumsi buah dan sayur

Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi buah dan sayur secara rutin dapat mencegah munculnya keringat berbau tak sedap.

Baca Juga

8. Belikan pakaian berbahan serat alami

Cara menghilangkan bau badan pada anak selanjutnya adalah membelikan pakaian yang berbahan serat alami.

Perlu diketahui, menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology, bahan-bahan seperti polyester dan spandeks dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Oleh karena itu, cobalah belikan si kecil pakaian yang terbuat dari serat alami dan lebih mudah menyerap keringat, seperti katun, linen, hingga wol.

Baca Juga

  • Cara Menghilangkan Bau Badan pada Anak yang Ampuh
  • Kenali Penyebab Hingga Pemberian Vaksin Meningitis untuk Bayi
  • Sepsis Neonatorum (Infeksi Darah pada Bayi Baru Lahir), Ketahui Penyebab hingga Pencegahannya

Cara mencegah ketiak berbau tak sedap pada anak

cara menghilangkan bau ketiak pada anak sangatlah beragam, salah satunya sering mandi
Jalani gaya hidup bersih untuk cegah bau ketiak pada anak

Terdapat berbagai macam cara untuk mencegah ketiak berbau tak sedap pada anak, di antaranya:

  • Jagalah kebersihan tubuh anak dan ajari mereka mengenai pentingnya menjaga kebersihan setiap hari.
  • Pastikan anak Anda mandi sebanyak dua kali setiap hari dan bersihkan bagian ketiak dengan benar.
  • Jangan menggunakan pakaian kotor berulang kali. Segera taruh pakaian tersebut di tempat cuci agar tidak dipakai lagi oleh anak.
  • Mintalah anak untuk rutin minum air putih agar tubuhnya tetap terhidrasi.
  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan bau badan tak sedap, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Jika berbagai cara di atas sudah dilakukan, niscaya ketiak anak dapat terhindar dari bakteri dan bau tak sedap. Ingatlah, orangtua berperan dalam membantu anak menjaga kebersihan badannya.

Namun, jika berbagai cara di atas tidak membuahkan hasil positif, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin bisa merekomendasikan obat atau bedak untuk bau badan anak yang ampuh.

Catatan dari SehatQ

Sebelum melakukan berbagai cara menghilangkan bau ketiak pada anak di atas, tidak ada salahnya berkonsultasi dulu pada dokter. Dengan begitu, dokter bisa mencari tahu penyebab ketiak bau yang dialami oleh anak. Bisa jadi, ada kondisi tertentu yang menyebabkannya.

Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Advertisement

penyakit anakketiak hitambau badan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved