7 Cara Menghadapi Pacar Sibuk Kerja Agar Hubungan Tetap Harmonis

Menjalin hubungan dengan pacar sibuk kerja dalam membangun karirnya memang merupakan hal yang menantang
Membawakan secangkir kopi sambil menemani pasangan bekerja bisa jadi cara membangun hubungan yang harmonis

Punya pacar sibuk kerja dan mengejar ambisinya memang sangat membanggakan buat Anda. Namun, di sisi lain, ada kalanya Anda merasa sedih saat harus menghadapi kesibukan dia yang segudang. Ingin mengeluh, tetapi takut dibilang rewel. Anda diam saja, tetapi merasa terusik juga. Jadi, bagaimana cara menghadapi pacar sibuk kerja? 

Cara menghadapi pacar sibuk kerja agar hubungan tetap harmonis

Menjalin hubungan dengan pacar sibuk kerja dalam membangun karirnya memang merupakan hal yang menantang. Bahkan, mungkin tak sedikit pasangan yang memilih berhenti di tengah jalan karena tidak mampu membangun hubungan yang sehat akibat jarang bertemu atau berkomunikasi. 

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut adalah cara menghadapi pacar sibuk kerja yang ampuh dilakukan. 

1. Memahami alasan pacar sibuk kerja

Salah satu cara menghadapi pacar sibuk kerja adalah dengan memahami alasannya. 

Alih-alih mengeluh atau emosi, alangkah baiknya Anda bertanya atau mencari tahu terlebih dahulu apa alasan pacar sibuk kerja sehingga terlalu fokus dengan pekerjaannya saat ini. 

Anda dan pasangan perlu membicarakannya baik-baik, dari hati ke hati, dan dengan kepala dingin. Kemudian, tanyakan alasan pacar terlalu sibuk bekerja. 

Mungkin saja, kekasih Anda memilih alasan kuat untuk memusatkan fokusnya saat ini pada pekerjaan, seperti karena mengejar jenjang karir yang diidam-idamkannya, tuntutan deadline pekerjaan, atasan yang terlalu mempercayakan pekerjaan kepada kekasih Anda, atau demi mengejar bonus atau reward pekerjaan.

2. Memberikan waktu agar pacar dapat berubah

Setelah mengetahui alasan dibalik pacar sibuk kerja, Anda perlu memberi waktu bagi kekasih Anda untuk fokus terhadap pekerjaannya sementara waktu. Ingat, jangan memberikan peringatan kepada kekasih Anda karena hal itu akan terkesan sangat egois. 

Jika deadline pekerjaan sudah terpenuhi atau Si Dia sudah mendapatkan promosi jabatan, maka ia akan kembali memproritaskan hubungan dengan Anda.

Namun, apabila setelah waktu tersebut pacar tetap sibuk bekerja, mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan untuk berbicara serius dengannya mengenai pekerjaan dan jalinan cinta yang tengah Anda berdua jalani. 

3. Mengutarakan perasaan Anda

Mengungkapkan perasaan merupakan salah satu cara menghadapi pacar sibuk kerja
Mengutarakan perasaan mengenai keluhan pacar sibuk kerja bisa Anda lakukan

Sudahkah Anda mengutarakan perasaan atau unek-unek kepada pasangan mengenai hal ini? 

Jika belum, maka usahakan untuk mengutarakan hal-hal yang mengganjal di antara Anda berdua. Misalnya, pekerjaan pasangan Anda terlalu banyak menyita waktu, bahkan untuk dirinya sendiri. 

Dengan mengutarakan perasaan Anda, Si Dia menjadi tahu bagaimana perasaan Anda mengenai kecintaannya terhadap karirnya tersebut. 

4. Menerima apa adanya

Jika Anda tidak dapat mengubah pola pikir pasangan dan masih ingin hubungan cinta ini berlanjut, maka terima dia apa adanya. Namun, menerima di sini bukan berarti membiarkan ia memperlakukan Anda seperti ini. 

Maksudnya, ini hanyalah sebuah kesepakatan dengan diri Anda sendiri kalau pekerjaan pasangan sangat penting sehingga Anda mampu menghadapi pacar sibuk kerja. 

5. Menanyakan apa yang pacar butuhkan

Pacar Anda sibuk kerja? Nah, cara menghadapinya adalah dengan menanyakan apa yang ia butuhkan atau menawarkan bantuan. 

Tak ada salahnya untuk mengunjungi pasangan saat ia sedang lembur kerja di malam hari. Anda bisa datang ke kantornya untuk membawakan makan malam atau kopi. Dengan demikian, kekasih Anda juga merasa mendapat dukungan dari Anda. 

Cara ini mungkin dapat membangun hubungan kalian berdua menjadi tetap harmonis di sela-sela kesibukan pasangan Anda. 

6. Mengingatkan dia 

Saat Anda sedang berusaha untuk memahami kehidupan pasangan yang sibuk kerja, tak ada salahnya untuk tetap mengingatkan dia akan pentingnya keseimbangan antara hidup di luar pekerjaan dengan pekerjaan pasangan. 

Pasalnya, bisa jadi pasangan Anda tidak menyadari bahwa menyediakan sedikit waktu untuk sekedar berbincang-bincang hingga pergi kencan dengan Anda merupakan hal yang penting dilakukan. 

7. Merencanakan jadwal kencan

Merencanakan jadwal kencan adalah cara menghadapi pacar sibuk kerja lainnya
Merencanakan jadwal kencan sejak jauh-jauh hari bisa jadi cara menghadapi pacar sibuk kerja

Jika sudah tahu sulit untuk menghabiskan waktu dengannya, maka lebih baik Anda menjadwalkan kencan dengan pacar sejak jauh-jauh hari. 

Anda bisa meminta kekasih untuk meluangkan satu hari, entah itu dalam rentang waktu dua minggu atau satu bulan. Dengan demikian, ia bisa mengatur jadwal lainnya. Pastikan untuk membuat kesepakatan bahwa hari itu khusus diluangkan hanya untuk Anda. 

Kemudian, beri juga pengertian bahwa saat berkencan nanti, sang pacar harus mengesampingkan urusan kantor sementara waktu di hari itu. Cara menghadapi pacar sibuk kerja ini bisa membuat hubungan Anda berdua menjadi lebih harmonis dan tetap sehat. 

Keuntungan punya pasangan yang sibuk kerja

Jangan mengeluh atau emosi dulu kalau punya pacar sibuk kerja. Sebenarnya, tanpa disadari ada beberapa keuntungan memiliki pasangan yang sibuk kerja, lho. Apa saja? 

1. Anda jadi ikut fokus terhadap pekerjaan Anda

Pacar sibuk kerja membuat semangat kerjanya menulari diri Anda. Akibatnya, secara tidak sadar Anda meningkatkan kehidupan profesional Anda dalam hal bekerja. Anda yang ikut sibuk bekerja pun tidak akan mengeluh atau ngomel perihal pacar Anda yang sibuk kerja. 

2. Menemukan passion atau hal baru yang bisa dilakukan

Ketika pacar sibuk kerja, bisa diasumsikan waktu berkualitas Anda dan pasangan akan berkurang. 

Ada kalanya, malam minggu Anda sendirian karena pacar sibuk kerja. Atau Anda harus pulang kantor sendiri karena pasangan yang sibuk di kantor. Kondisi tersebut yang mengakibatkan Anda jadi kesepian dan harus mencari cara sendiri untuk menyibukkan diri agar tidak mengusik pacar. 

Dengan menemukan passion atau hal baru, seperti berolahraga, memasak, atau fotografi, yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu kosong, Anda jadi tidak mudah kesepian dan meminta pacar untuk menemani Anda. 

3. Anda merupakan masa depan pasangan

Pria yang serius ingin berkomitmen dengan Anda tentu akan mencantumkan nama Anda dalam daftar prioritas hidupnya, termasuk dalam setiap tujuan dari kesibukannya. 

Memang diperlukan sedikit kesabaran dan perjuangan untuk dapat bertahan. Akan tetapi, saat Anda tahu bahwa tujuan pacar sibuk kerja keras adalah Anda, maka sebaiknya jangan pergi hanya karena kalian jarang melakukan waktu berkualitas bersama, ya. 

Catatan dari SehatQ

Selain langkah-langkah yang disebutkan di atas, cara menghadapi pacar sibuk kerja juga perlu didasari dengan rasa kepercayaan dan keinginan dari kedua belah pihak untuk membuat hubungan ini tetap sehat, berhasil, dan harmonis

Sebab, jika hanya satu pihak yang berusaha untuk mempertahankannya maka akan sulit untuk menjaga keutuhan hubungan cinta tersebut. Jadi, inilah pentingnya mengetahui cara menghadapi pacar sibuk kerja. 

Elite Daily. https://www.elitedaily.com/dating/dating-workaholic-can-actually-healthy/998157

Diakses pada 28 April 2020

Love Panky. https://www.lovepanky.com/flirting-flings/dating-game/dating-a-workaholic

Diakses pada 28 April 2020

Amerikanki. https://en.amerikanki.com/ways-cope-workaholic-boyfriend/

Diakses pada 28 April 2020

Artikel Terkait