Cara Menggunakan Batu Apung yang Benar dan Aman untuk Mandi

Batu apung ampuh usir kulit mati
Jika digunakan dengan benar, batu apung ampuh hilangkan sel kulit mati

Sejak dulu batu apung sudah dikenal sebagai alat untuk membersihkan sel-sel kulit mati dari punggung ataupun kaki. Tapi tahukah Anda penggunaan batu apung yang salah dapat membuat kulit dan memicu pendarahan, serta meningkatkan risiko Anda mengalami infeksi kulit? Jika ingin memakai batu apung untuk membersihkan kulit mati, ada baiknya Anda mengerahui cara menggunakan batu apung yang benar.

Bagaimana cara menggunakan batu apung dengan benar?

Sebenarnya, tidak masalah jika Anda ingin menggunakan batu apung tiap harinya. Asalkan Anda tahu cara memakainya dengan benar agar bisa membersihkan kulit mati secara maksimal. Ini dia cara membersihkan tubuh yang benar dengan batu apung.

  1. Rendam kulit dan batu apung dalam air hangat selama lima sampai 10 menit untuk melunakkan kulit dan mengurangi risiko luka.
  2. Tambahkan sabun atau minyak ke dalam air untuk meningkatkan kelembaban air.
  3. Bilas kulit setelah direndam dan keringkan dengan handuk, bila kulit masih terasa keras atau kasar, rendam selama beberapa menit sebelum mengeringkannya lagi.
  4. Gosokkan batu apung pada kulit dengan pola melingkar dan pijat kulit selama dua sampai tiga menit. Bila kulit terasa nyeri, berarti Anda memberikan tekanan berlebih, segera hentikan penggunaan batu apung.
  5. Terus gosokkan batu apung sampai seluruh kulit mati terlepas dan menampilkan kulit yang halus.
  6. Setelah sudah menggosok kulit selama dua atau tiga menit, bilas kulit dan batu apung. Jika masih terdapat kulit mati, ulangi menggosok kulit dengan batu apung.
  7. Setelah menggunakan batu apung, oleskan pelembap atau minyak pada kulit.

Selalu bersihkan batu apung di bawah air mengalir dan sedikit sabun. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat batu apung untuk menyingkirkan sisa kulit mati. Anda juga bisa merebus batu apung selama lima menit.

Jemur batu apung di tempat yang kering. Jika batu apung sudah terlalu kecil atau halus, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Jangan pinjamkan batu apung milik Anda dengan orang lain karena bisa meningkatkan risiko penyebaran penyakit kulit.

Anda bisa menggunakan batu apung tiap harinya atau beberapa kali seminggu untuk mempertahankan kehalusan dari kulit.

Bagaimana menggunakan batu apung untuk menyingkirkan rambut yang tidak diinginkan?

Selain bisa membersihkan sel kulit mati, batu apung juga bermanfaat mengurangi rambut yang tak diinginkan.

Jika Anda ingin memakai batu apung untuk membasmi rambut dari kulit, Anda dapat merendam kulit dan batu apung di air hangat selama lima sampai 10 menit. Setelahnya, usapkan sabun di kulit.

Gosokkan batu apung secara perlahan pada daerah kulit dengan rambut yang tidak diinginkan dengan pola melingkar. Bilas dan ulangi sampai seluruh rambut menghilang, setelahnya cuci dengan air hangat.

Jika terdapat iritasi pada kulit, hentikan penggunaan batu apung. Oleskan minyak atau pelembab pada kulit dan ulangi proses penggosokan selama beberapa hari sampai seluruh rambut menghilang.

Catatan dari SehatQ

Umumnya, semua orang bisa secara aman menggunakan batu apung. Namun, bila Anda menderita neuropati perifer, penyakit arteri perifer, diabetes, ataupun masalah peredaran darah lainnya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan batu apung.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-use-a-pumice-stone
Diakses pada 31 Desember 2019

UW Health. https://www.uwhealth.org/health/topic/special/calluses-and-corns-using-pumice-stones/ug2408.html
Diakses pada 31 Desember 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed