logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

7 Cara Menghibur Pacar Saat Sedih agar Kembali Ceria

open-summary

Cara menghibur pacar sedih yang bisa dilakukan adalah memberikan pelukan hangat sambil mendengarkan keluh-kesahnya. Berikan juga perhatikan kecil atau love sign untuknya.


close-summary

22 Jun 2022

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Menghibur pacar sedih

Rayu dan ajak melakukan hal-hal menarik

Table of Content

  • Cara menghibur pacar yang efektif
  • Catatan dari SehatQ

Memiliki pasangan bukan berarti bersama saat senang saja, namun juga saling menemani dan menguatkan ketika menghadapi situasi sulit. Ap apun kondisinya, setiap orang perlu tahu cara menghibur pacar yang lagi sedih.

Advertisement

Bagaimana cara menghibur pacar yang sedang badmood? Mulai dengan membicarakan akar masalah namun tanpa memberi komentar menyudutkan.

Memutuskan untuk tidak membicarakan apa yang tengah dihadapi justru bisa menyebabkan situasi memburuk. Sekilas mungkin terasa efektif, namun justru bisa menjadi bumerang ketika pacar merasa pasangannya tidak peduli pada perasaannya.

Cara menghibur pacar yang efektif

Cara menghibur pacar yang sedih memang tidak bisa disamakan antara satu orang dan lainnya. Sesuaikan dengan karakter pasangan, terutama saat sedang menghadapi masalah. Apa saja cara yang layak dicoba?

1. Membicarakan akar masalah

cara menghibur pacar

Ketika pacar terlihat sedih atau bete, perlahan tanyakan apakah ada yang sedang mengganjal pikiran mereka. Jika sudah jelas pacar justru menutup diri dan enggan membicarakan pemicu kesedihannya, tetap sampaikan bahwa Anda paham betul bahwa pasangan belum siap membahasnya.

Jangan lupa tekankan bahwa kapanpun pacar ingin membicarakannya, Anda siap mendengarkan. Lakukan semua ini dengan perlahan dan lembut. Jangan langsung menodong pacar untuk membicarakannya karena justru bisa menyulut emosi pemicu pertengkaran.

2. Berikan pelukan

Sentuhan fisik seperti pelukan atau skinship bisa jadi cara terampuh untuk menenangkan pacar kala dirundung kesedihan. Saat berpelukan, tubuh melepaskan hormon seperti oksitosin, dopamin, dan juga serotonin. Hormon-hormon inilah yang menyebabkan seseorang merasa lebih senang, rileks, serta mood jauh lebih baik.

Sesuaikan sentuhan ini dengan apa yang paling disukai pacar. Pilih jenis kontak fisik yang lembut namun tepat sasaran. Dengan cara ini, pacar akan merasa lebih tenang menghadapi emosi yang tengah dirasakannya.

3. Kenali tanda-tanda saat pacar bersedih

Pacar yang sedang badmood

Setiap individu akan menunjukkan gelagat berbeda ketika sedang merasa sedih. Jadilah pasangan yang peka dengan mengetahui munculnya gelagat ini. Jika tidak, sangat besar kemungkinan pacar justru merasa pasangannya tidak sensitif terhadap apa yang tengah dirasakannya.

Apabila gelagat ini mulai muncul, tunjukkan empati dengan siap menjadi pendengar yang baik. Tidak semua orang bisa mendengarkan dengan baik, tak jarang justru tanpa sadar menceritakan kesedihan versi mereka sendiri. Untuk itu, coba posisikan diri berada di sudut pandang orang lain agar empati terbangun.

4. Lakukan aktivitas bersama

Apa aktivitas bersama yang paling disukai dilakukan bersama pasangan? Berikan inisiatif untuk melakukannya, terutama jika merupakan aktivitas fisik. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres. Pikiran yang semula suntuk bisa menjadi lebih tenang setelah melakukannya.

5. Susun resep untuk mengurangi stres

Saat merasa sedih atau bete, tentu kadar stres meningkat. Coba susun resep atau jurus tersendiri yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Tiap pasangan pasti punya cara berbeda, sesuaikan dengan selera masing-masing. Tak perlu hal yang sulit, aktivitas sederhana seperti memesan makanan favorit sudah bisa menjadi cara mengusir rasa sedih.

6. Beri perhatian kecil

Menghibur pacar yang sedang bete

Ketika pacar bersedih, tak ada salahnya terus memantau bagaimana kondisinya dari waktu ke waktu. Bentuk perhatian sederhana seperti mengirim pesan teks, menelepon, hingga mengirimkan makanan favorit bisa membuat harinya menjadi lebih indah.

Cara menghibur pacar yang lagi sedih lewat chat juga bisa dilakukan, loh. Berikan dia meme lucu atau konten menarik supaya pacar kembali ceria.

7. Sesuaikan dengan bahasa cinta

Apa bahasa cinta pacar? Gunakan itu sebagai cara menghiburnya saat sedang tidak berbahagia. Mulai dari sentuhan fisik, kata-kata afirmasi, quality time, hadiah, hingga acts of service. Mengetahui apa bahasa cinta pasangan sangatlah penting untuk tahu bagaimana pacar ingin diperhatikan, terutama saat suasana hati sedang tidak bahagia.

Baca juga: Kenali Manfaat Pacaran yang Baik untuk Kesehatan

Catatan dari SehatQ

Lewat komunikasi, pastikan bahwa Anda selalu siap menemani ketika suasana hati sedang tidak bersahabat. Tidak ada satu cara yang paling ampuh, semuanya harus disesuaikan dengan karakter pasangan masing-masing.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara menaklukkan hati pasangan saat situasi berjalan tak sesuai harapan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan mentalstresmenjalin hubungan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved