Cara Menggunakan Body Scrub agar Kulit Cerah dan Sehat Maksimal


Cara menggunakan body scrub yang benar harus didahului dengan mandi air hangat. Kemudian, oleskan body scrub pada permukaan tubuh seraya memijat kulit secara perlahan.

(0)
Cara menggunakan body scrub yang benar merupakan hal pentingOleskan body scrub mulai dari ujung kaki sampai tubuh bagian atas seraya memijatnya perlahan
Cara menggunakan body scrub yang tepat merupakan hal yang penting. Dengan demikian, sel-sel kulit mati bisa terangkat sempurna dan kulit lebih cerah maksimal.Nah pertanyaannya, apakah sudah tepat cara memakai body scrub yang Anda lakukan selama ini?Untuk mengetahuinya, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Bagaimana cara menggunakan body scrub yang tepat?

Body scrub adalah salah satu jenis zat eksfoliasi fisik yang terbuat dari kombinasi bahan-bahan tertentu.Biasanya, body scrub hadir dalam bentuk krim dengan partikel-partikel kasar, bubuk, atau berbahan dasar minyak.Pada dasarnya, fungsi body scrub adalah mengeksfoliasi kulit atau mengangkat sel kulit mati pada tubuh.Selain itu, manfaat body scrub mampu merangsang produksi kolagen yang menjaga kelembapan kulit sehingga membuat kulit tubuh tampak lebih mulus dan sehat.Bagi Anda yang kerap menggunakan pelembap atau krim tubuh tertentu, manfaat body scrub dapat membantu proses penyerapan kandungannya ke dalam kulit secara optimal.Adapun beberapa cara menggunakan body scrub yang tepat adalah sebagai berikut.

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat terlebih dahulu adalah cara menggunakan body scrub yang tepat
Mandi air hangat bisa membuka pori kulit
Cara menggunakan body scrub adalah dengan mandi air hangat terlebih dahulu.Mandi air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga proses eksfoliasi kulit dapat berjalan maksimal.Mandi menggunakan air hangat dan sabun sekaligus membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menempel di tubuh.Namun, perlu diperhatikan agar tidak mandi air hangat dalam waktu yang lama karena bisa membuat kulit menjadi kering.

2. Pastikan tangan dalam kondisi bersih

Setelah tubuh sudah dibersihkan, cara menggunakan body scrub yang paling penting adalah memastikan tangan dalam kondisi bersih.Pasalnya, manfaat body scrub akan berjalan maksimal apabila Anda menggunakan tangan saat proses pengaplikasiannya.

3. Gunakan body scrub

Cara menggunakan body scrub bisa dari ujung kaki
Oles dan gosokkan scrub dari area kaki sampai tubuh bagian atas
Cara menggunakan body scrub adalah dengan mengambil secukupnya menggunakan tangan atau spatula khusus.Kemudian, oleskan pada permukaan kulit tubuh yang masih basah.Oles dan gosokkan area seluruh tubuh, termasuk leher, lengan, dada, punggung, hingga kaki.

4. Pijat area tubuh

Cara menggunakan body scrub yang benar juga perlu diiringi dengan aktivitas pijatan.Pijat area tubuh secara perlahan mulai dari kaki sampai tubuh bagian atas dengan gerakan memutar selama 5-10 menit.Memijat tubuh dapat membantu menenangkan kulit, terutama bila Anda sedang lelah atau stres akibat rutinitas sehari-hari.

5. Bilas tubuh

Setelah cara menggunakan body scrub yang tepat dilakukan, Anda bisa membilas tubuh dengan air dingin.Bilas tubuh sampai bersih sehingga tidak ada sisa-sisa partikel scrub yang menempel pada kulit.Kemudian, keringkan tubuh menggunakan handuk bersih secara perlahan.

6. Oleskan pelembap

Cara menggunakan body scrub adalah dengan memakai pelembap sesudahnya
Akhiri cara menggunakan body scrub dengan mengoleskan pelembap
Cara menggunakan body scrub dapat menghilangkan kelembapan kulit, maka Anda perlu mengembalikannya dengan mengoleskan krim pelembap khusus tubuh atau body lotion.Pilihlah krim pelembap sesuai jenis kulit Anda, lalu oleskan pada seluruh permukaan kulit tubuh.American Academy of Dermatology menyarankan agar penggunaan pelembap tubuh dilakukan sesegera mungkin, paling lama 5 menit setelah mandi, agar kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.Sebaiknya, jangan menggunakan krim pelembap untuk wajah pada kulit tubuh, ya.Sebab, kandungan pelembap wajah cenderung lebih ringan dibandingkan produk pelembap untuk tubuh.

Apakah boleh memakai body scrub setiap hari?

Idealnya, cara memakai body scrub dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.Hindari cara menggunakan body scrub setiap hari. Pasalnya, cara memakai body scrub yang terlalu sering justru dapat membuat kulit kering, sensitif, dan iritasi.Cara memakai body scrub juga boleh dilakukan apabila kulit terasa sangat kering, kasar, atau mengelupas.Jika kulit Anda kering dan sensitif, sebaiknya lakukan scrub tubuh 1 kali dalam seminggu.Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit tertentu, atau merasa tidak yakin mengenai berapa kali harus melakukan body scrub, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.Cara memakai body scrub tidak disarankan bila Anda memiliki luka terbuka di area kulit tubuh atau kulit iritasi akibat ruam atau kulit terbakar sinar matahari (sunburn).Langkah tersebut dapat meningkatkan risiko iritasi kulit yang lebih parah.

Apa manfaat body scrub untuk kesehatan kulit?

Cara menggunakan body scrub secara rutin bisa membuat kulit cerah dan sehat maksimal.Tak hanya itu, ada beberapa manfaat body scrub yang bisa didapat bila Anda melakukannya dengan tepat.Berikut adalah manfaat body scrub selengkapnya.

1. Menghaluskan kulit

Salah satu manfaat body scrub adalah menghaluskan kulit.Hal ini karena fungsi body scrub adalah mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus membersihkan kotoran dan minyak pada pori kulit.Cara memakai body scrub yang dilakukan secara rutin bisa membuat kulit tubuh terasa segar, cerah, dan mulus.

2. Melembapkan kulit

Manfaat body scrub berikutnya adalah memberi efek lembap pada kulit.Ketika cara menggunakan body scrub dilakukan, pori-pori kulit yang tersumbat akan terbuka.Nah, jika Anda menggunakan pelembap sesaat setelah proses scrub dilakukan, maka kandungan pelembap bisa menyerap ke dalam kulit tubuh secara optimal.

3. Mencerahkan kulit

Kulit lebih cerah berkat cara menggunakan body scrub yang tepat
Manfaat body scrub adalah kulit lebih cerah
Mencerahkan kulit juga menjadi manfaat body scrub lainnya.Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi body scrub adalah mengangkat sel-sel kulit mati.Itu artinya, sel kulit baru yang tumbuh akan terasa halus, lembut, serta tampak cerah.

4. Membersihkan kulit

Manfaat body scrub juga dapat membersihkan kulit.Sama halnya seperti eksfoliasi wajah, fungsi body scrub dapat membantu membersihkan penumpukan minyak alami pada kulit tubuh.Dengan ini, pori kulit tubuh Anda akan bersih sehingga mencegah risiko munculnya masalah kulit, seperti jerawat.

5. Meningkatkan mood

Tahukah Anda kalau manfaat body scrub dapat meningkatkan mood Anda?Pijatan yang dilakukan dalam rangkaian body scrub dapat menenangkan fisik dan mental Anda sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.Baca Juga: Manfaat Lulur Alami dan Cara Mudah Membuatnya di Rumah

Bagaimana cara membuat body scrub alami yang mudah?

Meski ada berbagai produk body scrub langsung pakai yang beredar di pasaran, sejatinya Anda bisa membuat body scrub dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah.Untuk membuat body scrub alami, kuncinya adalah mendapatkan konsistensi atau tekstur yang tepat.Jangan terlalu encer agar tidak sulit dioleskan pada permukaan kulit tubuh. Namun, jangan pula terlalu keras teksturnya.Berikut adalah cara membuat body scrub alami yang mudah dilakukan di rumah. 

1. Cara membuat body scrub dari bubuk kopi

Salah satu cara membuat body scrub alami bisa dari bubuk kopi.Sejumlah hasil penelitian membuktikan bahwa body scrub yang terbuat dari kopi dapat membantu meminimalisir tampilan selulit pada kulit tubuh.Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Cosmetic Science, misalnya, melakukan percobaan pada 78 partisipan yang menggunakan krim kulit mengandung kopi.Penggunaan selama 12 minggu berturut-turut, diketahui membuat tampilan selulit para partisipan tampak berkurang. Begitu pula dengan hasil studi yang dipublikasikan dalam Annals of Dermatology membuktikan hasil serupa.Kendati demikian, krim tersebut mengandung bahan aktif lain, seperti retinol, sehingga sulit untuk mengetahui keefektifannya dalam mengurangi tampilan selulit.Adapun cara membuat body scrub alami dari bubuk kopi adalah sebagai berikut.
  • Siapkan ½ cangkir bubuk kopi, 2 sendok makan air hangat, dan 1 sendok makan minyak kelapa yang sudah dihangatkan.
  • Dalam sebuah mangkuk, masukkan bubuk kopi dan air hangat. Aduk merata kedua bahan tersebut menggunakan sendok.
  • Tambahkan minyak kelapa ke dalam campuran tersebut. Bila perlu, Anda bisa menambahkan bubuk kopi dan lebih banyak air agar mendapatkan tekstur yang diinginkan. Aduk merata kembali.
  • Kemudian, oleskan pada permukaan kulit tubuh yang sudah bersih.

2. Cara membuat body scrub alami dari madu dan gula pasir

Cara membuat body scrub alami berikutnya berasal dari madu dan gula pasir.Sebuah penelitian yang dimuat dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menyatakan bahwa madu merupakan zat antibakteri.Madu juga memiliki antioksidan dan zat antimikroba yang mampu mengatasi kondisi kulit tertentu.Itu artinya, manfaat madu untuk kulit mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari, serta membunuh bakteri pada kulit.Anda bisa mencampurkan madu dengan bahan alami lain. Berikut adalah cara membuatnya.
  • Siapkan ½ cangkir brown sugar, ¼ gelas minyak kelapa (panaskan terlebih dahulu), dan 2 sendok makan madu.
  • Campurkan seluruh bahan yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk.
  • Aduk merata seluruh bahan tersebut. Bila perlu, tambahkan minyak kelapa agar teksturnya lebih kental.
  • Jika sudah mendapat konsistensi yang diinginkan, oleskan scrub alami pada area kulit tubuh yang sudah bersih.

3. Cara membuat body scrub alami dari teh hijau

Cara membuat body scrub alami dari teh hijau bisa Anda lakukan di rumah.Teh hijau dikenal dengan kandungan antioksidan dan zat antiradang yang baik untuk kulit.Anda bisa membuat teh hijau sebagai body scrub alami dengan langkah-langkah di bawah ini.
  • Siapkan 2 kantong teh hijau yang sudah tidak dipakai, ½ cangkir air panas, 1 cangkir brown sugar, dan ¼ cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan.
  • Masukkan kantong teh hijau ke dalam segelas cangkir berisi air panas. Diamkan sampai dingin dengan sendirinya.
  • Sambil menunggu teh hijau menjadi dingin, masukkan brown sugar ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan minyak kelapa, lalu aduk merata kedua campuran bahan alami tersebut.
  • Bila teh hijau sudah dingin, tuang ke dalam mangkuk. Pastikan teh hijau sudah benar-benar dingin agar brown sugar tidak larut ke dalamnya.
  • Jika teksturnya masih terlalu encer, tambahkan minyak kelapa atau brown sugar.
  • Segera oleskan pada permukaan kulit tubuh atau simpan dalam wadah apabila sudah mendapat konsistensi yang diinginkan.

Adakah efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan body scrub?

Pada dasarnya, efek samping body scrub jarang terjadi bila Anda menerapkan cara menggunakan body scrub dengan benar.Meski demikian, terlalu sering atau berlebihan dalam melakukan body scrub dapat menimbulkan risiko efek samping, seperti:
  • Kulit kemerahan
  • Kulit semakin kering
  • Kulit berkilau tapi tampak tidak sehat
  • Kulit terasa nyeri
  • Sensasi kulit terbakar
Jika Anda mengetahui jenis kulit dan pilihan body scrub yang tepat sesuai tipe kulit, maka penggunaan scrub seharusnya cenderung aman dan tidak menimbulkan efek samping tertentu.

Catatan dari SehatQ

Fungsi body scrub adalah mengangkat sel kulit mati agar kulit tubuh tampak lebih cerah.Pastikan Anda mengetahui cara menggunakan body scrub yang benar agar manfaatnya bisa didapat secara optimal.Namun, bila Anda mengalami gejala tidak biasa pada kulit sesaat setelah menerapkan cara pakai body scrub yang baik dan benar di atas, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter kulit.Bagi Anda yang baru pertama kali menerapkan cara pakai body scrub, ada baiknya untuk melakukan tes pada area kulit siku terlebih dahulu guna mengetahui cocok atau tidaknya di kulit.Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara pakai body scrub yang benar.Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.Temukan juga produk body scrub yang bagus untuk kulit Anda di sini.
perawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/diy-body-scrub#green-tea-sugar-scrub
Diakses pada 26 Januari 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
Diakses pada 26 Januari 2021
Byrdie. https://www.byrdie.com/the-right-way-to-apply-a-body-scrub-345699
Diakses pada 26 Januari 2021
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/body-scrubs
Diakses pada 26 Januari 2021
International Journal of Cosmetic Science. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21564138/
Diakses pada 26 Januari 2021
Annals of Dermatology. https://anndermatol.org/DOIx.php?id=10.5021/ad.2015.27.3.243
Diakses pada 26 Januari 2021
Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3609166/
Diakses pada 26 Januari 2021
Central Asian Journal of Global Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/
Diakses pada 26 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait