Cara Menghargai Diri Sendiri, untuk Self-Esteem yang Sehat

Ada beberapa cara menghargai diri sendiri untuk self-esteem positif, seperti menerapkan self-talk positif, hingga menjauhkan diri dari orang-orang toxic
Anda dapat mencari hobi dan tantangan baru, sebagai cara menghargai diri sendiri untuk self-esteem yang sehat

Merasa rendah diri dan minder karena self-esteem atau harga diri yang tidak sehat, mungkin beberapa kali Anda rasakan. Meski kondisi tersebut normal adanya, Anda tetap perlu berusaha mengendalikannya, agar tidak menjadi negatif.

Dalam ilmu psikologi, self-esteem atau harga diri adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan rasa keberhargaan dan nilai personal seseorang, terhadap dirinya sendiri. Self-esteem merujuk pada cara individu tersebut menghargai, mengapresiasi, dan menyukai diri sendiri.

Cara menghargai diri sendiri untuk memiliki self-esteem yang baik

Memiliki self-esteem yang sehat, dengan cara menghargai diri sendiri, sangat penting untuk dilakukan. Dengan kondisi harga diri yang sehat, Anda menjadi lebih percaya diri dalam menjalani hidup. Tak hanya itu, self-esteem yang baik juga meningkatkan kualitas hubungan, dan membuat Anda tidak takut dalam mengekspresikan pendapat.

Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan, sebagai cara menghargai diri sendiri, untuk self-esteem yang lebih sehat.

  • Berbicara hal-hal positif terhadap diri sendiri (self-talk)

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari self-talk. Baik yang positif maupun self-talk negatif, kegiatan ini memiliki pengaruh yang amat besar terhadap cara Anda menghargai diri sendiri, yang tentu juga berkorelasi terhadap kesehatan self-esteem.

Mulailah dengan mengganti kata-kata negatif yang di pikiran Anda, dengan kata lain yang derajat negatifnya lebih rendah. Misalnya, mengganti kata “sakit” dengan kata “tidak nyaman”.

Anda juga bisa mencoba mengubah pernyataan negatif yang terbesit di benak Anda, dengan menambahkan kata tanya di depannya. Sebagai contoh, Anda hendak mengatakan pernyataan negatif, seperti “Aku tidak mungkin diterima di perusahaan tersebut”, tambahkan menjadi “Apa yang bisa aku persiapkan untuk diterima di perusahaan tersebut?”.

  • Menjauhkan diri dari orang-orang toxic

Merasa negatif dengan harga diri yang sangat rendah, mungkin hal yang biasa terjadi pada beberapa titik dalam perjalanan hidup. Perasaan negatif tersebut, dapat berasal dari orang-orang di lingkungan Anda, termasuk rekan kerja maupun teman sepermainan. Efeknya, dapat sangat besar terhadap cara Anda menghargai diri sendiri.

Bagaimana menyadari adanya orang-orang toxic di sekitar Anda? Jika kerap merasa takut, marah, dan enggan berinteraksi, itulah tandanya kehadiran kaum toxic di dekat Anda.

Apabila interaksi dengan beberapa orang, membuat Anda sulit untuk menghargai diri sendiri, ciptakan batasan agar tak sering untuk bertemu dengan orang-orang tersebut. Menarik diri sementara waktu, demi kesehatan mental diri, sama sekali bukan hal yang salah.

  • Mencari tantangan dan hobi baru

Hobi dan kegiatan positif, dapat menjadi cara untuk menghargai diri sendiri, karena memberikan cara pandang baru terhadap diri sendiri. Selain itu, mencari hobi baru juga dapat membantu mengikis stres, sehingga juga sangat baik untuk mental.

Ada beberapa daftar hobi positif yang bisa Anda contek, seperti menari, berkebun, bercocok tanam, menulis, hingga merawat hewan peliharaan. Anda juga disarankan untuk mendengarkan atau memainkan musik.

  • Menerapkan self-care

Self-care bukanlah kegiatan berfoya-foya. Kegiatan ini bisa Anda lakukan, untuk menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional dengan hal-hal yang positif. Penerapan self-care yang baik, dapat meningkatkan susana hati, mengurangi kecemasan, serta menjadi kunci untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Beberapa self-care yang sangat mendasar untuk dilakukan, sebagai cara Anda menyayangi dan menghargai diri sendiri, yakni beristrahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, dan berolahraga secara teratur.

Anda juga bisa menerapkan kegiatan-kegiatan tambahan lain, yang mungkin terlihat sepele. Kegiatan self-care tersebut, misalnya dengan mandi secara teratur, keramas, bahkan memesan jasa pijat dan meni-pedi.

  • Menerima bahwa tidak ada yang sempurna

Impian dan target yang tidak tercapai, tentu berpotensi menjatuhkan harga diri atau self-esteem. Ada juga beberapa kondisi fisik yang sulit diubah. Misalnya bentuk hidung dan mata. Semua itu merupakan tanda, bahwa tidak ada hal yang sempurna.

Tentu, menjadi hal yang baik jika Anda berusaha untuk memberikan usaha penuh, agar menjadi yang terbaik. Hanya saja, tidak ada satu pun hal yang sempurna dalam hidup.

Menerima dan menyadari bahwa diri Anda tidak sempurna, dapat mengurangi risiko penurunan self-esteem. Sebab, Anda menyadari adanya perbedaan target yang realistis dan yang tidak.

Catatan dari SehatQ

Self-esteem atau cara pandang seseorang terhadap diri sendiri, bisa mengalami perubahan. Baik ke arah positif, maupun negatif. Oleh karena itu, Anda perlu mengendalikannya, agar self-esteem senantiasa positif. Ada beberapa cara menghargai diri, untuk self-esteem yang lebih sehat. Misalnya, dengan melakukan self-care, mencari hobi baru, hingga melakukan self-talk positif.

Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/self-esteem.html

Diakses pada 30 September 2019

 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/self-esteem/art-20047976

Diakses pada 30 September 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320715.php

Diakses pada 30 September 2019

 

Psych Central. https://psychcentral.com/blog/what-self-care-is-and-what-it-isnt-2/

Diakses pada 30 September 2019

 

Psych Central. https://psychcentral.com/blog/whats-a-toxic-person-how-do-you-deal-with-one/

Diakses pada 30 September 2019

 

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-use-positive-self-talk-for-stress-relief-3144816

Diakses pada 30 September 2019

 

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/importance-of-self-care-for-health-stress-management-3144704

Diakses pada 30 September 2019

 

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/self-care-strategies-overall-stress-reduction-3144729

Diakses pada 30 September 2019

 

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-self-esteem-2795868

Diakses pada 30 September 2019

 

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/why-an-how-to-raise-your-self-esteem-for-stress-relief-3144820

Diakses pada 30 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed