Memastikan tubuh tetap hangat adalah cara menghilangkan alergi dingin
Gunakan kaos kaki saat cuaca dingin dapat menghilangkan alergi dingin

Banyak orang yang menikmati udara yang sejuk dan dingin. Namun, nyatanya tidak semua orang senang menikmati udara yang sejuk dan dingin karena memiliki alergi dingin. Pasalnya, kulit akan langsung bereaksi dengan menimbulkan ruam memerah disertai rasa gatal hingga pembengkakan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan alergi dingin? 

Ciri-ciri alergi dingin yang perlu diketahui

Ciri-ciri alergi dingin yang dirasakan setiap orang dapat berbeda-beda. Anda mungkin mengalami ciri-ciri alergi dingin yang ringan, sedangkan ada orang lain yang mengalami gejala alergi dingin lebih parah. 

Beberapa ciri alergi dingin yang tergolong ringan, antara lain:

  • Kulit memerah disertai rasa gatal sesaat setelah terpapar dengan suhu yang dingin
  • Pembengkakan pada tangan atau kaki ketika menyentuh benda yang dingin
  • Pembengkakan pada mulut ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin 

Sementara, ciri-ciri alergi dingin yang sudah parah, termasuk:

  • Reaksi anafilaksis, yang menyebabkan syok, tekanan darah menurun secara mendadak, penyempitan saluran napas, denyut nadi melemah, mual dan muntah, hingga pingsan.
  • Pembengkakan di lidah dan tenggorokan sehingga membuat Anda sulit bernapas.

Bagaimana cara menghilangkan alergi dingin?

Pada sebagian orang, urtikaria dingin atau alergi dingin dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan. Akan tetapi, pada orang-orang lainnya, alergi dingin dapat berlangsung lebih lama, seperti berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. 

Sebenarnya, tidak ada pengobatan yang tepat untuk alergi dingin, tetapi ada cara menghilangkan gejala alergi dingin yang bisa dilakukan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Membuat tubuh tetap hangat

Salah satu cara menghilangkan alergi dingin adalah membuat tubuh tetap hangat. Pastikan tubuh Anda tetap hangat sehingga kulit Anda tidak cepat bereaksi terhadap suhu dingin di luar. 

Misalnya, saat memasuki cuaca dingin atau musim hujan atau bepergian ke wilayah yang sejuk dan dingin, pastikan Anda selalu menggunakan jaket, sarung tangan, dan kaus kaki sebelum ke luar rumah. 

Kemudian, begitu kembali ke rumah, segera pakai selimut agar tubuh Anda tetap hangat. Dengan ini, Anda akan terlindungi dari ruam kulit yang disertai gatal-gatal. 

2. Menghindari pemicu alergi dingin

Cuaca dingin dapat menjadi pemicu alergi dingin yang paling utama. Tetapi, berada di ruangan bersuhu dingin, berenang, atau mandi juga dapat menyebabkan gejala alergi dingin. 

Nah, cara menghilangkan alergi dingin berikutnya adalah menghindari pemicu tersebut untuk sementara waktu. Jika gejalanya mulai muncul setelah Anda terpapar udara AC yang dingin, matikan AC atau segera pindah ke tempat yang lebih hangat. 

3. Menggunakan obat antihistamin

Memang tidak ada jenis obat-obatan khusus untuk mengatasi alergi dingin. Namun, ada beberapa obat alergi dingin yang biasanya diresepkan oleh dokter sebagai cara menghilangkan alergi dingin. 

Salah satu obat alergi dingin yang diresepkan oleh dokter untuk meredakan kulit gatal dan bengkak akibat biduran saat alergi dingin kambuh adalah obat antihistamin. 

Beberapa contoh obat antihistamin untuk gatal dan bengkak akibat biduran adalah loratadine, cetirizine, dan desloratadine. 

Selain itu, obat golongan steroid glukokortikoid juga dapat diresepkan oleh dokter, tetapi tergantung seberapa parah gejala alergi dingin yang dialami.

4. Menggunakan obat omalizumab

Omalizumab adalah cara menghilangkan alergi dingin yang menimbulkan gatal dan bengkak melalui obat.

Jenis obat ini akan diresepkan untuk orang dengan alergi dingin yang tidak berhasil menggunakan obat antihistamin dan jenis obat alergi lainnya. 

Obat ini tidak dapat digunakan sembarangan karena harus disuntikkan ke permukaan kulit. Umumnya, obat omalizumab diresepkan oleh dokter untuk mengobati gejala alergi dingin yang bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. 

5. Menyediakan suntikan epinefrin

Jika alergi dingin yang Anda alami cenderung parah, mudah kambuh, menyebabkan syok anafilaksis dan berisiko fatal, sebaiknya selalu sediakan suntikan epinefrin jenis portable atau mudah dibawa ke mana saja. 

Suntikan epinefrin adalah salah satu jenis obat sebagai cara menghilangkan alergi dingin yang digunakan untuk mencegah reaksi alergi dingin yang berlebihan. 

Tetapi, pastikan terlebih dahulu Anda sudah diizinkan oleh dokter sebelum menggunakan dan membawanya ke mana saja. 

Meski tidak dapat disembuhkan, ada beberapa cara menghilangkan alergi dingin yang dapat Anda lakukan. 

Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan cara menghilangkan alergi dingin di atas, terutama yang menggunakan obat-obatan. 

Dengan ini, dokter akan memberikan rekomendasi cara menghilangkan alergi dingin yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cold-urticaria/diagnosis-treatment/drc-20371051
Diakses pada 16 Juni 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/the-best-relief-for-cold-induced-hives.aspx
Diakses pada 16 Juni 2020

Medline Plus. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a603002.html
Diakses pada 16 Juni 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/how-to-get-rid-of-hives#prescription-options
Diakses pada 16 Juni 2020

Artikel Terkait