logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Cara Mengenali Vitamin Palsu dan Asli yang Perlu Anda Pahami

open-summary

Untuk mengetahui tanda-tanda vitamin palsu di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), ada beberapa cara yang bisa dicoba, seperti melihat barcode-nya, hingga menyelidiki kemasannya.


close-summary

23 Jul 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Vitamin palsu harus diwaspadai

Terdapat beberapa ciri vitamin palsu yang penting untuk diketahui.

Table of Content

  • 6 cara mengetahui ciri-ciri vitamin palsu dan asli

Di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona, masyarakat berbondong-bondong mencari suplemen vitamin guna menjaga daya tahan tubuh dan terhindar dari penyakit. Namun hati-hati, dilansir dari Merdeka, ada peredaran vitamin palsu di sejumlah marketplace yang perlu diwaspadai.

Advertisement

Untuk membantu Anda membedakan vitamin palsu dengan yang asli, ada berbagai cara yang bisa dilakukan sendiri untuk memastikannya.

6 cara mengetahui ciri-ciri vitamin palsu dan asli

Mulai dari mengecek barcode­, melihat kemasan, hingga memasukannya ke dalam air, berikut adalah berbagai cara mengetahui vitamin palsu dan asli.

1. Memindai barcode dan QR code

Saat ini, sebagian besar produk suplemen vitamin yang dijual di pasaran sudah mencantumkan barcode dan QR code pada kemasannya.

Untuk memastikan vitamin palsu atau asli, Anda bisa menggunakan smartphone untuk memindai barcode dan QR code yang tertera pada kemasannya.

Jika produk itu asli, Anda tentunya dapat langsung terhubung dengan situs resmi dari perusahaan vitamin tersebut. Jika tidak terhubung langsung ke situs resmi, kemungkinan besar Anda mendapatkan vitamin palsu.

2. Melihat kemasannya

Anda juga bisa membedakan vitamin palsu atau asli dengan memerhatikan kemasannya secara seksama. Cobalah cari kesalahan dalam penulisan kata, bentuk tulisannya (font), informasi yang salah, dan logo yang berbeda dari logo aslinya. Jika Anda menemukan berbagai tanda ini, bisa jadi vitamin tersebut palsu.

3. Melihat izin edar BPOM di kemasannya

Cara mengetahui vitamin palsu dengan yang asli selanjutnya adalah melihat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada kemasannya.

Jika ada stempel yang menyatakan bahwa vitamin itu telah mendapatkan izin edar dari BPOM, kemungkinan besar vitamin tersebut  asli dan telah melewati uji klinis.

Namun, jika tidak ada izin edar dari BPOM pada kemasannya, maka sebaiknya jangan mengonsumsinya terlebih dahulu dan konsultasikan dengan ahli untuk mengecek keasliannya.

Untuk lebih pastinya, kamu juga dapat mengecek keaslian vitamin atau produk-produk lainnya lewat situs BPOM.

4. Memerhatikan hologramnya

Produk suplemen dan vitamin biasanya memiliki hologram pada kemasannya. Hologram digunakan oleh sebagian besar produsen suplemen dan vitamin di dunia sebagai pertanda keaslian produk mereka.

Cobalah untuk membandingkan hologram pada kemasan vitamin yang Anda miliki dengan kemasan vitamin yang sama di pasaran. Sebab, tidak semua oknum 'nakal' dapat menduplikasi hologram seperti produk aslinya.

Jika terdapat kesalahan atau keanehan pada hologram di kemasannya, urungkan niat Anda untuk mengonsumsinya karena bisa jadi itu adalah vitamin palsu.

5. Memeriksa segelnya

Anda juga dapat memeriksa segelnya untuk memastikan vitamin palsu atau asli. Vitamin palsu bisa saja dilengkapi dengan segel yang buruk dan berbeda kualitasnya jika dibandingkan dengan vitamin asli.

Selain itu, jika segelnya terlihat rusak, terbuka, atau tidak semestinya, sebaiknya Anda segera mengembalikannya. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari vitamin palsu yang sedang marak beredar.

6. Mencampurkannya dengan air

Dilansir dari Times of India, Anda juga dapat mengecek keaslian produk suplemen dan vitamin dengan menuangkannya ke dalam air.

Vitamin palsu dipercaya dapat meninggalkan beberapa bubuk atau residu di kaca, sedangkan produk yang asli tidak. Suplemen dan vitamin palsu juga dianggap memiliki bau menyengat dan rasa yang tak lazim.

Vitamin palsu dapat merugikan kesehatan Anda. Maka dari itu, belilah produk suplemen atau vitamin di apotek atau toko kesehatan yang sudah tepercaya.

Baca Juga

  • Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Perlukah Diberikan?
  • Virus Adalah Parasit Terkecil di Dunia, Kenali Lebih Lanjut
  • Aktivitas di Tempat Umum yang Bisa Tingkatkan Risiko Penularan Virus Corona

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

vitamincovid-19

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved