Cara Menghadapi Pacar Pelit Soal Materi


Tak ada yang ingin memiliki pacar pelit. Namun sebelum menghakimi sifatnya, ada baiknya ketahui alasan kenapa ia begitu perhitungan dengan uangnya.

0,0
29 Jun 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pacar pelit biasanya selalu mengaku tak punya uang setiap kali berkencanPria tidak suka wanita yang boros, sementara wanita tak suka pria yang pelit
Salah satu aspek yang harus dibicarakan dalam hubungan adalah soal uang. Pacaran juga butuh modal, untuk jalan-jalan, makan, beli bensin, nonton, dan sebagainya. Semua itu harus dipertimbangkan dalam menjalin sebuah hubunganPada awal PDKT mungkin pacar bisa jadi royal dan memberikan segala yang Anda inginkan, tapi lama-kelamaan ternyata terlihat bahwa Anda memiliki pacar pelit. Segala tagihan harus dibagi dua, menuntut dibayari ini itu, sampai menagih hutang yang tidak seberapa.Sebenarnya tak masalah jika pacar berhemat demi membangun masa depan, tapi kalau sudah kelewat irit sampai masuk kategori pelit, itu yang harus Anda pertanyakan.

Cara menghadapi pacar pelit

Anda tentu menginginkan hubungan yang langgeng dengan pacar. Lantas bagaimana cara menghadapi pacar pelit agar hubungan tetap harmonis? Berikut cara-cara yang dapat Anda coba:

1. Cari tahu alasannya

Daripada Anda menghakimi pacar pelit, sebaiknya temukan alasan yang membuatnya menjadi sangat pelit. Mungkin Anda akan mendapat jawaban yang selama ini ia sembunyikan. Misalnya, pacar Anda sedang dalam masalah keuangan, terlilit hutang, perusahaannya bangkrut, atau ada kerabatnya yang sakit sehingga harus membiayainya. Alasan yang dilontarkan pacar Anda tidak membenarkan perilaku pelit tersebut, tapi Anda bisa memahami tujuannya, sehingga Anda dan pasangan menemukan cara yang lebih menyenangkan untuk mengatasinya. 

2. Lihat perlakuannya dengan orang lain selain Anda

Dalam menilai kapasitas seseorang pelit atau tidak, coba lihat caranya memperlakukan orang lain yang ia cintai selain Anda, seperti keluarganya, orangtuanya, dan teman-temannya.Individu yang murah hati cenderung akan melimpahkan kebaikannya secara luas. Bukan berarti dia boros, ya. Justru orang yang murah hati tidak akan membatasi kedermawanannya. Sebisa mungkin, ketika ia mampu dan memiliki materi, ia akan memberikan yang terbaik bagi orang yang dicintainya. Motivasi utamanya adalah kegembiraan dan kenyamanan bagi mereka yang menerimanya. Jika pasangan Anda memang pelit terhadap teman maupun keluarganya, berarti ia memang sangat sensitif dan memperhitungkan pengeluarannya dengan cermat.

3. Beri batasan setiap bulan

Cara ini dilakukan ketika pacar Anda pelitnya kelewat batas. Buat aturan untuk membatasi pengeluarannya, misalnya setiap gajian harus disisihkan budget untuk pacaran sebanyak 500 ribu per bulan. Dengan begitu Anda dan pasangan Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk pacaran selama sebulan tanpa harus Anda marah atau kesal karena pacar Anda pelit tak mau bayar.

4. Haruskah split bill?

Pacar pelit biasanya tidak mau membayari setiap kali berkencan
Membagi tagihan saat kencan bisa jadi solusi menghadapi pacar yang pelit
Membagi tagihan atau membayar makanan sendiri-sendiri kadang jadi solusi ketika pacar pelit. Namuni ini tak bisa dilakukan ketika kencan pertama. Split bill dapat menunjukkan sikap penuh perhitungan dan kurang jantan. Memulai sebuah hubungan yang baru dipupuk dengan rasa saling percaya dan kebaikan. Membagi tagihan hanya untuk dua gelas kopi adalah cara memalukan memulai hubungan dan tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi pasangan akan masa depan. Kebanyakan wanita ingin diperlakukan baik saat kencan pertama, termasuk dibayari tagihan makan. Hal ini menunjukkan bahwa pasangannya tidaklah pelit. Untuk membayari secangkir kopi, tidak harus tunggu jadi jutawan, kan?

Bedakan antara ‘hemat’ dan ‘pelit’

Pada umumnya, pria dan wanita sama-sama tidak menyukai sifat-sifat paralel satu sama lain. Wanita tak suka pacar pelit, dan pria tak suka melihat wanita yang boros. Kedua sifat ini berhubungan dengan uang. Pria juga tak suka dengan wanita yang hanya tertarik dengan uang mereka, dan wanita tak suka dengan pria yang tak mau mengeluarkan uang sama sekali. Coba luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan kondisi pacar Anda. Apakah ia termasuk ‘hemat’ atau ‘pelit’?Bagi orang hemat, uang adalah sarana untuk memprioritaskan nilai-nilai sekaligus mengalokasikan sumber daya secara optimal. Dengan kata lain, jika bisa mendapatkan barang bagus dengan harga murah, mengapa tidak? Sedangkan bagi orang pelit, ia akan dengan ketat memegang uang dan mencegah orang yang mereka cintai untuk menikmati hidup bahkan jika mereka memiliki banyak uang.Coba pahami kondisi pacar Anda berada pada posisi yang mana. Jika memang hemat karena ia telah melewati kondisi ekonomi sulit sehingga sangat mempertimbangkan pengeluaran, maka Anda bisa maklum.Namun, jika pacar Anda termasuk pelit pada orang yang ia cintai termasuk Anda, dan Anda juga mengkhawatirkan masa depan dengannya, Anda bisa memilih opsi untuk menyudahi hubungan dengan pacar pelit.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang cara menghadapi pacar pelit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Money.com. https://money.com/couples-spending-habits/
Diakses pada 15 Juni 2021.
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/true-generosity-the-key-t_b_1082834
Diakses pada 15 Juni 2021.
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-the-name-love/202008/why-women-hate-stingy-men
Diakses pada 15 Juni 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait