Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Timun, Efektifkah?


Timun dipercaya dapat menghilangkan bau ketiak secara efektif. Cara menghilangkan bau ketiak dengan timun juga sangat sederhana.

(0)
04 Feb 2021|Rhandy Verizarie
cara menghilangkan bau ketiak dengan timunCara menghilangkan bau ketiak dengan timun sangat mudah dan efektif
Menerapkan cara menghilangkan bau ketiak dengan timun dianggap aman dan efektif karena kandungannya yang berperan sebagai deodoran alami. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan timun

Siapa yang tidak kenal timun? Buah yang biasa dijadikan lalapan ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Timun mengandung berbagai macam nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, hingga mineral seperti fosfor, magnesium, dan zat besi.Salah satu manfaat timun adalah menghilangkan bau ketiak secara alami. Alasannya karena mentimun mengandung banyak air, dan ditambah magnesium yang merupakan deodoran alami.Bagaimana cara menghilangkan bau ketiak dengan timun?

1. Masker timun

cara menghilangkan bau ketiak dengan timun
Masker timun bisa hilangkan bau ketiak secara efektif
Cara menghilangkan bau badan dengan mentimun yang pertama adalah menjadikan buah ini sebagai masker. Langkah-langkah membuat masker timun sebagai berikut:
  • Siapkan satu buah timun segar
  • Cuci mentimun terlebih dahulu sampai benar-benar bersih
  • Potong timun menjadi irisan tipis
  • Tempelkan irisan mentimun pada ketiak
  • Diamkan selama beberapa jam
  • Setelah selesai, angkat irisan timun lalu buang
  • Cuci ketiak dengan air bersih lalu keringkan

2. Jus timun

Selain menempelkan irisan timun, cara menghilangkan bau ketiak juga bisa dengan jus timun. Berikut langkah-langkahnya:
  • Siapkan satu buah timun segar
  • Cuci timun dengan air sampai bersih
  • Masukkan timun ke dalam mesin blender, kemudian tambahkan air secukupnya
  • Nyalakan blender dan tunggu beberapa saat hingga timun halus
  • Tuangkan jus timun ke dalam wadah mangkuk atau gelas
  • Tuangkan jus atau air timun secukupnya pada kapas atau kain lembut
  • Usapkan kapas atau kain pada ketiak secara merata
  • Diamkan beberapa saat
  • Setelah selesai, bersihkan ketiak dengan air 

Aman dan efektifkah?

Agar cara menghilangkan bau ketiak dengan timun ini efektif, Anda disarankan untuk melakukannya setiap hari.Namun, apakah menghilangkan bau badan dengan mentimun aman? Belum banyak penelitian yang dapat memastikannya. Meski begitu, kandungan bahan alami pada timun berpotensi lebih aman digunakan ketimbang bahan-bahan kimia pada produk deodoran.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan bahan alami selain timun

Selain mentimun, ada bahan-bahan alami lain yang juga ampuh untuk menghilangkan bau ketiak. Apa dan bagaimana cara menghilangkan bau ketiak selain dengan timun?

1. Minyak esensial

Penyebab bau ketiak paling umum adalah adanya bakteri. Oleh sebab itu, Anda memerlukan bahan alami yang mengandung zat antibakteri agar bau ketiak hilang.Minyak esensial adalah salah satu cara alternatif untuk menghilangkan bau badan selain dengan mentimun. Salah satu minyak esensial yang bisa membantu basmi bau badan yakni minyak lavender. Menurut penelitian tahun 2002, minyak lavender dikatakan mengandung zat antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab bau badan di ketiak.Selain minyak lavender, minyak esensial lainnya yang berpotensi mengatasi bau ketiak adalah:
  • Minyak kelapa
  • Minyak daun teh 

2. Cuka apel

Cuka apel mengandung zat antimikroba. Mengoleskan cuka apel ke ketiak Anda secara rutin dapat menetralisir area kulit ketiak sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau ketiak.

3. Baking soda

Cara menghilangkan bau ketiak selain dengan timun selanjutnya adalah dengan baking soda. Lagi-lagi, ini karena baking soda mengandung zat yang bisa membunuh bakteri penyebab ketiak bau.Campurkan baking soda secukupnya dengan air perasan jeruk lemon. Kemudian, oleskan pada kedua ketiak secara merata. Diamkan selama 2 sampai 3 menit sebelum membersihkannya.

4. Lidah buaya

cara menghilangkan bau ketiak dengan timun
Selain dengan timun, cara menghilangkan bau ketiak juga bisa dengan gel lidah buaya
 Studi yang dirilis oleh Journal of Wound Care pada tahun 2009 menyebutkan jika lidah buaya adalah agen biopolimer yang memiliki efektivitas tinggi dalam menyerap bau.Bau yang dimaksud dalam penelitian tersebut adalah bau pada luka kulit. Namun, tidak menutup kemungkinan ini juga berpotensi menghilangkan bau tidak sedap di ketiak.

5. Garam Epsom

Garam Epsom dapat membantu menghilangkan bau ketiak karena mengandung sulfur. Menurut penelitian di Journal of Experimental Medicine, sulfur merupakan agen antibakteri.Cara menggunakan garam Epsom untuk membantu mengatasi bau badan yakni dengan melarutkannya dalam air. Kemudian, mandilah dengan air tersebut.

6. Kentang

Siapa sangka, kentang yang biasa Anda makan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau ketiak selain dengan timun. Berdasarkan penelitian tahun 2006, kentang mengandung zat yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab ketiak bau.Cara menghilangkan bau ketiak dengan kentang cukup mudah. Anda hanya perlu menempelkan irisan kentang ke ketiak selama beberapa menit. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Bagaimana mencegah bau ketiak?

Lakukan juga langkah-langkah berikut ini untuk mencegah bau ketiak dan seluruh badan:

1. Rajin mandi

Mandi bertujuan untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan bakteri karena keduanya merupakan penyebab badan bau. Anda disarankan untuk mandi dengan air hangat agar hasilnya optimal.

2. Hindari makanan yang memicu bau badan

Beberapa jenis makanan ternyata memicu bau badan. Hindari atau batasi mengonsumsi makanan seperti:
  • Makanan yang mengandung  bawang
  • Makanan bersantan
  • Makanan pedas

3. Gunakan deodoran atau antiperspiran

cara menghilangkan bau ketiak dengan timun
Deodoran mengandung antibakteri yang bisa menghilangkan bau ketiak
Deodoran dan antiperspiran menjaga agar ketiak tetap kering sehingga tidak ramah bagi bakteri penyebab bau.Akan tetapi, produk deodoran dan antiperspiran bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada kulit sehingga berhati-hatilah dalam memilih.

4. Mengenakan pakaian berbahan katun dan longgar

Mengenakan pakaian dari bahan katun dan longgar membuat kulit bisa lebih ‘bernapas’. Selain itu, keringat juga terserap dengan baik sehingga meminimalisir potensi bau.

5. Mencukur bulu ketiak

Selain dengan timun dan bahan alami lainnya, cara menghilangkan atau mencegah bau ketiak adalah dengan mencukur bulu ketiak secara berkala.Menurut penelitian di Journal of Cosmetic Dermatology, mencukur bulu ketiak terbukti dapat mencegah atau meminimalisir bau ketiak.Punya pertanyaan seputar masalah bau badan? Chat dengan dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulit
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tea-tree-oil Diakses pada 21 Januari 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/armpit-detox Diakses pada 21 Januari 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/beat-b-o-and-smell-fresh-hacks Diakses pada 21 Januari 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sweating-and-body-odor/diagnosis-treatment/drc-20353898 Diakses pada 21 Januari 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/173478 Diakses pada 21 Januari 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/283006#nutrition Diakses apda 21 Januari 2021NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1785201/ Diakses pada 21 Januari 2021NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2135706/ Diakses pada 21 Januari 2021NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4793925/ Diakses pada 21 Januari 2021PubMed Central. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12112282/ Diakses pada 21 Januari 2021PubMed Central. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19827482/ Diakses pada 21 Januari 2021PubMed Central. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16804179/ Diakses pada 21 Januari 2021Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/best-natural-deodorants-4687048 Diakses pada 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait