Cara Menghangatkan Badan Saat Cuaca Dingin


Cara menghangatkan badan saat berada di cuaca dingin bukan hanya memakai pakaian tebal saja. Anda juga bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk menghangatkan tubuh dari dalam.

0,0
21 Sep 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghangatkan badan saat berada di cuaca dingin bukan hanya memakai pakaian tebal sajaSaat cuaca dingin, gunakan setidaknya tiga lapis pakaian longgar agar tubuh semakin tertutup kain
Biasanya kita merasakan kedinginan saat berada di suhu yang rendah. Gejala kedinginan berupa bersin-bersin, hidung kering, kulit kering, hingga menggigil. Mencari cara menghangatkan badan merupakan langkah terbaik agar tubuh tidak merasa kedinginan terlalu lama. Caranya beragam, bisa menyalakan api, menggunakan selimut, hingga makan makanan yang berkuah panas dan pedas untuk mengurangi rasa dingin pada tubuh.

Cara menghangatkan badan

Manusia memiliki sistem regulasi suhu tubuh yang disebut hipotalamus. Bagian ini berada pada otak yang bertugas membandingkan suhu di luar dan suhu tubuh normal manusia. Biasanya suhu tubuh normal berada pada 36,1 derajat Celsius hingga 37,2 derajat Celsius. Ketika suhu tubuh Anda menurun, tubuh mendapatkan sinyal untuk menyesuaikan dengan suhu di luar dengan menghasilkan panas.Suhu tubuh biasanya akan stabil kecuali Anda mengalami hipotermia. Akan tetapi, biasanya kulit, jari-jari tangan, jari kaki,, dan dahi juga biasanya akan mengalami penurunan suhu karena penyesuaian tadi.Berikut ini adalah cara menghangatkan badan supaya tidak kedinginan:

1. Pakai baju berlapis

Memakai baju berlapis merupakan salah satu cara menghangatkan badan
Baju berlapis akan membantu memerangkap panas tubuh
Lapisan baju bisa memerangkap panas dan membantu mencegah keringat yang membuat Anda merasa lebih dingin. Saat cuaca dingin, gunakan setidaknya tiga lapis pakaian longgar agar tubuh semakin tertutup kain.Lapisan baju pertama atau yang langsung melekat pada tubuh, Anda disarankan untuk mengenakan pakaian dari wol, sutra, atau bahan sintetis untuk menjaga kelembapan tubuh. Lapisan kedua yang bertindak seperti isolator saat basah sehingga Anda disarankan menggunakan bahan wol atau sintesis. Sedangkan, lapisan terakhir digunakan untuk menahan angin dan hujan dari luar sebaiknya menggunakan bahan yang tahan air. 

2. Hangatkan tangan dengan mengapit di ketiak

Cara menghangatkan tubuh yang paling mudah adalah dengan mengandalkan lipatan tubuh, seperti pada ketiak. Ketika jari-jari dan tangan Anda kebas karena kedinginan, Anda bisa menempatkannya pada ketiak.

3. Berjalan-jalan

Kunci untuk menghangatkan badan saat udara dingin adalah bergerak. Tapi tak perlu aktivitas berat tanpa pemanasan otot terlebih dahulu. Cobalah untuk berjalan kaki agar darah tetap mengalir ke seluruh tubuh. Pertahankan kecepatan saat berjalan. Jika Anda berlari pada suhu ekstrem, justru dapat menurunkan koordinasi tubuh dan meningkatkan risiko cedera.

4. Memikirkan sesuatu yang membuat bahagia

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Emotion menemukan bahwa bernostalgia akan kenangan bahagia dapat membangkitkan perasaan hangat. Peserta penelitian yang mengingat peristiwa membahagiakan memiliki toleransi yang lebih besar terhadap suhu dingin. 

Makanan yang membuat tubuh lebih hangat

Selain melakukan beberapa aktivitas di atas, cara menghangatkan tubuh juga bisa dengan mengonsumsi beberapa makanan, yaitu:

1. Teh atau kopi panas

Cara menghangatkan badan dari dalam adalah dengan minum kopi atau teh panas
Minum kopi panas akan membantu menghangatkan tubuh
Minuman panas yang menenangkan akan menghangatkan tubuh. Anda bisa minum teh atau kopi panas. Selain menghangatkan tubuh, tangan Anda juga akan semakin hangat karena memegang cangkir yang panas.

2. Makanan kaya vitamin B12 dan zat besi

Kekurangan vitamin B12 dan zat besi dapat menyebabkan Anda terkena anemia. Artinya, Anda memiliki terlalu sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga Anda pun merasa kedinginan. Anda bisa konsumsi ayam, telur, dan ikan untuk mendapat vitamin B12. Sedangkan zat besi bisa didapat dari unggas, babi, makanan laut, buncis, serta sayuran berdaun hijau.

3. Makanan pedas

Makanan pedas akan membantu menghangatkan badan
Makanan pedas akan membuat tubuh hangat dan berkeringat
Cara menghangatkan tubuh lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas akan membuat tubuh lebih hangat bahkan berkeringat. Namun bagi Anda yang memiliki masalah lambung seperti tukak lambung, sebaiknya batasi asupan pedas. 

4. Jahe

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa jahe memiliki efek termogenik. Dalam jahe juga terdapat polifenol yang disebut ginerol yang bertanggung jawab atas peningkatan produksi adrenalin (epinefrin). Selain dalam bentuk kue jahe, Anda juga bisa minum wedang jahe panas atau juga dicampur dengan susu.

5. Protein dan lemak

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat, dan tubuh membutuhkan lapisan lemak tubuh yang berasal dari protein. Mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, salmon, biji-bijian, zaitun, atau telur rebus disarankan saat cuaca dingin. Meskipun tidak menghangatkan tubuh secara instan, tetapi makanan ini akan berpengaruh pada kesehatan Anda secara keseluruhan.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang cara menghangatkan badan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kedinginansuhu tubuh
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-tips-always-cold
Diakses pada 7 September 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-body-temperature#diet
Diakses pada 7 September 2021.
Live Science. https://www.livescience.com/49050-staying-warm-scientific-tips.html
Diakses pada 7 September 2021. 
The Healthy. https://www.thehealthy.com/home-remedies/make-body-feel-warmer/
Diakses pada 7 September 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait