logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Menghaluskan Wajah Secara Alami yang Bisa Dicoba

open-summary

Cara menghaluskan wajah secara alami bisa dilakukan sehari-hari. Mulai dari rutin eksfoliasi kulit, minum air putih, melembapkan dan melindungi kulit, tidur cukup, hingga olahraga teratur. Anda juga bisa menggunakan bahan alami rumahan sebagai cara menghaluskan kulit wajah lainnya.


close-summary

25 Sep 2019

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Berbagai cara menghaluskan wajah yang bisa dilakukan

Kulit wajah yang halus, kenyal, dan sehat jadi dambaan bagi setiap orang

Table of Content

  • Cara menghaluskan wajah secara alami
  • Bahan alami untuk menghaluskan wajah kering dan kasar

Memiliki kulit wajah yang halus dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Untuk mendapatkannya, banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam menjalani perawatan kulit. Padahal, ada berbagai cara menghaluskan wajah secara alami yang bisa dicoba. 

Advertisement

Mulus, atau tidak kondisinya kulit wajah, dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Mulai dari faktor keturunan, usia, paparan polusi udara dan sinar matahari, masalah kulit, perawatan kulit, hingga pola makan.

Jika kulit ingin terasa mulus, Anda mungkin perlu mengombinasikan pola hidup sehat serta penggunaan perawatan kulit dari bahan alami tertentu.

Cara menghaluskan wajah secara alami

Prinsipnya, cara menghaluskan kulit wajah sama dengan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Berikut adalah beberapa cara menghaluskan wajah secara alami yang bisa Anda coba sebagai perawatan kulit sehari-hari. 

1. Eksfoliasi kulit secara rutin

Cara memuluskan wajah bisa dengan eksfoliasi kulit
Eksfoliasi kulit bisa menggunakan bahan alami ala rumahan

Salah satu cara menghaluskan wajah secara alami bisa dimulai dengan melakukan eksfoliasi secara rutin.

Eksfoliasi wajah adalah proses pengikisan lapisan kulit mati dan minyak yang menumpuk sehingga menyebabkan kulit tampak kusam.

Menurut American Academy of Dermatology, manfaat eksfoliasi kulit dapat membuat wajah tampak lebih cerah, meningkatkan elastisitas kulit, serta mencegah penyumbatan pori-pori.

Tak hanya itu, cara menghaluskan wajah ini juga dapat memaksimalkan kerja bahan aktif pada produk skincare yang Anda gunakan sehari-hari sehingga dapat meresap ke dalam kulit dengan baik. 

Jika dilakukan secara rutin, dalam jangka panjang, manfaat eksfoliasi kulit wajah dapat meningkatkan produksi kolagen. 

Anda bisa membersihkan kulit mati menggunakan scrub dari bahan alami, atau produk eksfoliasi wajah yang mengandung alpha hydroxy acids/AHA di pasaran. Lakukan tiap seminggu sekali secara rutin.

2. Rajin minum air putih

Cara menghaluskan wajah juga perlu menyentuh pola hidup sehari-hari. Salah satunya dengan rajin minum air putih. 

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Skin Research & Technology mengungkapkan kaitan antara minum air putih teratur dengan kesehatan kulit. 

Mengonsumsi air putih yang cukup disebut dapat meningkatkan elastisitas kulit, serta mencegah dan menghaluskan kulit kering dan kasar. 

Umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

3. Konsumsi makanan sehat untuk kulit

Cara memuluskan wajah dengan makanan sehat
Makan sehat untuk kulit sebaiknya mengandung serat

Mengonsumsi makanan sehat untuk kulit, seperti sayuran hijau, buah dan sayuran berwarna oranye atau kuning, dan tinggi asam lemak (seperti, salmon) juga menjadi cara menghaluskan wajah dengan alami. 

Semua jenis makanan tersebut mampu melindungi kulit agar senantiasa sehat dan tampak halus. 

Menambahkan makanan mengandung probiotik dalam menu makanan sehari-hari pun terbukti dapat mencegah kulit kering dan kasar yang disebabkan oleh masalah kulit, seperti eksim atau jerawat.

4. Melembapkan dan melindungi kulit wajah

Melembapkan dan melindungi kulit wajah merupakan bagian dari cara menghaluskan wajah yang tak boleh dilewatkan.

Maka dari itu, penting untuk rutin menggunakan pelembap sesuai jenis kulit untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik. 

Jangan lupa juga lindungi kulit melalui penggunaan sunscreen atau tabir surya mengandung SPF. 

Oleskan tabir surya ke kulit 20 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari, Lalu, ulangi setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang.

5. Tidur yang cukup

Tidur cukup bisa jadi cara menghaluskan wajah
Tidur yang cukup bisa berdampak baik bagi kesehatan kulit

Tidur yang cukup terbukti dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah. Jika Anda kurang tidur, akan berdampak secara signifikan pada fungsi kulit sehingga muncul-muncul tanda penuaan. 

Maka dari itu, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya. 

Selama tidur nyenyak, tubuh akan meregenerasi kulit, otot, dan sel darah. Selain itu, tubuh juga akan memproduksi kolagen baru yang dapat mencegah pengenduran kulit. 

Kolagen adalah serat protein yang menyusun kulit, rambut, dan kuku. Apabila memiliki kolagen yang cukup, kulit akan tampak halus, kenyal, dan sehat. Anda bisa menerapkan langkah ini sebagai cara alami menghaluskan wajah.

6. Olahraga teratur

Gemar berolahraga tiap pagi bisa membuat wajah tampak lebih awet muda. Bagaimana bisa?

Ketika berolahraga, hormon stres yang Ada di dalam tubuh akan berkurang sehingga mengurangi risiko munculnya masalah kulit dan kulit bisa tampak lebih halus, kenyal, dan sehat.

Jadi, tidak hanya menyehatkan tubuh, olahraga teratur mampu menghaluskan kulit wajah secara alami. 

Bahkan, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Aging Cell mengungkapkan bahwa olahraga dapat memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan dini

Untuk mendapatkan manfaat ini, coba awali dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging 30 menit dalam sehari.

7. Tidak merokok

Tidak merokok jadi cara menghaluskan kulit wajah
Kebiasaan merokok bisa membuat kulit wajah tampak lebih tua

Jika ingin memiliki kulit wajah yang halus, maka Anda perlu menghindari kebiasaan merokok. 

Kebiasaan merokok dapat membuat wajah terlihat lebih tua yang memicu terbentuknya kerutan akibat gerakan wajah mengisap yang dilakukan terus-menerus. 

Merokok juga dapat menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting untuk kesehatan kulit. Bahkan, kolagen dan elastin yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit pun dapat mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, hindari merokok sebagai cara menghaluskan wajah secara alami. 

8. Batasi konsumsi alkohol

Apakah Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol? Jika iya, sebaiknya segera membatasi atau bahkan menghentikan kebiasaan tersebut sebagai cara menghaluskan wajah dengan alami. 

Kebiasaan minum alkohol dapat memperbesar pembuluh darah sehingga kulit menjadi merah untuk sementara waktu. 

Minum alkohol secara berlebihan juga dapat memperbesar pori-pori kulit dan meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. 

Bahan alami untuk menghaluskan wajah kering dan kasar

Selain menerapkan pola hidup sehat sebagai cara alami menghaluskan wajah, ada beberapa bahan alami rumahan yang dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. 

Meski manfaat dari berbagai bahan alami di bawah ini tampak menjanjikan, Anda perlu menggunakannya dengan hati-hati. 

Berikut berbagai bahan alami yang dipercaya sebagai cara menghaluskan kulit wajah.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa sebagai cara menghaluskan wajah
Oleskan minyak kelapa secukupnya ke permukaan wajah

Minyak kelapa merupakan bahan pelembap wajah alami bagi kulit. 

Manfaat minyak kelapa berasal dari kandungan anti peradangan dan antibakteri yang dipercaya mampu meringankan peradangan pada jerawat. 

Cara menggunakannya, oleskan minyak kelapa secukupnya ke permukaan wajah, diamkan semalaman. Bilas wajah sampai bersih pada keesokan paginya.

2. Madu

Manfaat madu untuk wajah berasal dari kandungan bioaktif di dalamnya, yang dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit sekaligus mengatasi kerutan di wajah. Ini sebabnya, madu kerap digunakan sebagai cara memuluskan wajah alami.

3. Minyak esensial

Minyak esensial yang dilarutkan dengan minyak pelarut lain (seperti, minyak kelapa) dipercaya sebagai cara menghaluskan wajah, terutama dalam menyamarkan garis-garis halus. Pilihlah jenis minyak esensial yang mengandung lemon, mawar, atau jojoba.

4. Oatmeal

Masker oatmeal bisa jadi cara menghaluskan wajah
Gunakan masker oatmeal untuk menghaluskan wajah

Penggunaan masker oatmeal dapat mengunci kelembapan kulit. Inilah sebabnya banyak orang menggunakan masker oatmeal sebagai cara menghaluskan kulit wajah. 

Cara menggunakannya, oleskan masker oatmeal tipis-tipis pada wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas sampai bersih dengan air.

5. Bubuk kopi

Bubuk kopi memiliki butiran yang dapat menghaluskan kulit sehingga kerap digunakan sebagai bahan scrub alami.

Anda bisa mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air perasan lemon, lalu gunakan pada wajah setiap 3 hari.

Meski menggunakan bahan alami, bukan tidak mungkin akan muncul reaksi alergi pada kulit sesaat setelah menggunakannya. 

Untuk mencegah risiko efek samping yang terjadi, Anda dapat melakukan tes alergi pada kulit terlebih dahulu. 

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui keamanan kulit dalam menerapkan cara menghaluskan wajah menggunakan bahan alami ini. 

Baca Juga

  • Mengenal Manfaat Mango Butter untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
  • Tabir Surya Hanya Sunblock? Belum Tentu!
  • Tips Memilih Foundation untuk Kulit Kering agar Tidak Salah Beli

Ada banyak cara alami menghaluskan wajah yang bisa Anda terapkan sehari-hari, seperti eksfoliasi kulit, melakukan pola hidup sehat, hingga menggunakan bahan alami tertentu sebagai masker. 

Berbagai cara memuluskan wajah tersebut dapat memberikan hasil yang baik, walaupun hasilnya tidak didapat secara instan. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukannya secara rutin.

Jika ingin mencoba cara memuluskan wajah secara instan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi tindakan medis yang tepat sesuai dengan masalah kulit Anda.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

kulit dan kecantikankulit sehatkesehatan kulitperawatan wajah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved