Cara Mengenali Ciri-ciri ASI Berkualitas Baik dan Sehat, Sudahkah Anda Tahu?


Ciri ASI berkualitas dapat dilihat dari fisik air susu itu sendiri dan tumbuh kembang bayi. Jika ASI Anda tidak memenuhi tanda yang disebutkan, tingkatkan kualitasnya dengan cara ini.

(0)
15 Apr 2020|Armita Rahardini
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri ASI berkualitas baik akan tampak dari bayi yang sehatCiri ASI berkualitas salah satunya adalah mampu mencukupi kebutuhan susu bayi
Ciri-ciri ASI berkualitas baik adalah ASI yang mampu mencukupi energi serta nutrisi bayi dalam 6 bulan pertama. ASI juga semestinya bisa memenuhi hingga 50 persen kebutuhan nutrisi bayi selama 6 bulan kedua ketika ia mulai diberi makanan padat.Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan yang paling baik bagi bayi. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) ASI merupakan makanan yang aman, bersih, dan mengandung jenis antibodi yang akan membantu perkembangan imunitas tubuh bayi.Idealnya, ibu langsung memberikan ASI eksklusif dalam satu jam setelah kelahiran bayi hingga 6 bulan pertama kehidupannya, tanpa tambahan makanan maupun cairan lainnya.

Ciri ASI berkualitas baik dilihat dari tampilan air susu

ASI berkualitas dapat dilihat dari warna, bau, rasa, hingga dampaknya pada bayi. Berikut ciri-ciri ASI berkualitas baik yang bisa dilihat dari air susu Anda.

1. Warna ASI putih kekuningan

Kualitas ASI yang baik umumnya akan berwarna putih kekuningan atau putih pucat. Jika warna ASI Anda terlihat pink atau berwarna kemerahan, mungkin itu disebabkan karena puting mengalami luka. Untuk itu Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

2. Berbau seperti susu sapi

ASI yang sehat umumnya berbau seperti susu sapi. ASI yang telah dibekukan dan dicairkan mungkin akan berbau sedikit asam. Namun, jika bau ASI tampak berbau terlalu masam, mungkin itu artinya ASI sudah tidak sehat karena tidak disimpan dengan baik.

3. Terasa manis

ASI yang baik umumnya akan terasa manis seperti susu sapi pada umumnya. Namun, ASI akan terasa lebih lembut dan lebih manis dari susu sapi seperti layaknya susu almond.

Ciri ASI berkualitas baik dilihat dari perkembangan bayi

Saat Anda menyusui, memang sulit untuk secara langsung mengetahui apakah air susu yang dihasilkan berkualitas baik atau tidak. Anda juga tidak mungkin melakukan uji kandungan nutrisi ASI secara langsung.Meski begitu, ada cara mudah lainnya untuk tetap menilai kualitas ASI. Ciri ASI berkualitas baik dapat dilihat dari tumbuh kembang dan pola menyusu buah hati Anda.Untuk mengetahui Anda memenuhi ciri-ciri ASI berkualitas baik atau belum, perhatikan poin-poin di bawah ini:

1. Berat badan bayi naik dengan stabil

Kenaikan berat badan bayi yang stabil dan sesuai grafik pertumbuhan menandakan bahwa bayi mendapatkan ASI yang berkualitas dengan nutrisi yang cukup. Banyak bayi yang mengalami penurunan berat badan pada beberapa hari pascakelahiran. Jangan panik karena hal ini tergolong normal. Biasanya, berat badan Si Kecil akan naik dalam waktu satu hingga dua minggu. Rutinlah menimbang berat badan bayi pada tiap kunjungan ke dokter atau posyandu untuk imunisasi.

2. Volume ASI cukup memenuhi kebutuhan bayi

Sebagian besar bayi baru lahir akan menyusu sebanyak 8-12 kali sehari, atau tiap dua jam sekali. Pada masa percepatan tumbuh kembang (growth spurt), si bayi mungkin akan menyusu dalam jumlah yang lebih banyak atau lebih sering.Produksi ASI Anda akan menyesuaikan kebutuhan bayi. Jika tubuh ibu mampu memproduksi ASI sesuai permintaan bayi, boleh diartikan bahwa ASI yang dihasilkan termasuk dalam ciri ASI berkualitas baik.Tidak perlu khawatir Anda kekurangan produksi ASI karena nafsu menyusu bayi yang meningkat. Percayalah bahwa tubuh sang ibu mampu memproduksi ASI sebanyak permintaan bayi.

3. Pencernaan bayi berjalan baik

Sejak dilahirkan hingga lima hari pertamanya, frekuensi buang air kecil bayi akan meningkat setiap hari. Sejak hari keenam sampai enam bulan, bayi biasanya akan butuh ganti popok sekitar 5-6 kali sehari karena buang air kecil maupun buang air besar.

Kandungan nutrisi dalam ASI berkualitas

Untuk membantu tumbuh kembang bayi berjalan ideal, ASI yang baik harus mengandung tinggi nutrisi yang meliputi:

1. Protein

ASI mengandung dua jenis protein, yaitu whey dan kasein, dengan perbandingan 60 persen protein whey dan 40 persen protein kasein.Perpaduan tersebut membuat protein ASI lebih mudah dicerna dan diserap oleh usus bayi. Sebaliknya, susu formula mengandung lebih banyak kasein, sehingga lebih sulit dicerna oleh usus Si Kecil.Selain whey dan kasein, beberapa jenis protein lain dalam ASI juga berfungsi membantu dalam membangun daya tahan tubuh bayi terhadap aneka penyakit. Contoh protein ini salah satunya adalah laktoferin, lisozime, faktor bifidus, dan sekretori IgA.

2. Lemak

ASI mengandung lemak esensial yang berfungsi mendukung perkembangan otak bayi, penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, serta menjadi sumber energi. Asam lemak rantai panjang dalam ASI sangat penting bagi pertumbuhan otak, penglihatan, dan sistem saraf bayi.

3. Vitamin

Kandungan vitamin dalam ASI berkaitan erat dengan kecukupan asupan vitamin sang ibu. Jadi setiap ibu menyusui harus mengonsumsi makanan dengan gizi yang cukup.Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mampu memberikan vitamin larut dalam lemak. Misalnya, vitamin A, D, E, dan K. Tapi jangan lupakan juga vitamin yang larut air, seperti vitamin B dan C.Jika Anda kurang yakin bisa memenuhi kebutuhan vitamin tersebut setiap hari, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter bisa memberikan suplemen vitamin yang Anda perlukan.

4. Karbohidrat

Jenis karbohidrat dalam ASI adalah laktosa. Tipe karbohidrat ini menyediakan kira-kira 40 persen kalori yang didapatkan bayi dari ASI.Laktosa berfungsi menurunkan jumlah bakteri jahat dan mempertahankan jumlah bakteri baik di dalam usus bayi. Dengan ini, penyerapan kalsium, fosfor, dan magnesium pun bisa terbantu.

Cara meningkatkan kualitas ASI

Hal utama yang harus diperhatikan guna mendapatkan ASI berkualitas adalah mengonsumsi makanan yang bergizi. Ibu menyusui harus memastikan asupan makanan yang dikonsumsi telah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, lemak, vitamin hingga mineral.Cara meningkatkan kualitas ASI juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak esensial AA dan DHA bisa didapatkan dari telur, minyak ikan, daging, sayur dan buah-buahan. Pada dasarnya, ciri ASI yang bagus dan berkualitas baik dapat dilihat dari bayi yang tampak kenyang setelah menyusu dan aktif ketika ia sedang terjaga. Jika Anda merasa curiga atau ragu mengenai pemberian ASI, konsultasikanlah dengan dokter atau konselor laktasi.
menyusuiasi eksklusif
WHO. https://www.who.int/health-topics/breastfeeding#tab=tab_1
Diakses pada 14 April 2020
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/first-year-of-life/whats-in-breastmilk/
Diakses pada 14 April 2020
Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breast-feeding/art-20045638
Diakses pada 14 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait