Cara Menggunakan Sleeping mask agar Wajah Lembap dan Sehat

Sleeping mask atau overnight mask membantu menjaga kelembapan kulit Anda selama tidur malam hari
Sleeping mask membantu wajah Anda terhidrasi selama tidur

Saat ini sleeping mask menjadi salah satu produk skincare yang digemari perempuan. Pasalnya produk ini dapat melembapkan kulit kita tidur, membuat kulit terlihat lebih cerah, teksturnya lembut, dan membuat kulit terasa kenyal di pagi harinya. Sleeping mask atau overnight mask ini pertama kali diperkenalkan oleh negara Korea.

Sebelum menggunakan sleeping mask sebagai perawatan kulit di malam hari, Anda perlu tahu cara penggunaannya agar hasilnya maksimal dan tidak menyebabkan kulit menjadi iritasi. Sleeping mask sebenarnya bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Asalkan dengan tahap pemakaian yang tepat.

Cara menggunakan sleeping mask

1. Pilih formula sleeping mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit

Sama seperti penggunaan skincare lainnya, Anda juga perlu memilih produk sleeping mask yang formulanya sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Sebelum membeli sleeping mask, baca terlebih dahulu kandungan utama apa yang terkandung di dalamnya. 

Contohnya, untuk mencerahkan dan membuat kulit tampak glowing, pilih sleeping mask yang mengandung vitamin A dan C. Jika Anda ingin menghilangkan noda-noda hitam bekas jerawat, bisa pilih sleeping mask yang mengandung ekstrak beras. Sedangkan untuk kulit sensitif, pilihlah tipe yang mengandung aloe vera untuk menenangkan kulit yang iritasi atau terdapat redness.

2. Gunakan sleeping mask secukupnya

Berbeda dari penggunaan clay mask, hindari pemakaian sleeping mask yang terlalu banyak pada wajah. Pasalnya tekstur dari sleeping mask ini cenderung seperti gel sehingga mudah meresap di kulit. Gunakan overnight mask ini tipis-tipis agar hasilnya maksimal. Pemakaian sleeping mask juga tidak dianjurkan setiap hari. Cukup gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

3. Tunggu hingga menyerap

Sleeping mask digunakan sebagai tahap terakhir dari skincare Anda.  Jadi, sebelum mengaplikasikannya  ke seluruh area wajah, pastikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan sebelumnya sudah menyerap dengan sempurna.

4. Setelah memakai sleeping mask jangan langsung tidur

Walaupun Namanya sleeping mask, tapi Anda tidak boleh langsung tidur saat baru mengaplikasikannya . Anda perlu menunggu 20 hingga 30 menit hingga sleeping mask menyerap di wajah dan tidak meninggalkan rasa lengket. Hal ini dilakukan untuk mencegah sleeping mask menempel pada sarung bantal saat Anda tertidur. Cara ini juga dapat memaksimalkan fungsi dan manfaat dari sleeping mask itu sendiri.

5. Jangan lupa untuk mencuci wajah di pagi harinya

Sleeping mask yang digunakan sebelum Anda tidur, perlu untuk dibilas saat pagi hari. Hal ini dikarenakan tujuan utama dari produk kecantikan satu ini, yaitu untuk menutrisi kulit saat Anda tidur. Jangan lupa untuk membersihkan wajah pada keesokan paginya untuk membersihkan sisa-sisa masker yang menempel.

Manfaat menggunakan sleeping mask

  • Membuat kulit terasa lebih kenyal

Overnight mask diformulasikan dengan bahan-bawah yang lembut di kulit dan mudah menyerap sehingga tidak meninggalkan rasa lengket. Formula yang terdapat pada sleeping mask ini akan mengisi cairan hingga ke lapisan terdalam kulit, sehingga kulit yang tadinya kering akan terasa kenyal, lembut dan halus.

  • Menghidrasi kulit karena formulanya water-based

Kandungan air pada sleeping mask membuat formula dari produk ini mudah diserap kulit. Sleeping mask juga mengandung beta-glucan yang dapat melembapkan kulit lebih intens dibandingkan produk skincare lainnya.

  • Membuat kulit terlihat lebih cerah karena mengandung antioksidan

Hampir semua sleeping mask mengandung antioksidan dari bahan natural yang dapat mengembalikan kelembapan kulit. Kandungan antioksidan juga mampu mencerahkan kulit, sehingga setelah menggunakan sleeping mask wajah akan terlihat lebih cerah merona dan noda gelap tersamarkan.

  • Memperlambat timbulnya garis halus

Kandungan hyaluronic acid pada sleeping mask dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga mampu memperlambat timbulnya garis halus. Kolagen akan melancarkan proses regenerasi kulit selama tidur, sehingga memicu pertumbuhan sel kulit baru yang muda dan elastis.

  • Memaksimalkan kinerja produk skincare lainnya

Dengan menggunakan sleeping mask sebelum tidur, dapat memaksimalkan rangkaian produk skincare yang Anda gunakan sebelumnya dan dapat mengunci formula krim malam agar mampu melembabkan kulit lebih lama.

Catatan dari SehatQ

Menggunakan sleeping mask adalah salah satu cara membuat kulit wajah tetap lembap sepanjamg malam. Cara ini juga cukup praktis karena Anda dapat memakainya saat tidur. Namun jika penggunaannya membuat kulit wajah Anda iritasi, segera konsultasi dengan dokter kulit.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/overnight-masks-for-glowing-skin#how-does-the-mask-work

Diakses 20 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-beauty-sleep

Diakses 20 Maret 2020

Artikel Terkait