5 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Wanita Wajib Tahu

Cara alami seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas dapat membantu menghentikan haid yang berkepanjangan
Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah untuk menghentikan haid yang berkepanjangan

Banyak hal yang mendasari keputusan seseorang untuk mempercepat periode datang bulan, baik pertimbangan medis, karier, hingga alasan pribadi. Untungnya, terdapat berbagai cara menghentikan haid yang aman untuk dilakukan.

Panjangnya periode menstruasi yang dialami setiap wanita berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya stres, indeks massa tubuh, dan hormon. Namun pada umumnya, periode datang bulan berlangsung 2-7 hari atau lebih (pada beberapa wanita).

Alat kontrasepsi hormonal biasanya dipilih untuk mengurangi periode menstruasi dan meminimalisir rasa nyeri saat datang bulan. Jika tidak ingin mengonsumsi obat-obatan, Anda dapat melakukan berbagai cara menghentikan haid yang berkepanjangan secara alami.

Apa saja cara menghentikan haid yang aman?

Terdapat berbagai cara menghentikan haid agar periode menstruasi Anda menjadi lebih pendek dari biasanya. Beberapa di antaranya aman untuk dilakukan nyaris setiap bulan, tapi ada juga yang hanya boleh dilakukan sesekali atau dengan persetujuan dokter kandungan.

  • Menggunakan pil KB: tujuannya adalah meningkatkan level hormon di dalam tubuh sehingga dapat mempersingkat periode menstruasi. Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai dosis dan cara pemakaian pil KB ini.

  • Berolahraga: melakukan banyak aktivitas dapat membantu rahim mempercepat pengeluaran darah sehingga masa menstruasi Anda menjadi lebih singkat. Olahraga juga dapat membantu meringankan kram perut pada beberapa wanita yang sedang menstruasi.

  • Orgasme: mengalami orgasme lewat masturbasi dapat merangsang terjadinya kontraksi pada rahim sehingga darah haid lebih cepat keluar.

  • Bahan-bahan alami: misalnya adas terbukti mengandung analgesik dan antiperadangan yang bisa mengurangi gejala PMS (premenstrual syndrome) sekaligus mengurangi lamanya Anda mengalami pendarahan menstruasi. Bahan alami lainnya yang bisa Anda coba adalah jahe.

Jika Anda menginginkan cara menghentikan haid untuk jangka panjang, Anda juga dapat menempuh cara-cara berikut:

  • Memasang KB spiral (IUD) yang mengandung hormon.

  • Pil kombinasi, yakni minum pil KB plus pil yang mengandung hormon estrogen dan progestin yang berfungsi menekan ovulasi dan membuat dinding rahim tipis.

  • Suntik progestin.

  • Alat kontrasepsi implan (diletakkan di bawah kulit) yang juga mengandung hormon progestin yang mengakibatkan menstruasi berlangsung sebentar atau tidak datang sama sekali.

Perlu Anda pahami bahwa cara-cara di atas tidak pasti berhasil 100% menghentikan haid Anda. Orang lain bisa sukses dengan salah satu metode, tapi belum tentu metode yang sama berhasil pada Anda.

Selain itu, cara menghentikan haid di atas hanya berlaku jika menstruasi Anda tergolong normal. Jika Anda mengalami datang bulan yang lebih dari satu minggu, sangat berat, atau menyebabkan nyeri keram perut yang tak tertahankan, diskusikan dengan dokter Anda mengenai penanganan yang tepat.

Bagaimana cara menghentikan haid yang berkepanjangan?

Haid yang berkepanjangan, apalagi disertai dengan rasa nyeri yang tak tertahankan, dalam dunia medis dikenal sebagai menorrhagia. Biasanya, penderita menorrhagia akan mengalami periode menstruasi hingga lebih dari 7 hari.

Jika Anda divonis menderita menorrhagia, cara menghentikan haid yang berkepanjangan pun akan berbeda, yaitu dengan:

  • Minum pil KB: dengan tujuan menyeimbangkan hormon Anda yang kemudian dapat menghentikan menstruasi yang berlangsung lama. Selain minum pil, memasang alat KB spiral (IUD) yang melepas hormon juga bisa menjadi alternatif.

  • Minum obat yang diresepkan dokter: Anda mungkin hanya boleh meminum obat ini saat menstruasi.

  • Operasi: terutama jika polip atau fibroid rahim dideteksi sebagai penyebab haid berkepanjangan yang Anda alami.

  • Mengangkat dinding rahim: misalnya dengan metode dilasi dan kuretasi yang mampu mengangkat lapisan terluar dinding rahim, tapi harus dilakukan beberapa kali. Prosedur lainnya adalah ablasi endometrial dan reseksi endometrial yang mengangkat secara permanen jaringan pada dinding rahim. Setelah mengangkat dinding rahim, Anda akan mengalami menstruasi yang lebih ringan atau bahkan tidak menstruasi sama sekali, tapi tetap bisa hamil.

  • Histerektomi: pengangkatan rahim sehingga Anda bukan hanya akan berhenti menstruasi, namun juga tidak bisa hamil. Cara menghentikan haid terus-menerus ini sangat ekstrem sehingga hanya menjadi pilihan terakhir.

Apakah menghentikan haid aman dilakukan?

Menurut kajian yang dilakukan National Women’s Health Network, tidak ada bukti yang menyatakan penggunaan berbagai cara menghentikan haid memiliki efek buruk untuk kesehatan. Meski demikian, Asosiasi Kanker Amerika Serikat mengingatkan bahwa penggunaan pil KB dalam jangka panjang berisiko menghidupkan sel-sel kanker di dalam tubuh wanita.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mendiskusikan cara menghentikan haid yang aman bersama dokter, terlebih jika Anda menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentu.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322958.php
Diakses pada 7 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-make-your-period-end-faster
Diakses pada 7 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/women/heavy-period-causes-treatments#1
Diakses pada 7 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed