7 Cara Menghilangkan Bau Cat secara Alami


Cara menghilangkan bau cat dapat dilakukan dengan aman menggunakan bahan-bahan alami, seperti baking soda, kopi, arang, air lemon, bawang bombay, hingga lilin aromaterapi

0,0
23 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkau bau cat dapat dilakukan dengan bahan-bahan rumahanMenghirup bau cat dalam waktu lama bisa berbahaya bagi tubuh
Tembok rumah atau ruangan yang baru dicat tentunya menimbulkan bau yang menyengat. Di dalam ruangan, bau cat ini bahkan bisa bertahan lama jika tidak ada sirkulasi udara yang memadai. Karena ada potensi bahaya bau cat bagi kesehatan, sebaiknya Anda melakukan sejumlah cara menghilangkan bau cat yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bahaya bau cat bagi kesehatan

Menghirup senyawa organik yang mudah menguap (VOC) dari cat dianggap bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Senyawa yang inilah yang menjadi dalang dari bahaya bau cat. Kadarnya bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis catnya.Beberapa bahaya bau cat dalam jangka pendek dapat berbentuk iritasi pada hidung, mata, atau tenggorokan, sakit kepala, pusing, mual, hingga kesulitan bernapas.Sementara itu, paparan VOC dalam konsentrasi tinggi untuk waktu yang lama berpotensi menyebabkan kerusakan sistem saraf, hati, dan ginjal. Selain itu, bau cat tembok juga dapat memicu alergi pernapasan pada sebagian orang dan mengganggu kesehatan janin pada ibu hamil.

Cara menghilangkan bau cat di rumah

Untuk menurunkan risiko bahaya bau cat di atas, Anda dapat melakukan sejumlah cara menghilangkan bau cat tembok atau ruangan berikut ini.

1. Baking soda

Baking soda atau soda kue adalah bahan rumahan yang sering digunakan sebagai pembersih dan penghilang bau tak sedap. Anda juga dapat memanfaatkan bahan serbaguna ini sebagai cara menghilangkan bau cat di ruangan.Anda hanya perlu menempatkan semangkuk penuh soda kue pada ruangan yang telah dicat. Cara ini dianggap sudah cukup untuk membuat Anda menikmati ruangan bebas bau cat.

2. Arang aktif

Sama halnya seperti soda kue, arang aktif juga sangat efektif untuk menyerap bau. Cara menghilangkan bau cat memakai arang adalah dengan menempatkan semangkuk arang di sekitar ruangan. Arang dinilai mampu menghilangkan bau cat dalam beberapa jam.

3. Kopi

Cara menghilangkan bau cat tembok selanjutnya adalah menggunakan kopi. Bubuk kopi kering dapat menyerap asap cat dan memberikan aroma yang menenangkan. Cara kurang lebih sama, Anda hanya perlu menempatkan semanguk bubuk kopi kering sampai bau cat menghilang.

4. Air lemon

Air bisa dijadikan cara menghilangkan bau cat di ruangan secara alami. Air dianggap bisa menyerap VOC dan membuat ruangan bebas bau cat.Akan tetapi, lebih baik jika Anda menambahkan beberapa irisan jeruk lemon atau air sari lemon. Cara ini tidak hanya menghilangkan bau cat tembok lebih cepat, tetapi juga dapat memberikan aroma jeruk yang menyegarkan.Tempatkan satu ember air yang telah diberi beberapa irisan lemon saat melakukan pengecatan. Biarkan ember tersebut semalaman di dalam ruangan. Anda dapat merasakan kesegaran dari ruangan yang baru dicat pada keesokan paginya.

5. Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi juga bisa menjadi cara menghilangkan bau cat di ruangan. Pilih aroma lilin yang Anda sukai, kemudian Anda hanya perlu menyalakan lilin tersebut untuk membebaskan bau cat dari rumah dalam beberapa jam.

6. Bawang bombay

Ya, Anda tidak salah baca. Meski dikenal bau, bawang bombay juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau cat di ruangan. Bawang ini memang memiliki aroma yang tajam, tetapi aromanya lebih alami dari cat tembok.Anda hanya perlu mengiris dua buah bawang bombay berukuran sedang dan letakkan pada piring. Tempatkan bawang tersebut di sekitar ruangan dan segera buang setelah digunakan.

7. Ekstrak alami

Cara menghilangkan bau cat juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan ekstrak alami yang memiliki aroma khas. Contohnya adalah vanilla dan peppermint.Cukup berikan beberapa tetes ekstrak alami pada bola kapas dan tempatkan pada mangkuk kecil. Letakkan mangkuk tersebut secara tersebar di beberapa area.Itulah cara menghilangkan bau cat tembok yang dapat Anda lakukan sendiri. Untuk memastikan keamanan penggunaan cat, pastikan Anda membaca aturan pemakaian yang terdapat dalam kemasannya.Sebagai bentuk kehati-hatian, sebaiknya hindari paparan bau cat tembok jika Anda sedang hamil trimester awal.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
gangguan pernapasanmata iritasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/paint-fumes#:~:text=However%2C%20exposure%20to%20paint%20and,and%20long%2Dterm%20health%20effects.
Diakses 12 Oktober 2021
Time. https://time.com/5619823/paint-fumes-harmful-research/
Diakses 12 Oktober 2021
The Spruce. https://www.thespruce.com/how-to-get-rid-of-paint-smell-4589269
Diakses 12 Oktober 2021
British Paint. https://www.britishpaints.in/blog/5-best-ways-to-get-rid-of-paint-odor
Diakses 12 Oktober 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait