Bikin Tak Nyaman, Ini Cara Menghilangkan Bau Kaki

Ada beberapa czra menghilangkan bau kaki, termasuk memotong kuku, memerhatikan sepatu, dan mengoleskan alkohol
Pilihlah sepatu yang tak terlalu sempit, sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki

Jika menggemari komik terkenal dari Jepang, Crayon Shincan, Anda mungkin akrab dengan ciri ayah Shincan yang kaki dan kaos kakinya sangatlah bau. Walau kisah ini terlihat lucu, Anda tentu menjadi malu dan kurang percaya diri, apabila dalam kehidupan sehari-hari, memiliki kaki yang bau.

Dalam dunia kesehatan, kaki yang bau disebut bromodosis. Kondisi yang umum ini dapat terjadi, karena menumpuknya keringat di kulit kaki. Penumpukan keringat tersebut menyebabkan tumbuhnya bakteri, yang dapat memicu bau tak sedap. Infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab bromodosis.

Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan bau kaki atau bromodosis, yang bisa Anda lakukan sendiri dii rumah.

Cara menghilangkan bau kaki tanpa repot

Kaki merupakan area tubuh yang sangat mudah berkeringat, karena memiliki lebih banyak kelenjar keringat, dibandingkan bagian tubuh lain. Keringat dihasilkan untuk membuat tubuh senantiasa berada dalam kondisi dingin.

Dengan pengetahuan ini, hal utama dalam menghilangkan bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kaki. Membersihkan kaki tersebut termasuk mengikis sel kulit mati, serta menjaga kuku tetap pendek.

Tips dan cara menghilangkan bau kaki berikut ini, bisa Anda terapkan dengan mudah. Dengan sedikit komitmen, bau tak sedap dapat disingkirkan.

  • Menjaga kebersihan kaki

Bersihkan kaki Anda dengan sabun, minimal sekali sehari. Waktu untuk terbaik melakukan ini yakni saat mandi pagi dan sore. Selain itu, pastikan Anda juga mengeringkan kaki setelah membersihkannya.

  • Mengangkat sel kulit mati

Singkirkan sel kulit mati kaki yang mengeras, menggunakan penggosok kaki. Sebab, sel kulit yang mengeras dapat menjadi basah, sehingga menjadi tempat favorit bakteri untuk tumbuh.

  • Mengganti kaos kaki dengan rutin

Jangan sampai Anda menggunakan kaos kaki yang sama setiap harinya. Gantilah kaos kaki setiap harinya. Anda juga mungkin harus lebih sering menggantinya, setelah berolahraga.

  • Memotong kuku kaki

Anda harus memastikan kuku kaki selalu pendek. Tak hanya memotongnya, saat membersihkan kaki dengan sabun, sela-sela kuku juga tak boleh luput dari perhatian Anda.

  • Memiliki beberapa sepatu

Hindari penggunaan sepatu yang sama setiap harinya, dengan menyiapkan minimal dua pasang. Melalui langkah ini ini, tiap pasang sepatu Anda dapat benar-benar kering dari keringat, setelah seharian penuh digunakan.

Jika perlu, Anda bisa mengangkat bagian insol sepatu, untuk mengeringkannya setelah digunakan.

  • Tidak sembarang memilih kaos kaki dan sepatu

Pilihlah kaos kaki yang dapat menyerap kelembapan. Beberapa contoh jenis kaos kaki ini, yakni kaos kaki olahraga, kaos kaki berbahan katun, atau terbuat dari serat alami.

Begitu juga dengan sepatu. Hindari mengenakan sepatu yang terlalu sempit, atau yang dapat menahan kelembapan.

  • Perhatikan sandal yang dipakai

Saat berjalan di cuaca panas dan hangat, pilihah sandal, dengan bagian kuku yang terbuka. Apabila berjalan di rumah, usahakan untuk bertelanjang kaki, tanpa menggunakan alas.

  • Mengoleskan alkohol

Setiap malam, Anda bisa meneteskan sedikit alkohol ke kapas, lalu mengoleskannya ke kaki. Cara ini dapat membantu mengeringkan kaki, karena kondisi kaki yang lembap, dapat memancing pertumbuhan bakteri.

Namun, penting untuk diingat, Anda harus menghindari pengolesan alkohol di area kaki yang pecah-pecah.

  • Menggunakan produk antibau kaki

Cara menghilangkan bau kaki lainnya yakni dengan bahan antijamur kaki. Bahan-bahan tersebut dapat berupa semprot antijamur kaki, bubuk untuk bau kaki, atau sabun antibakteri dan antijamur.

Selain itu, penggunaan semprotan antiperspiran dan deodoran pada kaki, bisa juga Anda pakai untuk menghilangkan bau kaki.

Cari bantuan dokter, jika cara menghilangkan bau kaki di atas tak ampuh

Apabila cara menghilangkan bau kaki di atas tak mempan, untuk menyelesaikan masalah Anda, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab, hal itu dapat menjadi penanda kondisi keringat berlebih atau hiperhidrosis.

Pengobatan hiperhidrosis dapat bermacam-macam. Misalnya, pemberian antiperspiran khusus hiperhidrosis, obat antikolinergik, injeksi botoks, hingga tindakan bedah.

Anda juga sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter, jika ragu dengan obat antijamur dan antibau yang hendak digunakan. Apabila tidak ada obat yang cocok, dokter juga dapat menawarkan sabun dan antiperspiran khusus.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-smelly-feet

Diakses pada 18 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/hyperhidrosis

Diakses pada 18 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed