7 Cara Menggemukkan Pipi Secara Alami


Ada banyak cara menggemukkan pipi secara alami yang diyakini sejak dahulu kala meski efektivitasnya masih dipertanyakan. Metode yang biasa digunakan adalah lewat memijat wajah hingga mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

0,0
19 Jul 2021|Azelia Trifiana
Pipi chubby menjadi idaman sebagian orangPipi chubby menjadi idaman sebagian orang
Persepsi bahwa mereka yang punya pipi chubby itu menggemaskan dan tampak awet muda tentu sudah bukan hal baru. Bahkan, banyak yang mencari tahu cara menggemukkan pipi. Mulai dari lewat perawatan klinik seperti injeksi hingga yoga wajah.Mana yang paling efektif? Tentu bergantung pada kondisi setiap orang. Tapi yang penting, jika ingin melakukan prosedur demi mengubah bentuk tubuh, pastikan sudah memperhitungkannya matang-matang.

Cara menggemukkan pipi

Ada metode alami yang diyakini sejak dahulu kala meski efektivitasnya masih dipertanyakan. Tak sedikit pula metode lain lewat konsumsi makanan atau minuman tertentu.Nah, lalu apa saja cara menggemukkan pipi yang cukup populer?

1. Senam wajah

Disebut juga dengan facial yoga, ini adalah olahraga untuk otot-otot wajah agar tampak lebih segar dan awet muda. Menurut sebuah studi dari tim asal Chicago, Illinois, melakukan senam wajah selama 30 menit setiap hari selama delapan pekan dapat membuat wajah lebih kencang.Ada beberapa metode facial yoga yang bisa Anda coba sendiri di rumah, di antaranya:
  • Mengangkat otot-otot pipi sambil tersenyum dengan bibir terkatup. Kemudian, letakkan jari di tiap sudut mulut dan angkat pipi ke atas. Tahan posisi ini selama 20 menit.
  • Sambil menutup mulut, kembungkan pipi semaksimal mungkin. Tahan selama 45 detik sebelum perlahan membuang napas.
  • Buka mulut sampai membentuk huruf “O” dan tersenyum. Lalu, letakkan jari-jari di pipi dan angkat perlahan. Kemudian, turunkan. Lakukan bergantian selama 30 detik.

2. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya datang berkat kandungan vitamin C dan vitamin E di dalamnya. Itulah mengapa banyak orang meyakini bahwa mengoleskan lidah buaya ke pipi dapat membuatnya tampak awet muda.Selain itu, ada pula temuan asal Korea Selatan pada tahun 2009 lalu bahwa perempuan yang mengonsumsi satu sendok teh gel lidah buaya selama 90 hari, merasakan dampaknya. Kulit wajahnya menjadi lebih elastis. Namun, tetap perlu diingat apakah ada reaksi alergi terhadap lidah buaya atau tidak sebelum mencoba metode ini.

3. Apel

Cara menggemukkan pipi berikutnya adalah menggunakan buah apel. Di dalamnya, terdapat kolagen, elastin, dan antioksidan.Itulah mengapa, banyak orang meyakini bahwa masker dari apel dapat mewujudkan pipi chubby. Caranya cukup dengan mengoleskan parutan apel ke wajah, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air.Selain menjadi masker, rekomendasi lainnya adalah mengonsumsi apel yang mengandung antioksidan dan vitamin A, B, serta C. Mengonsumi apel secara berkala dapat mencegah kerusakan jaringan. Bahkan, kandungan kolagen dan elastinnya bisa saja membuat kulit semakin kenyal.

4. Madu

Dikenal dengan segudang khasiatnya, madu juga masuk dalam daftar rekomendasi bagi yang ingin menggemukkan pipi. Di dalamnya terdapat zat antibakteri dan melembapkan. Ketika digabungkan dengan pepaya, bisa menjadi masker. Aplikasikan selama 10 menit sebelum membilasnya.Setelah itu, tentu saja madu juga sangat baik dikonsumsi. Antioksidannya bisa berdampak sangat baik dalam mengimbangi dampak negatif zat radikal bebas terhadap kulit.

5. Susu

Mengingat susu kaya akan air, lemak, dan juga protein, banyak yang meyakini bahwa mengaplikasikannya ke pipi akan membuatnya kian bersih. Tak hanya itu, susu juga dianggap bisa memberikan kelembapan tersendiri.Selain itu, konsumsi juga susu karena kandungan asam amino, kalsium, vitamin B-12, protein di dalamnya juga bisa menyehatkan kulit. Bagi yang alergi dengan laktosa dalam susu sapi, ada banyak alternatif jenis susu lain yang tak kalah bernutrisi.

6. Minyak

Beragam jenis minyak seperti minyak almond, minyak kelapa, dan minyak zaitun juga diklaim dapat memberikan kelembapan tersendiri. Selain itu, ada khasiat lain seperti minyak almond yang meratakan warna kulit, dan minyak kelapa yang melindungi dari radiasi sinar ultraviolet.

7. Shea butter

Shea butter memiliki khasiat antioksidan dan anti-peradangan karena di dalamnya terdapat triterpenes, tocopherol, phenol, dan juga sterol. Sebagai cara menggemukkan pipi, bisa dengan mencampur dua cangkir shea butter dengan 1 ½ cacngkir gula pasir.Kemudian, oles dan pijatkan ke pipi setelah mandi selama lima menit. Diamkan selama sekitar 10 menit, baru bilas dengan air hangat.

Menjaga kulit wajah tidak kendur

Selain mencoba metode untuk menggemukkan pipi, jangan lupa aplikasikan pula cara agar kulit wajah tetap kencang. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti:
  • Memakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan
  • Hindari memakai makeup setiap saat
  • Selalu membersihkan wajah dari makeup secara menyeluruh
  • Berhenti merokok
  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Banyak minum air putih

Catatan dari SehatQ

Setelah menemukan metode mana yang paling tepat dan tidak menimbulkan reaksi alergi, dipadukan dengan cara menjaga elastisitas kulit tetap terjaga, maka pipi chubby bisa saja terwujud.Selain metode di atas, ada juga metode klinis dengan cara injeksi dermal filler hingga transfer lemak. Namun tentu saja risikonya lebih tinggi ketimbang cara-cara alami di atas.Jika ingin berdiskusi lebih lanjut seputar cocok tidaknya mencoba metode di atas, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
berat badan idealhidup sehattambah berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-chubby-cheeks#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 5 Juli 2021
Annals of Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2883372/
Diakses pada 5 Juli 2021
JAMA Dermatology. https://jamanetwork.com/journals/jamadermatology/article-abstract/2666801?redirect=true
Diakses pada 5 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait