Cara Mengempeskan Gusi Bengkak secara Alami dan Medis

(0)
09 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gusi bengkak adalah salah satu gangguan kesehatan mulut yang dialami oleh banyak orang. Jika Anda termasuk salah satu penderitanya, jangan khawatir karena ada berbagai cara mengempeskan gusi bengkak yang dapat dilakukan secara medis atau dengan bahan-bahan alami.Penyebab gusi bengkak umumnya adalah gingivitis, yaitu infeksi dan peradangan pada jaringan lunak di sekitar gigi karena adanya penumpukan bakteri. Jika kondisi ini dibiarkan maka dapat menyebabkan infeksi lebih parah seperti periodontitis, yang menyebabkan gigi tanggal dan kerusakan tulang penyangga gigi.

Cara mengempeskan gusi bengkak secara alami

Gusi bengkak perlu segera diatasi supaya mencegah kondisi gusi semakin parah. Berikut adalah beberapa cara mengempeskan gusi bengkak secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Air garam

Air garam dapat berfungsi sebagai antibakteri dan mampu meredakan peradangan pada gusi. Sebaiknya Anda menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih baik.Cara mengempeskan gusi bengkak dengan air garam adalah dengan berkumur-kumur menggunakan air ini selama 30 detik sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

2. Kompres hangat dan dingin

Cara mengempeskan gusi bengkak selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres hangat dan dingin. Gunakan kompres hangat dan dingin secara bergantian setiap 5 menit sebanyak 2-3 kali.Kompres area wajah atau pipi yang dekat dengan lokasi terjadinya gusi bengkak. Cara ini dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari selama 3 hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

3. Obat kumur lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai cara mengempeskan gusi bengkak. Anda bisa menggunakan obat kumur lidah buaya untuk mengatasi berbagai keluhan gigi dan mulut, seperti gingivitis, sariawan, dan iritasi mulut lainnya.Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan obat kumur lidah buaya dua kali sehari setiap selesai menggosok gigi.

4. Minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial juga bermanfaat sebagai cara mengempeskan gusi bengkak. Anda bisa menggunakan minyak pepermint dan minyak pohon teh (tea tree oil).Caranya pun sangat mudah. Cukup campurkan tiga tetes minyak esensial pada 250 ml air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur selama 30 detik. Lakukan sebanyak 2 kali sehari hingga gusi yang bengkak mengempes.

5. Gel atau ekstrak kunyit

Kunyit juga dapat memberikan manfaat sebagai cara mengempeskan gusi bengkak karena memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Anda dapat menggunakan gel kunyit yang diaplikasikan langsung pada gusi bengkak.Jika kesulitan mendapatkan gel kunyit, Anda dapat menggunakan bubuk ekstrak kunyit. Cukup larutkan ¼ sendok teh ekstrak kunyit dengan air hingga membentuk pasta. Setelah itu, oleskan pasta pada gusi.Biarkan gel atau pasta menempel selama 10 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat. Lakukan cara mengempeskan gusi bengkak ini sebanyak 2 kali sehari hingga bengkak mereda.

6. Teh hitam celup

Teh hitam celup mengandung tanin yang bermanfaat meredakan peradangan. Cukup didihkan sekantong teh hitam celup selama 3 menit, lalu diamkan hingga dingin.Tempelkan kantong teh celup pada area wajah di dekat gusi yang bermasalah selama 10 menit. Jangan lupa untuk berkumur dengan air hangat.

Cara mengempeskan gusi bengkak secara medis

Perawatan saluran akar gigi untuk gusi bengkak
Scaling gigi dapat mengatasi masalah penyebab gusi bengkak
Apabila berbagai cara mengempeskan gusi bengkak secara alami tidak mampu mengatasi masalah yang Anda alami, segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan secara medis.Sebelum melakukan penanganan, dokter akan melakukan pemeriksaan terkait kondisi gusi bengkak untuk memastikan apakah masih tergolong ringan atau sudah parah.Dokter mungkin akan meresepkan obat pereda rasa sakit, misalnya ibuprofen, untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan oleh gusi bengkak.Beberapa perawatan juga dapat dilakukan berdasarkan kasusnya, seperti:
  • Dokter mungkin memberikan obat kumur antiseptik, pasta gigi, atau salep sebagai cara mengempeskan gusi bengkak.
  • Tindakan scaling gigi atau root planing mungkin juga dilakukan untuk membuang plak dan karang gigi yang sering menjadi sumber masalah gusi.
  • Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik jika gusi bengkak disebabkan oleh abses gigi.
  • Insisi dan drainase juga dapat jadi pilihan sebagai cara mengempeskan gusi bengkak jika terdapat nanah yang terinfeksi.
  • Jika bakteri telah menginfeksi akar, tindakan perawatan saluran akar gigi (root canal) akan dilakukan untuk membersihkan bakteri dari akar gigi.
  • Mencabut gigi akan menjadi pilihan terakhir jika gigi sudah tidak dapat diselamatkan lagi dan menyebabkan peradangan berulang sekaligus pembengkakan parah.
Saat menjalani berbagai cara mengempeskan gusi bengkak di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan gusi dengan baik. Selain itu, hindari juga hal-hal yang memperparah iritasi, seperti rokok, minuman beralkohol, atau gula.Segera konsultasikan kepada dokter gigi jika Anda mengalami gusi berdarah, demam, sulit menelan dan membuka mulut, sariawan yang bertahan lebih dari satu minggu, serta bengkak pada leher, mulut, dan wajah.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan gusi dan gigi, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan gigikesehatan mulutradang gusi
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-swollen-gums
Diakses 27 Januari 2021
Preferred Dental Care San Rafael. https://www.preferreddentalcaresanrafael.com/gum-swelling-treatment-by-home-remedies-and-professional-care/
Diakses 27 Januari 2021
Palencia Dental. https://www.palenciadental.com/blog/can-aloe-vera-treat-gum-disease/
Diakses 27 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326016
Diakses 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait