Cara Mengentalkan Sperma Agar Istri Bisa Hamil


Ketika cairan yang dikeluarkan saat ejakulasi terlihat encer dan lebih bening, maka tandanya konsenterasi sperma tersebut kurang dari normal. Hal ini bisa berpengaruh pada kesuburan sehingga perlu dilakukan cara mengentalkan sperma yang tepat.

(0)
09 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengentalkan sperma adalah dengan rajin olahraga dan makan sehat hingga minum obatCara mengentalkan sperma bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria
Sperma yang sehat dan subur bisa dinilai dari beberapa aspek, termasuk kekentalannya. Jika terlalu cair, maka kemungkinan untuk bisa membuahi sel telur juga dinilai semakin kecil. Oleh karena itu, pria perlu mengetahui cara mengentalkan sperma.Konsistensi sperma yang terlalu cair paling umum disebabkan oleh jumlah sperma yang kurang dari normal. Kondisi ini disebut sebagai oligospermia dan dapat mengurangi tingkat kesuburan seorang pria.

Kekentalan sperma yang normal

Sperma yang normal biasanya kental dan berwarna putih susu
Sperma yang normal berwarna putih susu
Pada kondisi normal, sperma yang keluar saat ejakulasi seharusnya berkonsistensi kental dengan warna putih susu. Ketika cairan yang keluar saat ejakulasi terlihat encer dan lebih bening, maka tandanya konsenterasi sperma yang ada di cairan tersebut kurang dari normal.Seseorang dikatakan mengalami oligospermia apabila jumlah spermanya kurang dari 15 juta sperma per mililiter semen yang keluar. Semakin sedikit jumlah sel sperma yang diproduksi, maka kemungkinan terjadinya pembuahan yang sukses juga akan semakin kecil.Kondisi ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kehamilan sulit terjadi. Olah karena itu, bagi para pasangan yang kesulitan untuk memiliki momongan, memeriksakan kondisi kesuburan dari kedua sisi baik pria maupun wanita, perlu dilakukan.Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rendahnya jumlah sperma, seperti varikokel, infeksi menular seksual, tumor testis, maupun ketidakseimbangan hormon. Cedera atau benturan keras di area testis juga bisa memicu terganggunya produksi sperma.Baca Juga: Mengenal Prosedur Pemeriksaan Sperma untuk Deteksi Kesuburan Pria

Cara mengentalkan sperma

Olahraga adalah cara mengentalkan sperma alami
Cara mengentalkan sperma yang alami bisa dengan olahraga
Cara mengentalkan sperma yang dapat dilakukan perlu dilakukan sesuai penyebabnya, seperti berikut ini.

1. Menjalani gaya hidup sehat

Menjalani gaya hidup yang sehat adalah cara mengentalkan sperma yang paling efektif. Pada kebanyakan kasus, masalah sperma encer bisa teratasi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, menjaga berat badan ideal, dan olahraga teratur.Saat memiliki masalah kesuburan seperti ini, Anda juga disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok dan mengurangi konsumsi alkohol.Istirahat yang cukup dan melakukan hal-hal yang dapat meredakan stres seperti melakukan hobi, juga dapat membantu tubuh agar lebih sehat.

2. Konsumsi obat-obatan

Apabila penyebab berkurangnya sperma adalah infeksi bakteri, maka dokter akan memberikan antibiotik untuk menghilangkan bakteri sekaligus mengembalikan produksi sperma.Sementara itu, pada oligospermia yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, terapi hormon dengan konsumsi obat tertentu juga dapat dilakukan.

3. Operasi

Opsi untuk operasi biasanya diberikan dokter apabila sperma yang encer disebabkan oleh varikokel. Ada dua jenis operasi yang mungkin dilakukan, yaitu laparoskopi dan embolisasi perkutan.Keduanya merupakan prosedur operasi yang sudah dapat dilakukan tanpa harus melakukan pembedahan besar.

Penyebab sperma encer tak selalu penyakit

Terlalu sering masturbasi bisa membuat sperma encer
Terlalu sering mastrubasi bisa sebakan sperma jadi encer
Memiliki sperma yang encer tidak selalu disebabkan oleh penyakit. Ada beberapa hal lain yang bisa memicu kondisi ini, seperti:

• Terlalu sering masturbasi

Terlalu sering masturbasi membuat tubuh tidak punya cukup banyak waktu untuk memproduksi sperma dalam jumlah yang normal. Alhasil, ketika ejakulasi berikutnya, semen yang keluar memiliki konsistensi lebih encer.

• Kekurangan zinc

Zinc adalah mineral yang berguna untuk melawan antibodi antisperma di tubuh pria. Antibodi ini bisa menyebabkan produksi sperma tidak maksimal karena mengira sel tersebut sebagai benda asing yang harus dilawan.Saat jumlah zinc di tubuh tidak memadai, maka kemampuan untuk melawan antibodi tersebut akan berkurang dan berujung pada oligospermia.

• Cairan yang keluar adalah cairan pra-ejakulasi

Saat melakukan pemanasan sebelum berhubungan seks atau foreplay, Anda mungkin menyadari ada cairan yang keluar dari penis. Cairan tersebut biasanya encer dan hanya mengandung sedikit sperma dan berbeda dari semen yang keluar saat ejakulasi.Apabila penyebab sperma encer yang Anda alami adalah hal-hal di atas, maka tidak ada cara mengentalkan sperma khusus yang perlu dilakukan selain mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.Untuk bisa mendapatkan penyebab pasti dan penanganan yang paling tepat soal kondisi sperma, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Anda juga dapat berdiskusi lebih lanjut seputar kesuburan pria dengan bertanya langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kesuburanmeningkatkan kesuburanspermareproduksi pria
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325058
Diakses pada 26 Januari 2021
Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/ask-the-expert/sex-faqs/a2152/why-do-i-have-such-watery-semen/
Diakses pada 26 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/watery-semen
Diakses pada 26 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait