Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan, Efektif dan Mudah


Saat memasak, bau bawang bisa tertinggal di tangan. Untungnya, benda Stainless steel seperti sendok dan panci bisa jadi cara menghilangkan bau bawang di tangan.

0,0
05 Jul 2021|Azelia Trifiana
Bau bawang sering menempel di tanganBau bawang sering menempel di tangan
Sebagai salah satu bumbu andalan di segala jenis masakan, bawang biasanya menjadi bahan wajib yang ada di dapur. Risikonya tentu harus tahu pula cara menghilangkan bau bawang di tangan yang ampuh. Sebab, kandungan sulfur dalam bawang memang membuatnya bisa melekat berjam-jam di tangan.Ada saran untuk mencegah tertinggalnya bau bawang yaitu dengan mengenakan sarung tangan atau melapisi tangan dengan minyak sebelum menyentuhnya. Namun, tentu metode ini kurang nyaman bagi kebanyakan orang.

Cara menghilangkan bau bawang putih di tangan

bawang putih
Aroma bawang putih kadang cukup menyengat
Sekarang, saatnya mengulik terlebih dahulu bagaimana cara menghilangkan bau bawang putih di tangan. Ada banyak zat sulfur dalam bawang putih. Ketika diiris, maka zat sulfur ini akan terlepas.Saat dicampur ke makanan tentu membuat rasa jauh lebih lezat. Namun, aromanya bisa tertinggal cukup intens baik di tangan maupun mulut.Jadi, apa saja cara menghilangkan bau bawang putih di tangan?

1. Obat kumur

Sudah pernah mencoba metode ini? Tuang satu tutup botol obat kumur ke telapak tangan, gosok merata, kemudian cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Metode ini cukup efektif, terlebih aroma dari mouthwash cukup dominan dan sangat bisa mengalahkan aroma bawang putih.Jadi, tak ada salahnya mencoba cara yang satu ini terutama bagi yang sedang terburu-buru harus menghilangkan bau bawang dari tangan. Jika efektif untuk menghilangkan bau bawang di mulut, kenapa tidak mencobanya di tangan?

2. Stainless steel

Ada banyak perabotan dapur yang terbuat dari bahan stainless steel. Menariknya, ternyata bahan yang satu ini juga bisa membantu mengusir bau bawang di tangan. Caranya pun mudah, cukup dengan menggosokkan tangan ke stainless steel dan dialiri air dingin selama setidaknya 30 detik.Apa saja bisa, mulai dari sendok, panci, keran air, wajan, dan lainnya yang penting terbuat dari stainless steel. Kemudian, baru bilas dengan air dingin dan sabun.Mengapa metode ini efektif? Sebab, aroma zat sulfur dari bawang putih akan terikat dengan molekul dari stainless steel. Dengan demikian, aroma bawang putih pun bisa hilang meski tidak sepenuhnya.Metode yang satu ini sudah cukup populer diturunkan dari generasi ke generasi, namun dianggap efektif meski belum ada bukti secara ilmiah.

3. Garam dan soda kue

Cukup dengan mencampur satu sendok teh garam dan dua sendok teh soda kue, kemudian tambahkan sedikit air hingga teksturnya menjadi pasta. Lalu, gosokkan ke kedua tangan selama 30 detik. Terakhir, bilas dengan air dan sabun.Soda kue ini akan menyerap aroma bawang putih. Sementara garam berperan sebagai exfoliant. Memang cara ini tidak sepenuhnya menghilangkan aroma bawang putih, namun cukup efektif menguranginya secara signifikan.Jangan lupa oleskan pelembap ke kedua telapak tangan setelah mencoba metode ini agar tidak menjadi kering.

4. Bubuk kopi

Setelah tuntas memasak, Anda juga bisa mencoba menuangkan bubuk kopi ke telapak tangan. Tambahkan beberapa tetes air dan gosokkan tangan bersamaan selama sekitar 30 detik. Kemudian, bilas dengan air dan sabun.Bubuk kopi memang dikenal sebagai zat yang bisa menetralkan aroma. Anda bisa juga menggunakan bubuk kopi yang telah diolah kemudian dikeringkan kembali sebagai bahan penetral aroma di sudut dapur.

5. Lemon

Asam sitrat dari lemon juga bisa menetralkan aroma bawang putih. Caranya cukup dengan memeras lemon ke salah satu telapak tangan, baru gosokkan ke kedua tangan bersamaan. Selain air perasan lemon, Anda juga bisa mengiris kulit lemon dan memerasnya.

Cara menghilangkan bau bawang merah di tangan

bawang merah
Aroma bawang merah dapat bertahan ditangan selama berhari-hari
Sama seperti bawang putih, ketika diiris bawang merah akan melepaskan enzim yang mengubah asam amino sulfoksida menjadi asam sulfenik. Inilah yang membuat orang bisa menangis saat sedang mengiris bawang merah.Tak hanya itu, aroma bawang merah juga bisa menempel di tangan bahkan bisa sampai berhari-hari. Lalu, apa cara menghilangkan bau bawang di tangan?

1. Sabun dan garam

Anda juga bisa mencuci tangan dengan mencampur garam ke sabun. Rasionya adalah satu sendok makan sabun cair dan satu sendok makan garam. Campurkan dalam satu mangkuk kecil dan gosokkan ke telapak tangan serta sela-sela jari.Untuk hasil paling efektif, gunakan sendok untuk menggosok bagian tangan. Lakukan di bawah air mengalir selama beberapa detik.

2. Cairan asam

Cara menghilangkan bau bawang merah di tangan bisa dengan merendam kain di cairan asam seperti cuka atau jus lemon. Kemudian, gosokkan ke kedua tangan, termasuk sela-sela jari dan di bawah kuku. Tunggu beberapa menit hingga mengering.Kemudian, bilas dengan air bersih. Selain cuka dan jus lemon, alternatifnya bisa dengan tomat, lidah buaya, dan juga daun mint.

3. Stainless steel

Metode ini memang sama seperti cara menghilangkan bau bawang putih di tangan. Selain menggunakan peralatan seperti panci atau wajan, bisa juga dengan menggosokkan tangan ke bak cuci atau wastafel. Lakukan metode ini selama beberapa detik dan rasakan bagaimana aroma bawang menghilang signifikan.Ada banyak metode yang layak dicoba untuk menghilangkan bau bawang di tangan, baik bawang merah maupun bawang putih. Meski mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan aroma bawang, setidaknya dapat mengurangi secara signifikan.Penasaran cara apa lagi yang efektif usir bau bawang? konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
hidup sehatpola hidup sehat
Open Fit. https://www.openfit.com/remove-garlic-smell
Diakses pada 21 Juni 2021
The Kitchn. https://www.thekitchn.com/best-method-garlic-smells-off-hands-23020763
Diakses pada 21 Juni 2021
The Spruce Eats. https://www.thespruceeats.com/remove-garlic-smell-from-hands-2356062
Diakses pada 21 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait