Cara Mengencangkan Kulit Wajah yang Kendur agar Awet Muda


Cara mengencangkan kulit wajah secara alami bisa dilakukan menggunakan krim antipenuaan dan masker wajah. Jika dirasa kurang efektif, cara membuat wajah awet muda dan kencang melalui tindakan medis bisa dipertimbangkan.

0,0
10 Aug 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara mengencangkan kulit wajah bisa dilakukan dengan berbagai perawatanMenggunakan masker wajah menjadi salah satu cara mengencangkan kulit wajah secara alami
Kulit wajah kendur bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Tak ayal bila banyak orang, terutama perempuan, melakukan berbagai cara mengencangkan kulit wajah agar tampak lebih awet muda. Bahkan, tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan.
Kulit wajah kendur sebenarnya merupakan proses alamiah yang terjadi seiring bertambahnya usia. Pada wajah, terdapat kantong-kantong lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti dahi, pelipis, pipi, bibir, serta area wajah lainnya. Lemak alami dalam lapisan kulit bisa berkurang seiring  bertambahnya usia dan dengan penurunan kadar kolagen dalam kulit. Hal inilah yang memicu terciptanya ruang kosong di bawah lapisan kulit yang menjadi penyebab kulit kendur. Meski disebabkan oleh usia, salah satu tanda penuaan dini ini juga dapat terjadi akibat paparan sinar matahari, polutan, atau bahan kimia dalam produk perawatan kulit secara berlebihan, hingga pola hidup yang tidak sehat. Lantas, bagaimana cara membuat wajah awet muda dan kencang yang ampuh dilakukan? 

Cara mengencangkan kulit wajah yang kendur dengan ampuh

Cara membuat wajah awet muda dan kencang yang ampuh sebenarnya sederhana. Bahkan, Anda dapat melakukannya di rumah. Adapun beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang dapat Anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Senam wajah

Senam wajah dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda.Sebuah hasil riset yang dipublikasikan dalam jurnal Future Science, gerakan senam wajah mampu meningkatkan kadar oksigen pada kulit.Kendati demikian, sebagian ahli tidak sependapat dengan riset tersebut karena senam wajah yang dilakukan dengan menempatkan wajah pada gerakan tertentu justru dianggap dapat meningkatkan risiko kemunculan keriput.

2. Minum air putih dengan cukup

Minum air putih yang cukup jadi cara mengencangkan kulit wajah agar awet muda
Minum air putih yang cukup bisa buat kulit terhidrasi dengan baik
Cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda juga perlu didukung dengan minum air putih yang cukup.Minum air putih yang cukup dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tanda-tanda penuaan bisa tersamarkan. Jangan lupa untuk menyertainya dengan mengonsumsi asupan makanan kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

3. Pijat wajah

Pijat wajah disebut bisa jadi cara alami mengencangkan kulit wajah yang keriput. Pijat wajah dapat merangsang pertumbuhan sel dan meningkatkan aliran darah sehingga membantu memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Jika tertarik melakukannya, coba pijat wajah Anda secara lembut dan perlahan selama 5-6 menit setiap hari.

4. Menggunakan masker wajah

Gunakan masker wajah sebagai cara mengencangkan kulit wajah secara alami
Oleskan masker wajah alami secara rutin pada wajah yang sudah bersih
Cara mengencangkan kulit wajah secara alami bisa menggunakan masker wajah.Masker wajah diyakini dapat menghidrasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Bahkan, beberapa jenis masker wajah alami ada yang bertindak sebagai antipenuaan. Adapun beberapa jenis masker untuk mengencangkan kulit wajah, yakni: 
  • Minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah ternyata dapat memberikan ekstra kelembapan. Minyak zaitun juga kaya vitamin E yang mampu mengencangkan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada wajah setelah cuci muka. 
  • Masker putih telur. Banyak yang menyebut manfaat masker putih telur serupa melakukan prosedur face lift. Pasalnya, setelah masker dari putih telur dibilas dari wajah pun, efek kencang ini biasanya masih akan terasa hingga satu jam setelahnya
  • Madu. Anda bisa mengoleskan madu pada permukaan wajah yang sudah bersih, secara merata. Diamkan 5-10 menit, lalu bilas wajah dengan air. 
  • Masker pisang. Manfaat masker pisang berasal dari kandungan vitamin A dan E di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas sekaligus menjaga kulit tetap kencang. Caranya mudah, haluskan 1 buah pisang dan campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.
  • Masker lidah buaya. Anda dapat mengoleskan lidah buaya langsung dari tanamannya atau menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran, pada area wajah secara merata. 
  • Masker teh hijau. Khasiat vitamin B2 dalam teh hijau dapat membantu menjaga kadar kolagen pada kulit. Dengan adanya vitamin B2, kulit kencang dapat terjaga sehingga membuatnya lebih awet muda.
  • Masker timun. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research, masker timun yang berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Manfaat masker timun juga mengandung vitamin C yang dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru. 
  • Kulit jeruk. Gunakan kulit jeruk sebagai masker untuk mengencangkan wajah secara alami. Caranya mudah, jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu, tumbuk kulit jeruk sampai halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. 

5. Menggunakan krim atau losion anti-penuaan

Cara mengencangkan kulit wajah yang kendur penting pula menggunakan krim atau lotion antipenuaan. Adapun beberapa jenis kandungan yang sebaiknya ada dalam krim antipenuaan adalah sebagai berikut.
  • Retinol. Retinol merupakan kandungan krim antipenuaan yang sangat penting. Fungsi retinol adalah memproduksi kolagen dalam kulit sehingga membantu mengencangkan kulit. 
  • Vitamin C. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nutrients membuktikan bahwa kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko kulit menua. Oleh sebab itu, penggunaan krim mengandung vitamin C sangat penting dalam meningkatkan elastisitas kulit sekaligus memperbaiki kerusakan kulit.
  • Hyaluronic acid. Hyaluronic acid bersifat mengikat air sehingga mampu menjaga kulit kenyal dan terhidrasi dengan baik. Hal inilah yang dapat mengurangi tampilan garis halus dan keriput di wajah, sekaligus meningkatkan elastisitas kulit agar lebih kencang.
  • Lactic acid dan glycolic acid. Kedua jenis AHA ini dapat mengurangi tampilan keriput dan garis halus di wajah dengan cara meregenerasi sel kulit baru. Dengan ini, kulit wajah Anda akan terasa lebih halus dan kencang.
  • Krim mengandung kolagen. Penggunaan krim antipenuaan yang mengandung kolagen dapat menjaga kesehatan kulit sekaligus meningkatkan kekenyalannya. Alhasil, kulit bisa lebih kencang dan tampak awet muda.

6. Menggunakan tabir surya

Oleskan tabir surya sebagai cara mengencangkan kulit wajah dengan bahan alami
Cara menggunakan sunscreen sebaiknya 10-15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan
Salah satu cara mengencangkan kulit wajah yang kendur dengan ampuh bisa dengan mengoleskan sunscreen atau tabir surya. Penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari.Paparan sinar UV inilah yang kerap dikaitkan dengan kemunculan tanda penuaan, seperti kulit kendur, garis-garis halus, kerutan atau keriput, hingga risiko kanker kulit

Cara membuat wajah awet muda dan kencang melalui prosedur medis

Jika cara mengencangkan kulit wajah secara alami tak kunjung membuahkan hasil, Anda mungkin bisa mempertimbangkan perawatan ke dokter kulit. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan treatment mengencangkan kulit wajah.Dengan ini, dokter dapat memberikan rekomendasi yang tepat sesuai masalah yang Anda alami. Beberapa prosedur yang kerap dijadikan pilihan untuk mengencangkan kulit wajah, yaitu:

1. Laser resurfacing

Cara mengencangkan kulit wajah bisa dengan laser
Laser resurfacing perlu dilakukan secara berulang
Salah satu cara mengencangkan kulit wajah yang kendur rekomendasi dokter adalah laser resurfacingProsedur ini bertujuan untuk meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit lebih dalam sekaligus mengikis lapisan kulit teratas guna memperbaiki tekstur serta warnanya. Walaupun kulit bisa lebih kencang setelahnya, tindakan laser resurfacing tidak permanen. Itu artinya, Anda disarankan untuk melakukan laser resurfacing secara berulang guna mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Terapi ultrasound

Terapi ultrasound merupakan cara mengencangkan wajah yang dilakukan dengan menargetkan area bawah dagu dan leher. Tindakan ini melibatkan penggunaan gelombang ultrasonik yang akan menembus jauh ke dalam kulit untuk merangsang produksi kolagen. Sebagian orang mungkin hanya memerlukan terapi ultrasound satu kali, tetapi sebagian orang lainnya bisa saja melakukannya beberapa kali untuk memperoleh hasil yang optimal.

3. Radiofrequency

Radiofrequency merupakan cara membuat wajah awet muda dan kencang yang disebut sama atau lebih efektif dibandingkan menggunakan krim antipenuaan. Perawatan ini dapat merangsang produksi protein di lapisan kulit yang lebih dalam untuk membuatnya lebih kencang. Meski demikian, Anda perlu melakukannya secara berulang dalam beberapa tahun agar kulit bisa tetap kencang dan awet muda.

4. Microneedling

Microneedling adalah prosedur perawatan kulit yang dikenal pula dengan terapi induksi kolagen. Cara mengencangkan wajah secara medis ini bertujuan untuk meningkatkan produksi kolagen dan jaringan kulit baru sehingga proses peremajaan kulit bisa terjadi. Sesuai dengan namanya, microneedling melibatkan penggunaan jarum kecil yang akan ditusukkan pada kulit. Melalui prosedur ini, kulit dapat menjadi lebih halus, kenyal dan lebih kencang.Microneedling perlu dilakukan beberapa sesi selama 3-4 bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Namun, biasanya perawatan ini tidak permanen sehingga Anda perlu melakukan tindakan medis ini secara berulang.

5. Botox

Anda mungkin sudah akrab dengan suntik botox sebagai cara mengencangkan wajah yang kendur secara ampuh.Ya, suntik botox atau botulinum toxin umum digunakan untuk mengatasi atau mengurangi kerutan yang muncul di wajah. Perawatan ini diberikan melalui suntikan tanpa perlu pembedahan besar (minimal invasif).Nantinya, tampilan kulit wajah Anda akan tampak lebih kenyal dan awet muda. Hasil dari perawatan ini bisa bertahan hingga 3-4 bulan.

6. Face lift

Face lift merupakan cara mengencangkan kulit wajah
Dokter bedah plastik akan mengambil gambar wajah pasien dari berbagai sudut dan dari jarak dekat
Cara mengencangkan wajah yang kendur melalui tindakan medis lainnya adalah dengan face lift.Prosedur face lift dapat mengencangkan lipatan kulit dan kulit kendur di pipi maupun rahang, serta memperbaiki kerutan dan perubahan wajah karena proses penuaan.Pada dasarnya, face lift akan membentuk ulang wajah bagian bawah dengan cara mengangkat kulit yang berlebih.Tindakan ini mungkin membutuhkan sayatan panjang atau lebih pendek, tergantung pada banyaknya perbaikan masalah kulit yang dibutuhkan. Cara alami mengencangkan kulit wajah yang kendur di atas bisa Anda terapkan sehari-hari agar mendapat hasil maksimal. Meski demikian, langkah-langkah tersebut tidak langsung memberikan hasil yang instan. Ini artinya, Anda perlu melakukannya secara rutin. Jangan ragu berkonsultasi pada dokter mengenai pilihan perawatan terbaik untuk mengencangkan kulit wajah Anda apabila cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda tidak kunjung memberikan hasil yang diinginkan. Dengan demikian, dokter dapat memberikan rekomendasi cara mengencangkan wajah melalui tindakan medis tertentu.Jika masih punya pertanyaan seputar cara membuat wajah awet muda dan kencang lebih lanjut, coba tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya mudah, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajahkulit keriputpenuaan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-tighten-skin-on-face#effectiveness
Diakses pada 27 Juli 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-tighten-loose-skin-on-face
Diakses pada 27 Juli 2020
Future Science. https://www.future-science.com/doi/10.4155/fsoa-2016-0015
Diakses pada 3 Juni 2021
Nutrients. https://www.mdpi.com/2072-6643/9/8/866
Diakses pada 3 Juni 2021
Archives of Dermatological Research. https://link.springer.com/article/10.1007/s00403-010-1103-y
Diakses pada 3 Juni 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-for-skin-tightening/#gref
Diakses pada 3 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait