Cara Menggunakan Saffron yang Tepat bagi Anda yang Ingin Coba-coba

(0)
27 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menggunakan saffron adalah dengan mencampurnya dalam makanan atau minumanSaffron dapat diolah menjadi minuman atau bumbu makanan
Saffron sempat menjadi primadona berbagai produk kesehatan maupun kecantikan dalam beberapa waktu terakhir. Cara menggunakan saffron pun bermacam-macam karena rempah yang satu ini dapat dicampur dengan banyak bahan makanan, mulai dari nasi hingga minuman seperti susu dan teh.Saffron adalah jenis rempah yang bentuknya seperti benang dan dipanen secara manual dari bunga Crocus sarivus alias crocus saffron. Tanaman asli Yunani ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, seperti menaikkan libido, memperbaiki mood, serta meningkatkan kemampuan memori orang yang mengonsumsinya.

Bagaimana cara menggunakan saffron?

Mengetahui cara menggunakan saffron sangat penting jika Anda tidak ingin membuang uang untuk hal yang terlihat sepele ini. Pasalnya, saffron asli memiliki harga yang sangat mahal, yakni bisa mencapai Rp7.000.000 hingga Rp70.000.000 per 450 gram.Harga selangit ini disebabkan oleh rumitnya panen benang saffron itu sendiri. Satu bunga crocus saffron hanya menghasilkan hanya tiga benang sehingga membutuhkan ribuan bunga agar Anda dapat memperoleh hanya satu ons benang saffron.Tidak heran bila saffron hanya digunakan dalam jumlah sedikit per sajian. Lagipula, semakin banyak Anda memasukkan saffron dalam masakan, maka rasa makanan Anda akan berubah menjadi pahit.Apa pun masakannya, cara menggunakan saffron yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Letakkan benang saffron pada wadah kecil (misalnya gelas atau mangkok), kemudian siram dengan sedikit air, susu, atau kaldu hangat. Langkah awal ini dilakukan untuk mengeluarkan warna merah saffron keluar dari benangnya.
  • Diamkan saffron selama beberapa menit hingga cairan tersebut berubah menjadi warna merah atau jingga (tergantung banyaknya benang saffron yang Anda gunakan).
  • Tuangkan cairan tersebut pada makanan atau minuman yang akan Anda konsumsi sesaat sebelum matang, lalu aduk hingga berbaur dengan bahan masakan yang lain.
Anda juga dapat menyaring benang saffron sehingga tidak ikut diolah dalam masakan. Kendati demikian, jarang sekali orang yang melakukan hal ini karena putik saffron tidak mengganggu rasa maupun penampilan makanan secara keseluruhan.

Cara menggunakan saffron pada berbagai hidangan

Pada praktiknya, cara menggunakan saffron bisa diaplikasikan pada berbagai jenis makanan atau minuman. Berikut beberapa resep sederhana yang dapat Anda ikuti.

1. Teh saffron madu

Minuman ini sangat cocok dikonsumsi selagi hujan atau dijadikan teman makan camilan di sore hari yang hujan. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah teh, safron, madu, dan air panas. Sedangkan cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Seduh teh dengan air panas, lalu tambahkan madu
  • Masukkan 2-3 lembar benang saffron
  • Diamkan 5 menit.
Anda pun dapat langsung menikmati teh saffron madu ini.

2. Ayam saffron

Makanan ini adalah masakan tradisional Iran yang kaya akan rempah, namun bisa Anda buat sendiri di rumah. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan bahan-bahan seperti paha ayam, 1 sendok teh saffron, minyak zaitun, garam, kunyit bubuk, cabe, lada, bawang bombay, dan kayu manis bubuk.Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Tumis ayam yang telah dilumuri gula dan garam di atas wajan dengan sedikit minyak zaitun dan saffron menggunakan api sedang
  • Setelah matang, sisihkan ayam.
  • Di wajan yang sama, tumis bawang bombay, cabe, kunyit, kayumanis, dan garam hingga harum, kemudian masukkan kembali ayam ke dalam tumisan bumbu tersebut
  • Tambahkan air dan masak dengan api besar selama 40 menit
  • Setelah ayam hampir matang, tambahkan sisa saffron ke dalam masakan beserta air dan masak kembali selama 10-15 menit hingga ayam matang sepenuhnya.
Ayam saffron bisa dinikmati dengan nasi putih biasa atau nasi briyani agar identik sebagai hidangan Timur Tengah yang menggugah selera.Setelah mengetahui cara menggunakan saffron dengan benar, apakah Anda tertarik memanfaatkan rempah ini ke dalam berbagai hidangan sehari-hari?
makanan sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/saffron
Diakses pada 13 Juli 2020
BBC Good Food. https://www.bbcgoodfood.com/glossary/saffron
Diakses pada 13 Juli 2020
Raw Spice Bar. https://rawspicebar.com/blogs/recipes/saffron-tea
Diakses pada 13 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait