Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan yang Bisa Dilakukan dengan Mudah


Cara menghilangkan bau amis di tangan dapat dilakukan dengan berbagai metode sederhana, mulai dari menggunakan soda kue, lemon, hingga cuka putih.

0,0
12 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan bau amis di tangan dapat dilakukan dengan menggunakan lemonBau amis di tangan kadang sulit dihilangkan
Cara menghilangkan bau amis di tangan perlu dilakukan dengan benar supaya bau tidak menyenangkan ini bisa segera sirna. Tidak hanya itu, bau amis ini juga dapat Anda menempel pada perabotan memasak jika tidak dicuci dengan benar.Tahukah Anda bagaimana bau amis ini muncul? Untuk melawan rasa asin air laut dan menjaga keseimbangan cairan, ikan di laut mengandalkan senyawa yang disebut trimetilamina oksida (TMAO). Saat ikan mati, senyawa TMAO akan diubah menjadi trimetilamina (TMA) yang menghasilkan bau amis.Untuk membantu mengatasi bau yang susah hilang ini, simak penjelasan cara menghilangkan bau amis di tangan sekaligus cara menghilangkan bau amis pada ikan berikut ini.

Cara menghilangkan bau amis di tangan

Menyentuh dan mengolah ikan dapat meninggalkan bau amis di tangan. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bau amis di tangan yang dapat Anda coba.

1. Soda kue

Soda kue merupakan perlengkapan dapur yang banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan berbagai aroma tidak sedap, termasuk bau amis. Cara menghilangkan bau amis di tangan dengan soda kue adalah:
  • Tuangkan soda kue, lalu berikan sedikit air
  • Gosokkan campuran tersebut di tangan
  • Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

2. Lemon

Kemampuan lemon dalam menghilangkan noda dan aroma tidak sedap juga telah dimanfaatkan sejak dulu. Bahkan, banyak sabun pembersih yang menggunakan ekstrak lemon untuk menambah kekuatan pembersih dan memberikan aroma segar.Cara menghilangkan bau amis di tangan dengan lemon, di antaranya:
  • Rendam beberapa potong lemon di dalam air
  • Gunakan air rendaman lemon untuk mencuci tangan sambil menggosok telapak tangan dengan irisan jeruk lemon hingga aromanya hilang.

3. Cuka putih

Cara menghilangkan bau amis di tangan yang disebabkan ikan atau makanan laut lainnya, juga dapat dilakukan dengan menggunakan cuka putih.Anda bisa menggunakan cuka putih sulingan yang dianggap paling efektif untuk mencuci dan menghilangkan bau tidak menyenangkan ini.
  • Anda dapat melarutkan cuka dalam air dan menggunakannya untuk mencuci tangan.
  • Anda juga bisa mencampurkan cuka dengan soda kue, lalu gunakan layaknya sabun cuci tangan untuk menghilangkan bau amis.
Bahan-bahan di atas juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis dari berbagai perabotan dapur atau di dalam lemari es.

Cara menghilangkan bau amis pada ikan

Ikan dan lemon
Zat asam dari lemon dapat membantu menghilangkan bau amis pada ikan
Sebagian orang mungkin enggan makan ikan karena tidak tahan dengan aromanya, khususnya pada beberapa jenis ikan yang paling bau amis. Berikut adalah cara menghilangkan bau amis pada ikan saat memasaknya.

1. Memilih ikan yang tepat

Sebelum mengolahnya, pastikan Anda memilih ikan yang masih segar dan sudah dibersihkan dengan baik. Ikan yang tidak segar cenderung memiliki aroma amis yang sangat tajam, demikian juga jika ikan yang tidak dibersihkan dengan benar.Selain itu, ikan memiliki tingkat bau amis yang berbeda. Jenis ikan yang paling bau amis umumnya adalah ikan berminyak seperti kembung dan sarden, sedangkan ikan yang bebas minyak biasanya tidak begitu bau amis.

2. Menggunakan lemon atau buah-buahan sitrus

Cara menghilangkan bau amis pada ikan dapat dilakukan dengan menggunakan perasan lemon atau jenis asam apa pun, termasuk jeruk nipis, jeruk limau, cuka, atau saus tomat. Zat asam dapat bereaksi dengan senyawa TMA pada ikan sehingga mengurangi bau amisnya.Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bau amis ikan dengan menggunakan perasan buah sitrus.
  • Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, lumuri daging ikan dengan cuka, lalu rendam di dalam rendaman lemon dan bahan-bahan lainnya.
  • Anda dapat mengoleskan jeruk saat proses memasak, misalnya ketika ikan akan dibakar.
  • Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk saat ikan telah selesai dimasak dan sebelum disajikan.

3. Menambahkan lapisan crunchy

Anda dapat memodifikasi kulit ikan saat memasak sebagai cara menghilangkan bau amis pada ikan. Anda bisa memanfaatkan tepung roti, tepung bumbu, keju parmesan, kacang panggang, atau bumbu beraroma lainnya untuk melapisi kulit ikan.Cara ini dipercaya bisa menghilangkan bau amis pada berbagai macam ikan, termasuk jenis ikan yang paling bau amis sekalipun.

4. Merendam ikan ke dalam susu

Walaupun mungkin terdengar kurang meyakinkan, cara menghilangkan bau amis pada ikan bisa dilakukan dengan merendamnya di dalam susu.Pasalnya, protein kasein pada susu dapat mengikat TMA dan menariknya dari ikan. Cukup rendam ikan di dalam susu selama 20 menit, lalu tiriskan sebentar sebelum dimasak.

5. Membumbui ikan

Ikan cenderung menyerap bumbu dengan cukup baik sehingga dapat membantu menutupi bau amis yang dihasilkannya. Ada dua cara menghilangkan bau amis ikan dengan menggunakan bumbu:
  • Gunakan rempah-rempah yang beraroma cukup tajam, seperti kunyit, ketumbar, lada hitam, bawang putih, dan bawang merah.
  • Anda dapat menambahkan rempah segar, seperti peterseli atau saus salsa, saat ikan akan disajikan.
Itulah berbagai cara menghilangkau bau amis di tangan dan pada ikan. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
minyak ikan
The North Platte Telegraph. https://nptelegraph.com/townnews/food/a-few-tips-on-how-to-get-rid-of-fish-smell/article_43fbf29f-1f5b-5258-bb98-aebabb1d7dfd.html
Diakses 30 Juni 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/13731242-how-to-make-fish-taste-less-fishy/
Diakses 30 Juni 2021
Martha Stewart. https://www.marthastewart.com/1529849/get-rid-fishy-smell-cooking
Diakses 30 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait