Bagaimana Cara Menghentikan Cegukan Terus Menerus dengan Cepat?

(0)
11 Apr 2019|Maria Yuniar
Cara menghentikan cegukan salah satunya dengan berkumur dengan airDikagetkan bisa hilangkan cegukan? Itu hanya mitos!
Cegukan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Ada yang disebabkan oleh masalah fisik, dan ada yang dipicu oleh kondisi emosional. Namun, tak perlu khawatir, ada sejumlah cara menghentikan cegukan terus menerus dengan cepat yang bisa Anda lakukan.

Penyebab cegukan terus menerus

Cegukan dapat terjadi akibat otot-otot diafragma mengalami kejang, kontraksi, atau peregangan. Otot diafragma adalah salah satu jenis otot yang berbentuk seperti kubah dan tersekat di antara ulu hati dan di atas perut.Otot diafragma yang berkontraksi akan memaksa udara untuk masuk ke tenggorokan. Pada saat itulah udara yang dipaksa masuk terkena kotak suara dan membuat pita suara Anda secara tiba-tiba menutup. Penutupan pita suara yang terjadi secara mendadak mengakibatkan suara “hik” cegukan yang sering didengar.Ada banyak hal yang menjadi penyebab cegukan saat puasa, di antaranya:
  • Makan berlebihan
  • Makan terlalu cepat 
  • Minum minuman bersoda atau terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol
  • Banyak menelan udara saat makan permen maupun mengunyah permen karet
  • Perubahan suhu yang mendadak
Namun, Anda bisa juga mengalami cegukan karena otak bereaksi terhadap emosi tertentu. Misalnya, merasa gugup, cemas, stres, atau terlalu bersemangat. Emosi yang meluap-luap dapat menyebabkan gangguan pada saraf yang menghubungkan otak dengan diafragma.Beberapa orang ada yang mengalami cegukan setelah menjalani pembiusan, menyusul prosedur medis yang melibatkan operasi di bagian perut.Dengan melakukan langkah-langkah sederhana, Anda dapat menghentikan cegukan terus menerus.

Cara menghentikan cegukan terus menerus

Biasanya, cegukan akan hilang dengan sendirinya. Namun, ada yang berlangsung cukup lama. Ada mitos yang mengatakan, jika seseorang membuat Anda terkejut, maka cegukan yang sedang Anda alami, bisa hilang.Daripada Anda percaya pada mitos tersebut dan akhirnya kecewa, sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Menahan napas

Menahan napas menjadi salah satu cara mengatasi cegukan yang paling populer. Berikut adalah cara menahan napas untuk mengatasi cegukan saat puasa:
  • Ambil napas dalam-dalam melalui hidung Anda, lalu tahan napas kira-kira selama 10 detik.
  • Kemudian, hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai 3-4 kali.
  • Ulangi langkah-langkah ini setiap 20 menit apabila cegukan yang Anda alami tak kunjung hilang.

2. Bernapas dalam kantong kertas

Cara mengatasi cegukan saat puasa berikutnya adalah menggunakan kantong kertas. Anda bisa menggunakan kantong kertas kosong yang cukup tebal, seperti paper bag. Lalu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Tempelkan leher kantong kertas ke area mulut dan hidung Anda, jangan ke seluruh wajah.
  • Pastikan seluruh area mulut dan hidung Anda sudah tertutupi oleh kantong kertas.
  • Bernapaslah dalam kantong kertas tersebut.
Bernapas dalam kantong kertas membuat Anda lama kelamaan akan menghirup karbon dioksida. Akibatnya, otot-otot diafragma yang sebelumnya berkontraksi akan melemas kembali.

3. Minum segelas air dengan cepat

Minum segelas air dengan cepat merupakan cara menghentikan cegukan terus menerus. Cukup ambil segelas air dan minum sembilan atau sepuluh tegukan secara cepat.

4. Berkumur dengan air

Selain minum segelas air, Anda juga bisa berkumur dengan air selama 30 detik untuk memompa kerja diafragma.

5. Menelan satu sendok teh gula pasir

Menelan gula pasir bisa menjadi salah satu cara untuk menghentikan cegukan terus menerus. Ini karena gula dapat mengubah alur pernapasan menjadi lebih efektif. Cukup masukkan satu sendok teh gula pasir ke dalam mulut. Diamkan beberapa detik dan biarkan gula larut perlahan tanpa mengunyahnya hingga cegukan hilang.

6. Menjulurkan lidah

Jika cara menghentikan cegukan terus menerus yang disebutkan sebelumnya tidak kunjung berhasil, cobalah menjulurkan lidah Anda. Menjulurkan lidah dapat membantu merangsang saraf dan otot di tenggorokan.Caranya, pegang ujung lidah menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih, kemudian tarik lidah secara perlahan ke depan sebanyak 1-2 kali

Temui dokter jika alami kondisi ini

Apabila Anda terus-menerus mengalami cegukan selama lebih dari dua hari, atau hingga mengganggu napas, tidur, hingga aktivitas makan, segera hubungi dokter. Setelah memeriksa kondisi cegukan kronis Anda, dokter bisa meresepkan sejumlah obat, maupun memberikan pemeriksaan tambahan.Sampaikan kepada dokter kalau Anda sudah melakukan berbagai cara menghentikan cegukan terus menerus atau jika Anda memiliki kondisi lain. Misalnya berupa sakit perut, demam, sesak napas, muntah, maupun muntah darah.
cegukan
WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/hiccups-treatment
Diakses pada 8 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/qa/what-causes-hiccups
Diakses pada 8 April 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hiccups/symptoms-causes/syc-20352613
Diakses pada 8 April 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait