9 Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui


Payudara kendur setelah menyusui? Tenang saja, terdapat beragam cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang aman dilakukan, seperti memijat payudara, mengonsumsi makanan sehat, hingga berolahraga.

(0)
17 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Memijat payudara dapat dilakukan sebagai cara mengencangkan payudara setelah menyusui.Pijatlah payudara untuk mengencangkannya setelah menyusui.
Kondisi payudara yang mengendur setelah fase menyusui bayi umumnya dialami oleh banyak wanita. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang aman dilakukan.Sebagian dari Anda mungkin menyangka bahwa proses menyusui menjadi penyebab utama payudara kendur. Nyatanya, sebuah studi membuktikan kalau menyusui ternyata tidak menyebabkan masalah ini.Perubahan hormon saat kehamilan menyebabkan saluran susu mengecil dan membesar secara berulang kali. Hal inilah yang kemudian dipercaya menyebabkan payudara mengendur.Selain itu, perubahan berat badan yang signifikan sebelum atau sesudah kehamilan juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

9 cara mengencangkan payudara setelah menyusui secara alami

Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang bisa Anda lakukan.

1. Mengganti suhu air saat mandi

Saat sedang mandi, cobalah mengganti suhu air dari dingin ke hangat atau sebaliknya. Teknik sederhana ini dipercaya dapat memperkuat dan membentuk otot payudara.Aliran air dingin dan hangat yang menyentuh payudara dianggap bisa merangsang sirkulasi darah sehingga mampu mengencangkannya. Namun ingat, cara mengencangkan payudara setelah menyusui ini bersifat sementara.

2. Gunakan bra yang tepat dan jaga postur tubuh

Pemilihan bra berperan penting untuk menjaga kekencangan payudara. Bra untuk olahraga dipercaya dapat menopang payudara lebih baik sehingga kekencangannya terjaga.Selain itu, Anda juga memperbaiki postur tubuh saat menyusui sehingga masalah payudara kendur setelah menyusui dapat diatasi.

3. Memijat payudara

Memijat payudara dianggap ampuh dalam merangsang sirkulasi darah sehingga bisa mengencangkan payudara kembali setelah menyusui.Selain itu, sirkulasi darah yang lancar juga dianggap mampu memperbaiki dan membentuk jaringan payudara. Cobalah gunakan minyak zaitun atau minyak almond saat memijat payudara.

4. Gunakan krim payudara alami

Menggunakan krim alami dari fenugreek juga bisa menjadi cara mengencangkan payudara setelah menyusui
Cobalah krim payudara dari fenugreek atau palmetto
Terdapat berbagai macam krim payudara alami yang dapat dioleskan untuk mengembalikan kekencangan payudara Anda. Beberapa krim payudara alami ini umumnya terbuat dari fenugreek dan palmetto.Mengoleskan krim payudara alami secara rutin dipercaya dapat menjaga kekencangan kulit dan jaringan otot payudara Anda sehingga tidak mengendur. Sebelum mencobanya, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter.

5. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan juga termasuk cara mengencangkan payudara setelah menyusui. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B dan E dianggap bisa meningkatkan kekencangan otot, meningkatkan elastisitas kulit, dan mencegah payudara mengendur.Kalau bisa, hindari produk hewani yang berlemak tinggi karena berpotensi meningkatkan berat payudara dan menghilangkan kekenyalannya.

6. Berolahraga secara teratur

Berhentilah merokok sebagai cara mengencangkan payudara setelah menyusui
Payudara mengendur bisa diakibatkan oleh kebiasaan merokok
Mengonsumsi makanan sehat saja tidak akan membantu mengembalikan kekencangan payudara. Berolahraga secara rutin tetap dibutuhkan untuk mencegah payudara mengendur.Olahraga secara rutin akan memperkuat otot-otot yang ada di bagian bawah payudara. Hasilnya, payudara Anda pun akan terlihat lebih kencang. Anda bisa mencoba berbagai olahraga yang berfokus pada bagian dada dan perut, seperti push up, mengangkat barbel, hingga chest press.Sebelum mencoba berbagai macam olahraga ini, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan  dokter untuk menghindari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

7. Berhenti merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa membahayakan diri sendiri maupun orang di sekitar Anda. Terlebih lagi untuk ibu menyusui, tentunya merokok dapat membahayakan Si Kecil.Selain dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung, sebuah studi juga membuktikan kalau merokok bisa menghilangkan elastisitas kulit. Jadi tidak heran kalau perokok lebih berisiko mengalami payudara kendur.

8. Menjaga berat badan yang ideal

Untuk mempertahankan kekencangan payudara, Anda dituntut untuk menjaga berat badan ideal. Jagalah berat badan di kisaran yang ideal untuk mencegah payudara mengendur.

9. Minum air lebih teratur

Saat elastisitas kulit berkurang, payudara bisa mengendur dan tidak lagi kencang. Anda bisa minum air putih secara teratur untuk mencegahnya. Saat tubuh terhidrasi, kesehatan dan kekencangan kulit akan terjaga.

Catatan dari SehatQ

Sejumlah cara mengencangkan payudara setelah menyusui dapat Anda coba untuk mengembalikan kekencangan payudara Anda.Akan tetapi, Anda juga harus ingat, tak selamanya payudara kendur dapat dicegah. Seiring bertambahnya usia, payudara juga bisa mengendur sebagai salah satu tanda penuaan.Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang kesehatan payudara, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuikesehatan wanitapayudara
Healthline. https://www.healthline.com/health/saggy-breasts
Diakses pada 3 Desember 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-increase-breast-size-after-breastfeeding/
Diakses pada 3 Desember 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/does-breastfeeding-cause-saggy-breasts-431780#citation-2
Diakses pada 3 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait