Cara Menggunakan Test Pack yang Tepat untuk Hasil Akurat


Test pack membutuhkan air seni guna memprediksi kehamilan dengan tingkat akurasi 99%. Waktu yang paling tepat untuk test pack ialah saat Anda terlambat menstruasi.

(0)
25 Sep 2019|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ketahui cara menggunakan test pack yang benar agar bisa mendapat hasil akuratJangan sampai keliru, ini cara menggunakan test pack yang benar
Mengetahui cara menggunakan test pack yang baik dan benar, bisa memengaruhi akurasi hasil test pack. Maka dari itu, bagi pasangan suami-istri yang sedang mengidam-idamkan buah hati, mempelajari cara menggunakan test pack, menjadi hal yang penting.Sebelum membahas cara menggunakan test pack yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui cara kerjanya. 

Bagaimana test back bisa memprediksi kehamilan?

Usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack? Umumnya, segera setelah Anda hamil, Anda bisa menggunakan test pack untuk mendeteksi adanya kehamilan. Test pack membutuhkan air seni Anda untuk memprediksi kehamilan. Mengapa demikian? Pasalnya, jika Anda telah hamil, ada hormon bernama human chorionic gonadotropin (HCG) yang bisa "terbaca" oleh test pack, lewat air seni.Hormon ini hanya dilepaskan jika sel telur yang telah dibuahi, menempel di luar rahim atau ke dalam lapisan rahim Anda. Saat Anda hamil, jumlah HCG dalam tubuh, bisa meningkat dua kali lipat, setiap dua atau tiga hari. Setelah mengetahui cara kerja test pack, kini saatnya Anda memahami cara menggunakan test pack yang tepat, untuk hasil akurat.

Kapan waktu terbaik untuk pakai test pack?

Dikutip dari Cleveland Clinic, waktu yang paling tepat untuk menggunakan test pack ialah saat Anda terlambat menstruasi. Saat mengecek kehamilan dengan test pack, Anda dianjurkan untuk menunggu keterlambatan haid sampai satu minggu hingga 10 hari. Waktu tunggu tersebut diperlukan untuk meningkatkan kadar hormon HCG sehingga lebih mudah dideteksi dengan test pack.Selain terlambat haid, hal lain yang menjadi tanda sebagai waktu terbaik untuk pakai test pack adalah:

1. Tidak menggunakan test pack di siang hari

Cara menggunakan test pack yang benar harus memperhatikan waktu. Banyak ahli menyarankan untuk melakukan tes kehamilan dengan test pack pada pagi hari, menggunakan sample urin pertama sejak bangun tidur. Ini karena urin pada kondisi tersebut adalah yang paling tinggi mengandung konsentrasi HCG.

2. Tidak banyak minum sebelum tes kehamilan

Waktu terbaik lainnya untuk cara menggunakan test pack adalah tidak banyak minum agar urin kental dan tidak encer. Anda juga dapat menahan hasrat buang air kecil selama beberapa jam, agar meningkatkan konsentrasi hormon HCG yang dihasilkan.

Cara menggunakan test pack

Setelah membeli test pack, hal selanjutnya yang perlu dilakukan ialah melakukan tes dengan air seni Anda. Sebaiknya Anda selalu membaca petunjuk penggunaan test pack. Sebab, setiap jenis test pack, mungkin memiliki rekomendasi penggunaan yang berbeda.Namun, berikut ini tips cara menggunakan test pack secara umum.
  • Simpan air seni ke dalam wadah dan masukkan sedikit bagian test pack ke dalam urine.
  • Simpan air seni ke dalam wadah, gunakan pipet untuk memindahkan sedikit air seni Anda ke bagian test pack yang sensitif terhadap hormon HCG
  • Di kamar mandi, Anda bisa menempatkan test pack di sekitar area aliran urine Anda, agar test pack bisa menangkap aliran air seni
Cara cek kehamilan dengan test pack dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Anda hanya perlu memperhatikan tata cara pemakaian yang dianjurkan dalam kemasan. Jenis test pack juga berbeda-beda.Ada cara menggunakan test pack yang memegang stik di bawah aliran urin untuk kemudian meletakkannya pada permukaan datar selama beberapa menit. Ada juga jenis test pack yang cara pakainya merendam stik ke dalam wadah berisi air seni seperti yang telah disebutkan di atas.Biasanya, setiap test pack akan memberi tahu rekomendasi durasi waktu yang dibutuhkan oleh test pack untuk “membaca” keberadaan hormon HCG dalam air seni. Jika ada, maka akan muncul beberapa indikator.

Cara membaca hasil test pack

Cara membaca hasil test pack dapat dilakukan hanya dengan melihat tanda positif atau negatif dalam bentuk keterangan beraneka ragam mulai dari "Ya", "Tidak", "Hamil", "Tidak Hamil", + atau -.Meskipun cek kehamilan dengan test pack memiliki keakuratan cukup tinggi, namun Anda perlu waspada terhadap tanda negatif paslu maupun positif palsu.Hasil test pack positif palsu terjadi ketika hasil menunjukkan positif, namun faktanya Anda tidak hamil. Ini bisa terjadi biasanya pada Anda yang sedang menjalani terapi kesuburan atau ibu yang mengalami keguguran di awal kehamilan.Selain positif palsu, ada juga tanda negatif palsu. Kondisi ini terjadi ketika ibu mengecek kehamilan terlalu dini sehingga menunjukkan hasil negatif, padahal Anda sedang hamil. Jika Anda mengalami gejala hamil namun hasilnya negatif, sebaiknya kembali melakukan pengecekan setelah beberapa hari ke depan.Sedangkan jika hasilnya samar pada satu atau dua garis bisa terjadi ketika kadar HCG dalam sampel urin tidak terlalu tinggi. Ini bisa terjadi ketika ibu terlalu dini mengecek kehamilannya atau urin tidak dalam kondisi yang baik.Sebaiknya Anda melakukan tes ulang pada beberapa hari ke depan. Jika positif hamil, maka test pack akan menunjukkan dua garis yang terlihat jelas.

4 Tanda peringatan untuk segera lakukan tes kehamilan

Jika Anda sudah mengetahui cara menggunakan test pack yang benar, sekarang saatnya mengetahui tanda-tanda bahwa tes kehamilan, sudah harus dilakukan.

1. Tidak menstruasi

Salah satu tanda kehamilan pertama yang paling dapat dipercaya dan diandalkan ialah tidak menstruasi. Akan tetapi, jika Anda tidak mengetahui siklus menstruasi Anda dengan cermat, mungkin sulit untuk menentukan kondisi tersebut. Banyak wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari. Kalau kurang yakin, lakukan tes kehamilan 1 bulan setelah masa menstruasi terakhir Anda. Perlu diingat, telatnya datang bulan tidak hanya diakibatkan kehamilan, tapi juga bisa dipengaruhi oleh stres, gangguan hormonal, diet, atau berolahraga terlalu keras. 

2. Mengalami kram

Proses melekatnya sel telur yang telah dibuahi (implantasi) di dalam rahim bisa menghasilkan rasa kram, yang sama seperti menstruasi. Pada awal kehamilan, Anda mungkin saja merasakan ketidaknyamanan ini, dan berpikir bahwa menstruasi akan segera datang. Padahal, proses implantasi sedang terjadi dalam rahim Anda.Itulah saatnya Anda mengambil test pack dan melakukan tes kehamilan, untuk memberikan jawaban mengenai kram yang terjadi. 

3. Payudara membesar dan terasa sakit

Kehamilan akan membuat tubuh Anda memproduksi banyak hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini akan mulai membuat perubahan dalam tubuh Anda, untuk mendukung pertembuhan bayi.Payudara Anda akan terasa lebih lunak dan membesar, karena aliran darah yang meningkat. Puting Anda juga akan terasa sakit, serta pembuluh darah terlihat lebih gelap. Anda bisa langsung mengambil test pack dan melakukan tes kehamilan, untuk memprediksi kehamilan.Namun perlu diingat, banyak wanita mengalami kondisi demikian akibat menstruasi. Jadi, gejala ini tidak melulu menjadi indikasi bahwa Anda hamil.

4. Banyak keluhan

Bersamaan dengan rasa kram pada perut dan sakit pada payudara, Anda juga bisa merasakan beberapa keluhan ini di awal masa kehamilan.
  • Mual
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mudah letih
  • Sering buang air kecil
Seiring berjalannya waktu, gejala-gejala ini akan lebih terasa. Terus pantau dan amati yang Anda rasakan pada tubuh. Selanjutnya, langsung lakukan tes kehamilan dengan test pack.

Seberapa akurat tes kehamilan dengan test pack?

Tes kehamilan yang dilakukan di rumah dengan test pack memiliki tingkat akurasi 99%. Tes kehamilan dengan sampel darah dipercaya lebih akurat, dibandingkan test packBeberapa hal ini bisa menentukan akurasi test pack dalam mendeteksi kehamilan.
  • Kecermatan Anda mengikuti instruksi
  • Ketika Anda berovulasi dalam siklus Anda dan seberapa cepat implantasi terjadi
  • Seberapa cepat Anda menggunakan test pack setelah kehamilan
  • Sensitivitas tes kehamilan
Jika Anda mendapatkan hasil negatif, jangan khawatir dulu. Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa membuat cara menggunakan test pack tidak akurat dalam mendeteksi kehamilan, seperti:
  • Test pack sudah kedaluwarsa
  • Melakukan tes dengan cara yang salah
  • Anda melakukan tes terlalu dini
  • Air seni terlalu encer karena Anda meminum banyak cairan sebelum tes
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti diuretik atau antihistamin

Catatan dari SehatQ

Jika Anda sedang mengharapkan kehamilan, namun mendapatkan hasil negatif pada percobaan test pack pertama, berikan jeda satu minggu. Selanjutnya, coba tes ulang dengan test pack baru. Beberapa produk test pack bahkan memang menganjurkan Anda untuk melakukan tes dua kali, agar lebih yakin. Kalau Anda mendapatkan hasil yang berbeda dalam dua kali percobaan itu, sebaiknya hubungi dokter untuk melakukan konsultasi. Anda dapat bertanya langsung pada dokter terkait cara menggunakan test pack yang benar dengan berkonsultasi langsung lewat chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
 
test packcara menggunakan test packkehamilanmerencanakan kehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/five-signs-to-take-pregnancy-testDiakses pada 19 September 2019 Web MD. https://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-tests#1Diakses pada 19 September 2019Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9703-your-guide-to-pregnancy-tests Diakses pada 19 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait