10 Cara Mengeluarkan Batu Ginjal Secara Alami


Terdapat berbagai cara untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami yang sudah didukung oleh penelitian, mulai dari mengonsumsi jus lemon, jus daun basil, hingga cuka apel. Sebelum mencobanya, kenali dulu penjelasan ilmiahnya berikut ini.

(0)
25 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mengonsumsi jus seledri dipercaya bisa menjadi cara mengeluarkan batu ginjal secara alami.Jus seledri adalah satu bahan alami yang digunakan sebagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami.
Ada banyak cara untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah, mulai dari mengonsumsi jus daun basil, jus lemon, hingga cuka apel. Berbagai bahan alami ini mengandung komponen yang dapat menghancurkan atau mencegah batu ginjal agar tidak terbentuk. Namun perlu diingat bahwa cara ini bukan berarti bisa menggantikan terapi yang diberikan oleh dokter.

10 cara mengeluarkan batu ginjal secara alami

Batu ginjal dapat muncul di salah satu atau kedua ginjal. Umumnya, penyakit ini diderita oleh mereka yang berusia 30-60 tahun. Selain di ginjal, batu ini juga bisa ditemukan di urter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih). Batu ginjal dapat menimbulkan rasa nyeri dan berbagai komplikasi jika tidak segera ditangani.Maka dari itu, mari kita kenali berbagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami berikut ini.

1. Air putih

Minum air putih lebih teratur dianggap sebagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami
Air putih berperan penting dalam proses penyembuhan batu ginjal
Meminum air putih lebih banyak dari biasanya adalah cara efektif untuk mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh. Kalau biasanya Anda disarankan untuk meminum 8 gelas air putih per hari, Anda bisa menambah porsinya menjadi 12 gelas per hari.Jika batu ginjal sudah berhasil dikeluarkan, sebaiknya Anda tetap minum air putih secara teratur. Alasannya, dehidrasi (tubuh kekurangan cairan) adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan munculnya batu ginjal.

2. Jus lemon

Anda bisa memeras lemon dan minum airnya untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami. Meskipun asam, ternyata air perasan lemon mengandung asam sitrat yang menurut studi dapat menghancurkan batu ginjal berukuran kecil. Batu ginjal yang telah hancur akan semakin mudah dikeluarkan.Ditambah lagi, air perasan lemon mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi dan bisa mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

3. Jus daun basil

Sama seperti air perasan lemon, jus daun basil memiliki komponen bernama asam asetat yang bisa menghancurkan batu ginjal dan mengurangi rasa nyeri yang disebabkannya. Lebih dari itu, jus ini juga mengandung senyawa antioksidan dan antiradang yang bisa menjaga kesehatan ginjal.Gunakan daun daun basil segar atau yang sudah dikeringkan untuk dijadikan teh. Selain itu, Anda juga boleh memasukkan daun  basil segar ke dalam blender dan menjadikannya jus.Ingat, jangan pernah mengonsumsi jus daun basil lebih dari enam minggu karena bisa menimbulkan efek samping, seperti gula darah rendah, tekanan darah rendah, hingga memperparah perdarahan.

4. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam sitrat yang bisa menghancurkan batu ginjal. Sebuah studi yang melibatkan 9 ribu partisipan membuktikan, mereka yang mengonsumsi cuka apel mengalami penurunan risiko terbentuknya batu ginjal.Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keampuhan cuka apel sebagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami.

5. Menjaga berat badan ideal

Menurut sebuah riset yang melibatkan 146 pasien batu ginjal, 43,8 persen dari mereka memiliki berat badan berlebih (obesitas). Para peneliti percaya bahwa obesitas menjadi salah satu faktor terbentuknya batu ginjal.Pasalnya, obesitas akan meningkatkan risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi. Kedua kondisi medis ini diyakini bisa menyebabkan munculnya batu ginjal. Obesitas dapat dicegah dengan menjaga berat badan ideal lewat berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

6. Hindari minuman berkafein dan bergula

Minuman yang mengandung gula, kafein, dan alkohol dipercaya dapat meningkatkan risiko batu ginjal.Sebuah penelitian bahkan membuktikan kalau minuman berkafein dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Di samping itu, minuman dengan pemanis buatan juga bisa mengakibatkan masalah yang sama.Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi atau menghindari segala minuman yang mengandung tinggi kafein, gula, dan alkohol.

7. Jus seledri

Jus seledri dianggap bisa mengeluarkan racun yang sering kali menyebabkan munculnya batu ginjal. Pada pengobatan tradisional, jus ini dipercaya sebagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami yang efektif. Jus seledri juga bisa membantu tubuh mengeluarkan cairan berlebih sehingga batu ginjal dapat dikeluarkan.Akan tetapi, jangan pernah mengonsumsi jus seledri jika Anda mengidap gangguan perdarahan, tekanan darah rendah, dan akan menjalani operasi. Selain itu, jangan pernah minum jus ini jika Anda sedang mengonsumsi obat levothyroxine, lithium, isotretinoin, hingga obat penenang seperti alprazolam.

8. Kaldu kacang merah

Mengonsumsi kaldu kacang merah dipercaya sebagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami
Cobalah konsumsi kaldu kacang merah untuk mengeluarkan batu ginjal
Mengonsumsi kaldu kacang merah dapat menjadi cara mengeluarkan batu ginjal secara alami. Masyarakat India percaya kalau kaldu kacang merah dapat menjaga kesehatan saluran kemih dan ginjal.Berdasarkan sebuah studi, kaldu kacang merah juga diyakini dapat menghancurkan batu ginjal dan membuatnya keluar dari tubuh.

9. Jus akar dandelion

Jus akar dandelion dipercaya dapat memproduksi cairan empedu dan membantu tubuh mengeluarkan limbah, meningkatkan produksi urine, dan menyehatkan sistem pencernaan. Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa jus akar dandelion dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.Meski demikian, hindari konsumsi jus akar dandelion jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, antasida, antibiotik, lithium, dan diuretik. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminum jus akar dandelion karena berpotensi mengganggu kinerja obat di dalam tubuh.

10. Jus rumput gandum

Jus rumput gandum mengandung nutrisi tinggi dan dapat membantu tubuh meningkatkan aliran urine sehingga batu ginjal bisa dikeluarkan. Jus ini juga memiliki berbagai nutrisi yang bisa menyehatkan ginjal.Sebelum mengonsumsinya, ada baiknya Anda makan terlebih dahulu karena minuman ini dapat meningkatkan risiko diare, sembelit, dan menurunkan nafsu makan jika dikonsumsi saat perut kosong.

Catatan dari SehatQ:

Meski bermanfaat, berbagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami di atas tidak dapat dijadikan pengobatan utama karena keampuhannya belum terbukti sepenuhnya. Konsultasikan masalah batu ginjal Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Jika Anda ingin mencoba berbagai bahan alami untuk mengobati batu ginjal, ada baiknya bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
penyakitbatu ginjalpenyakit ginjalmakanan sehathidup sehat
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/kidney-stones/
Diakses pada 11 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/kidney-health/home-remedies-for-kidney-stones#water
Diakses pada 11 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319418#home-remedies
Diakses pada 11 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait