10 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Mudah Dilakukan


Bau kaki umumnya disebabkan oleh bakteri dan keringat yang menumpuk di sela-sela jari kaki. Cara menghilangkan bau kaki salah satunya adalah dengan merendam kaki di air hangat.

0,0
18 Sep 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan bau kaki di sepatu olahragaMemakai sepatu yang tak terlalu sempit adalah salah satu cara menghilangkan bau kaki
Penting untuk tahu bagaimana cara menghilangkan bau kaki. Sebab jika selama keseharian Anda terus memakai sepatu tertutup dalam waktu lama, kaki tentu akan bau. Keringat pada kaki akan terus terperangkap di atas permukaan kulit tanpa bisa menguap. Kulit kaki yang lembap karena keringat adalah rumah yang ideal bagi bakteri berkembang biak. Bakteri-bakteri tersebutlah yang kemudian memunculkan bau tak sedap. Anda tentu menjadi malu dan kurang percaya diri, apabila dalam kehidupan sehari-hari, memiliki kaki yang bau.Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan bau kaki atau bromodosis, yang bisa Anda lakukan sendiri dii rumah.

Penyebab bau kaki

Bau kaki umumnya dipicu oleh kondisi kaki yang lembap dan keringat berlebih pada kaki. Pada dasarnya, kelenjar keringat bertugas untuk menjaga kelembapan kulit, sekaligus mengatur suhu tubuh ketika cuaca panas maupun ketika sedang berolahraga.Infeksi jamur juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan kaki bau. Pertumbuhan jamur di sela jari kaki dan kuku kaki akan membuat kaki menjadi berbau busuk.Selain itu, beberapa kondisi berikut juga bisa menjadi penyebab bau kaki:
  • Kebersihan tubuh kurang terjaga.
  • Perubahan hormon yang dapat menyebabkan keringat berlebih pada kaki. Hal ini umum terjadi pada remaja puber dan ibu hamil.
  • Sedang stres. Kelenjar keringat di kaki lebih banyak dibandingkan di bagian tubuh lainnya. Maka ketika sedang stres, kaki bisa berkeringat lebih banyak dari normalnya.
Dalam dunia kesehatan, kaki yang bau disebut bromodosis.

Cara menghilangkan bau kaki yang mudah

Kaki merupakan area tubuh yang sangat mudah berkeringat karena memiliki lebih banyak kelenjar keringat dibandingkan bagian tubuh lain.Dengan pengetahuan ini, hal utama dalam menghilangkan bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kaki. Membersihkan kaki tersebut termasuk mengikis sel kulit mati, serta menjaga kuku tetap pendek.Tips dan cara menghilangkan bau kaki berikut ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Dengan sedikit komitmen, bau tak sedap dapat disingkirkan.

1. Menjaga kebersihan kaki

Bersihkan kaki Anda dengan sabun dan air mengalir minimal sekali sehari. Gosok permukaan punggung kaki dan telapak kaki secara menyeluruh, jangan lupa bersihkan juga sela-sela jari dan d bawah kuku.Agar ingat selalu, cuci kaki bersamaan pada waktu mandi Anda. Pastikan selalu mengeringkan kaki setelah membersihkannya agar tidak terasa lembap.

2. Mengangkat sel kulit mati

Singkirkan sel kulit mati kaki yang mengeras menggunakan penggosok kaki. Sebab, sel kulit yang mengeras dapat menjadi basah dan lembap sehingga menjadi tempat favorit bakteri untuk tumbuh.Jika ada waktu luang, siapkan baskom berisi air hangat untuk merendam kaki agar proses pengelupasan kulitnya jadi lebih mudah. Dalam baskom air tersebut, tuang juga:
  • 200 ml cuka putih (=1 gelas belimbing)
  • air perasan dari 1-2 buah lemon
  • 200 gr garam Epsom atau garam kasar (=1 gelas belimbing)
Aduk rata, kemudian rendam kedua kaki dalam air tersebut selama 10 sampai 20 menit. Pijat kaki dengan gerakan berputar agar butiran garam dapat menganggat sel-sel kulit matinya. Setelah itu, gunakan bagian dalam kulit lemon untuk menggosok permukaan punggung dan telapak kaki.Cara lainnya adalah dengan mencampurkan beberapa sendok baking soda ke dalam sebaskom air hangat. Gunakan larutan air dan baking soda ini untuk merendam kaki selama 20 menit. Setelah itu, gosok kulit kaki dengan batu apung atau waslap bersih untuk mengangkat kulit mati yang menebal.

3. Rutin ganti kaos kaki dan sepatu

Jangan memakai kaos kaki dan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut atau bahkan lebih. Sebab, keringat masih akan menempel dan mengandung bakteri penyebab masalah bau kaki.Keringat pada kaki yang menempel di sepatu dan membuat sepatu ikut menimbulkan bau. Itu kenapa kaki bisa makin bau jika menggunakan sepatu yang sama tiap hari.Setidaknya siapkan cadangan kaos kaki dan sepatu minimal dua pasang masing-masing untuk mencegah bau kaki.Dengan begitu, tiap pasang sepatu Anda dapat benar-benar kering dari keringat setelah seharian penuh digunakan.Jika perlu, Anda bisa mengangkat bagian insol sepatu untuk mengeringkannya setelah digunakan.

4. Memotong kuku kaki

Anda harus memastikan kuku kaki selalu pendek. Tak hanya memotongnya, saat membersihkan kaki dengan sabun, sela-sela kuku juga tak boleh luput dari perhatian Anda.

5. Tidak sembarang memilih kaos kaki dan sepatu

Pilihlah kaos kaki yang dapat menyerap bau dan keringat. Beberapa contoh jenis kaos kaki ini, yakni kaos kaki olahraga, kaos kaki berbahan katun, atau terbuat dari serat alami.Begitu juga dengan sepatu. Hindari mengenakan sepatu yang terlalu sempit atau yang dapat membuat kaki terasa lembap.

6. Perhatikan sandal yang dipakai

Saat berjalan di cuaca panas dan hangat, pilihah sandal, dengan bagian kuku yang terbuka. Apabila berjalan di rumah, usahakan untuk bertelanjang kaki tanpa menggunakan alas.

7. Mengoleskan alkohol

Setiap malam, Anda bisa meneteskan sedikit alkohol ke kapas, lalu mengoleskannya ke kaki. Cara ini dapat membantu mengeringkan kaki dan sekaligus untuk membasmi bakter penyebab bau.Namun penting untuk diingat, Anda harus menghindari pengolesan alkohol di area kaki yang pecah-pecah.

8. Menggunakan produk antibau kaki

Cara menghilangkan bau kaki lainnya yakni dengan menggunakan produk pembasmi bau, seperti deodoran antiperspiran khusus kaki, lotion pencegah bau dan keringat pada kaki, sabun antibakteri, sampai krim antijamur untuk kaki.

9. Mengeringkan kaki

Bagi Anda yang sering mencuci kaki saat berada di luar rumah, jangan lupa untuk selalu mengeringkan kaki Anda secara menyeluruh setelahnya, apalagi jika ingin menggunakan sepatu. Hal ini dipercaya dapat mencegah bau tak sedap pada kaki.Sebab, saat kaki masih basah dan lembap, bakteri dapat menghampiri kaki Anda, akhirnya bau kaki pun datang. Jika kaki sudah kering, bakteri tidak akan bisa hinggap di sana.

10. Rutin membersihkan sepatu

Pernah melihat noda kusam berwarna hijau di dalam sepatu Anda? Bisa jadi, hal itu yang menyebabkan kaki Anda bau. Untuk mengatasinya, cobalah semprot disinfektan ke bagian dalam sepatu.Cari semprotan disinfektan yang mengandul etanol dan senyawa sanitasi lainnya. Hal ini dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki di dalam sepatu Anda.

Kapan harus ke dokter?

Apabila cara menghilangkan bau kaki di atas tak mempan, untuk menyelesaikan masalah Anda, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab, hal itu dapat menjadi penanda kondisi keringat berlebih atau hiperhidrosis.Pengobatan hiperhidrosis dapat bermacam-macam. Misalnya, pemberian antiperspiran khusus hiperhidrosis, obat antikolinergik, injeksi botoks, hingga tindakan bedah.Anda juga sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter, jika ragu dengan obat antijamur dan antibau yang hendak digunakan. Apabila tidak ada obat yang cocok, dokter juga dapat menawarkan sabun dan antiperspiran khusus.
hidup sehatbau badantips kesehatanpenyakit kaki
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-smelly-feet
Diakses pada 18 September 2019
WebMD. https://www.webmd.com/diabetes/ss/slideshow-foot-care
Diakses pada 4 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/hyperhidrosis
Diakses pada 18 September 2019
NHS. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-avoid-smelly-feet/
Diakses pada 11 Maret 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/smelly_feet/article.htm
Diakses pada 11 Maret 2021
Health Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/4-sure-fire-ways-you-can-avoid-stinky-feet/
Diakses pada 11 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait