8 Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar dengan Ampuh


Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dan kering bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu menghindari cuci tangan secara berlebihan, sering pakai pelembap tangan, dan perbanyak minum air putih. Jika kulit telapak tangan semakin kering, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

0,0
Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dan kering bisa dilakukan sendiri di rumahOleskan pelembap sebagai salah satu cara melembutkan telapak tangan
Telapak tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan kering sehingga membuatnya terasa kasar, bahkan mudah mengelupas. Jika Anda tengah mengalaminya, tak perlu khawatir, ada beberapa cara menghaluskan telapak tangan kasar yang bisa dilakukan.

Penyebab telapak tangan kering dan kasar

Kulit telapak tangan yang kasar memang kerap terjadi. Umumnya, gangguan ini terjadi bersamaan dengan kondisi kulit kering.Adapun beberapa penyebab kulit telapak tangan yang kering dan kasar adalah sebagai berikut.

1. Paparan cuaca dingin

Salah satu penyebab kulit telapak tangan kering adalah perubahan cuaca, terutama saat hawa dingin melanda. Minimnya kelembapan udara saat cuaca dingin bisa membuat kulit mengering.Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Dermatology membuktikan bahwa saat kulit terpapar dengan cuaca dingin maka kulit kering dan kasar dapat terjadi.

2. Penggunaan sabun yang salah secara berlebihan

Kebiasaan mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun atau hand sanitizer yang tidak tepat bisa menyebabkan kulit telapak tangan menjadi kasar.Kondisi ini juga dapat terjadi bila Anda kerap mencuci piring atau pakaian dalam waktu yang lama.Kandungan zat surfaktan yang kuat pada sabun dapat menghilangkan minyak alami pada kulit telapak tangan sehingga kulit bisa menjadi sangat kering.

3. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu dapat menjadi penyebab kulit telapak tangan kering, kasar, bahkan mengelupas.Misalnya, orang dengan penyakit kulit eksim atau psoriasis rentan mengalami peradangan pada kulit sehingga mudah kering.Selain itu, orang yang mengalami gangguan autoimun, seperti diabetes atau lupus, lantaran memiliki sirkulasi darah pada kulit yang cenderung kurang. Akibatnya, kulit rentan mengalami iritasi dan terasa kering.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar

Kulit telapak tangan yang kering dan kasar, bahkan mengelupas, tentu bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Apalagi jika Anda harus menyentuh barang, atau saat bersalaman dengan orang lain.Untuk mengatasinya, simak berbagai cara menghaluskan telapak tangan yang kasar berikut ini.

1. Tidak cuci tangan secara berlebihan

Salah satu cara menghaluskan telapak tangan yang kasar adalah dengan tidak mencuci tangan secara berlebihan.Mencuci tangan merupakan bagian dari pola hidup bersih dan sehat. Namun, bila dilakukan secara berlebihan kulit Anda bisa jadi mudah kering, kasar, dan mengelupas.Maka dari itu, Anda perlu bijak dalam mencuci tangan, termasuk mencuci tangan secukupnya.
Cara menghaluskan telapak tangan dengan tidak cuci tangan berlebihan
Lakukan cuci tangan yang benar selama kurang lebih 20 detik
Kemudian, perhatikan cara mencuci tangan yang direkomendasikan. Cara mencuci tangan yang dianjurkan adalah menggunakan air suam-suam kuku atau air hangat.Hindari menggunakan air yang suhunya terlalu panas karena bisa membuat kulit telapak tangan kering. Gosokkan telapak tangan dan sela-sela jari secara perlahan.Selanjutnya, segera keringkan tangan untuk mencegah kulit kering. Telapak tangan yang masih basah dan tidak dikeringkan dengan benar dapat memicu kulit kering karena air dapat mengurangi minyak alami kulit saat menguap.Proses penguapan tersebut dapat mengganggu lapisan kulit dan membuat kulit menjadi kering.

2. Pilihlah produk pembersih tangan yang tepat

Banyak produk pembersih tangan yang bisa memicu kulit tangan kering, kasar, dan mengelupas.Oleh karena itu, gunakan sabun cuci tangan yang mengandung pelembap, seperti gliserin dan lanolin. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih produk sabun yang berbentuk cair daripada batang.Pasalnya, sabun batangan biasanya memiliki kadar pH yang lebih tinggi sehingga kadang memicu kulit kering dan kasar akibat seringnya mencuci tangan.

3. Sering pakai pelembap tangan

Cara menghaluskan telapak tangan menggunakan pelembap
Oleskan pelembap sesaat setelah mandi dan cuci tangan
Cara menghaluskan telapak tangan yang tak kalah penting adalah dengan sering memakai produk pelembap.Penggunaan pelembap berfungsi mengatasi, melindungi, dan mencegah telapak tangan kering dan kasar.Anda bisa menggunakan produk pelembap yang diformulasikan untuk kulit telapak tangan, seperti hand cream.Namun, pastikan krim pelembap tangan yang Anda gunakan mengandung zat-zat di bawah ini:
  • Oklusif, mampu mencegah hilangnya air dari kulit, seperti asam lanolin, asam stearat, caprylic/capric triglycerides, minyak mineral, paraffin, petrolatum, cyclomethicone, dimethicone, squalene, shea butter, dan allantoin.
  • Humektan, berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit. Contoh humektan adalah gliserin, sorbitol, natrium pirolidin, asam karboksilat, laktat, urea, dan madu.
  • Emolien, berfungsi melembutkan dan menenangkan kulit, seperti isopropil miristat, oktil okanoat, siklometikon, dan dimethicone.
Penggunaan minyak almond, minyak kelapa, minyak alpukat, cocoa butter, dan gel lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara alami menghaluskan telapak tangan.Anda dapat menggunakan pelembap sesaat setelah mencuci tangan atau ketika telapak tangan terasa kering dan kasar.Jika Anda sedang rutin menggunakan krim resep dokter, seperti kortikosteroid, tunggu 30 menit terlebih dahulu sebelum mengoleskan pelembap.

4. Oleskan petroleum jelly

Selain pelembap khusus tangan, cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa menggunakan petroleum jelly.Manfaat petroleum jelly dapat melembapkan telapak tangan yang kering dan kasar.Anda cukup mengoleskan petroleum jelly pada permukaan kulit telapak tangan secara rutin tiap malam hari.Kemudian, bungkus telapak tangan menggunakan sarung tangan selama semalaman.

5. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat membuat telapak tangan kering. Anda bisa mencegah kulit semakin kering dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.Selalu gunakan tabir surya atau sunscreen mengandung SPF guna melindungi kulit telapak tangan saat beraktivitas di bawah terik matahari.

6. Perbanyak minum air putih

Minum air putih sebagai cara menghaluskan telapak tangan
Cukupi asupan cairan tubuh sebanyak 8 gelas tiap harinya
Telapak tangan yang kering dan kasar bisa diatasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, seperti memperbanyak minum air putih.Sebab, mencukupi asupan cairan dalam tubuh dengan minum air putih bisa menjaga kelembapan kulit tubuh Anda.Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar ini mudah dilakukan. Anda hanya perlu disiplin untuk minum air 8 gelas tiap harinya.

7. Gunakan humidifier

Paparan udara yang panas dan kering bisa memperparah kondisi telapak tangan pada kulit yang cukup sensitif.Penggunaan humidifier bermanfaat untuk menjaga kelembapan ruangan sehingga mampu melindungi kulit agar tidak semakin mengering.

8. Makan makanan sehat dan bergizi

Perbanyak makan makanan sehat sebagai cara menghaluskan telapak tangan
Perbanyak konsumsi makanan berserat agar kulit telapak tangan halus
Cara melembutkan telapak tangan yang kering dan kasar tidak hanya dilakukan melalui perawatan dari luar tubuh.Pasalnya, kulit membutuhkan berbagai nutrisi yang bisa Anda dapatkan melalui konsumsi makanan sehat dan bergizi.Misalnya, makanan kaya serat, seperti sayuran hijau, buah-buahan segar, dan kacang-kacangan.

Catatan dari SehatQ

Pada dasarnya, telapak tangan kering dan kasar bukan suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan.Anda bisa menerapkan berbagai cara melembutkan telapak tangan di atas sebagai pertolongan pertama di rumah.Sebaiknya, kondisi telapak tangan kering jangan dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan komplikasi, seperti eksim (dermatitis atopik) dan infeksi.Jika kondisi telapak tangan disertai pecah-pecah sampai berdarah, mengalami infeksi dan peradangan, atau menimbulkan nyeri dan rasa tidak nyaman, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan yang tepat.Anda juga dapat konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya lebih lanjut seputar cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dan kering.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikankulit kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/soft-hands
Diakses pada 14 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-hands
Diakses pada 14 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/how-to-keep-your-skin-healthy-while-washing-your-hands-often
Diakses pada 14 Juli 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885
Diakses pada 14 Juli 2021
International Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/ijd.13436
Diakses pada 14 Juli 2021
Practo. practo.com/healthfeed/how-to-get-soft-glowing-skin-naturally-26779/post
Diakses pada 14 Juli 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-to-get-soft-hands/
Diakses pada 14 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait