Cara Menggunakan Tabung Oksigen di Rumah dengan Aman


Cara menggunakan tabung oksigen sebenarnya tidak sulit dilakukan, tapi sebaiknya Anda melakukannya di bawah pengawasan tenaga medis. Cara menggunakannya juga bergantung pada tabung oksigen yang digunakan, yaitu tabung oksigen konvensional atau konsentrator oksigen.

0,0
29 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menggunakan tabung oksigen tidak sulit dilakukanAnda perlu berhati-hati jika ingin menggunakan tabung oksigen sendiri di rumah
Di masa pandemi seperti saat ini, penting sekali mengetahui cara menggunakan tabung oksigen. Sebab, banyak penderita Covid-19 yang kesulitan bernapas terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah karena fasilitas UGD di rumah sakit yang telah penuh.Padahal, penderita Covid-19 yang tingkat saturasi oksigennya di bawah 95 persen dianjurkan mendapatkan oksigen tambahan supaya bisa meningkatkan saturasi oksigen dalam darah dan bernapas lega.Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara menggunakan tabung oksigen portable di rumah sebagai pertolongan pertama untuk mendapatkan oksigen dan meningkatkan saturasi oksigen. Selain itu, keamanan dan ketepatan dalam menggunakan tabung oksigen juga lebih terjamin jika Anda tahu cara menggunakannya.

Jenis-jenis tabung oksigen

Ada beberapa jenis tabung oksigen yang dapat digunakan untuk memberikan oksigen tambahan. Tentunya masing-masing memiliki cara memasang tabung oksigen yang berbeda.

1. Tabung oksigen konvensional

Tabung oksigen konvensional atau tangki oksigen menyimpan oksigen dalam bentuk cair. Saat digunakan, cairan oksigen diubah menjadi gas yang bisa dihirup.Tabung oksigen konvensional tersedia dalam berbagai ukuran sesuai volumenya. Beratnya bahkan ada yang lebih dari 45 kg sehingga Anda mungkin memerlukan troli untuk membawa atau memindahkannya. Tabung oksigen ini juga perlu diisi ulang setelah oksigennya habis.

2. Konsentrator oksigen

Konsentrator oksigen juga dikenal sebagai tabung oksigen elektrik karena dioperasikan dengan listrik atau baterai. Cara menggunakan tabung oksigen portable elektrik lebih praktis karena tidak perlu memasang regulator. Konsentrator oksigen mengambil udara dari lingkungan, kemudian menggunakan filter untuk menyaring udara dan menghasilkan oksigen.Konsentrator oksigen umumnya disertai roda sehingga mudah dibawa dan tersedia dalam dua varian, yaitu konsentrator oksigen standar dan portable.Tabung oksigen konsentrator standar memiliki berat sekitar 23 kg dan berukuran cukup besar. Sementara itu, konsentrator oksigen portable lebih kecil dan ringan, tepatnya hanya sekitar 1-9 kg saja, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Cara menggunakan tabung oksigen

Cara menggunakan tabung oksigen di rumah harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tim medis dari rumah sakit atau instansi terkait umumnya akan memberikan petunjuk mengenai seberapa sering, seberapa lama, serta seberapa banyak oksigen tambahan yang diperlukan.

1. Cara menggunakan tabung oksigen konvensional

Berikut adalah cara menggunakan tabung oksigen konvensional yang bisa Anda praktikkan di rumah.
  • Buka segel tabung.
  • Selanjutnya pasang regulator pada tabung. Anda akan memerlukan kunci Inggris untuk mengencangkan mur. Pastikan regulator telah terpasang dengan tepat dan rapat.
  • Isi humidifier dengan air steril secukupnya, jangan kurang atau melebihi batas yang ditentukan, kemudian pasang kembali pada tempatnya.
  • Pasang selang pada port yang telah disediakan.
  • Putar keran agar oksigen mengalir. Rasakan aliran udara pada ujung selang untuk memastikan ada oksigen yang keluar.
  • Atur flow meter ke atas atau ke bawah sesuai dengan anjuran dokter atau tenaga medis lainnya.
  • Pasang selang pada hidung dengan benar untuk menghirup oksigen.

2. Cara menggunakan tabung oksigen portable

Cara menggunakan tabung oksigen portable atau konsentrator oksigen lebih praktis karena Anda tidak perlu memasang regulator terlebih dahulu.
  • Isi air pada wadah yang disediakan.
  • Tekan tombol untuk menyalakan konsentrator oksigen.
  • Atur aliran oksigen sesuai kebutuhan.
  • Pasang selang pada port yang disediakan dan tabung oksigen portable siap digunakan.

Tips menggunakan tabung oksigen

Berikut adalah beberapa tips menggunakan oksigen dengan aman yang bisa Anda ikuti.
  • Hindari penggunaan oksigen di sekitar panas atau sumber api karena oksigen mudah terbakar.
  • Jangan biarkan siapa pun merokok di sekitar Anda.
  • Jangan mengubah aliran oksigen atau flow meter kecuali sudah konsultasi dengan dokter.
  • Hindari mengonsumsi obat penenang saat menggunakan tabung oksigen. Hal ini dapat memperlambat pernapasan Anda.
  • Pastikan tabung oksigen dalam posisi tegak.
Jika tidak digunakan, selalu matikan tabung dan jangan biarkan selang tergeletak di atas benda yang mudah terbakar. Apabila Anda mendapati kerusakan, matikan aliran udara, segera hubungi petugas, dan jangan mengotak-atiknya sendiri.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kekurangan oksigencoronavirus
Web MD. https://www.webmd.com/lung/lung-home-oxygen-therapy
Diakses 14 Agustus 2021
Siloam Hospitals. https://www.siloamhospitals.com/Contents/News-Events/Advertorial/2021/07/29/11/23/Cara-Aman-Menggunakan-Tabung-Oksigen-di-Rumah-untuk-Pasien-COVID-19
Diakses 14 Agustus 2021
Kanal YouTube dr. M. Fahmi Alatas. https://youtu.be/plTM1klRgLI
Diakses 16 Agustus 2021
Kanal YouTube Machfud Alfiansyah. https://www.youtube.com/watch?v=VIOWviu1xW0
Diakses 17 Agustus 2021
Kanal YouTube Oke Nurse. https://youtu.be/-aEJKSgbQ-8
Diakses 17 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait