logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

13 Cara Mengecilkan Pipi Tembam Baik Alami hingga Prosedur Medis

open-summary

Cara mengecilkan pipi tembam agar tirus antara lain dengan melakukan senam wajah, olahraga, dan pakai make up, maupun tindakan medis tertentu. Senam wajah bisa mengencangkan otot wajah yang kendur sehingga membuat pipi menjadi lebih tirus.


close-summary

8 Sep 2022

| Yanita Nur Indah Sari

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara mengecilkan pipi dengan melakukan senam wajah

Cara mengecilkan pipi salah satunya dengan melakukan senam wajah

Table of Content

  • Cara meniruskan pipi secara alami
  • Cara mengecilkan pipi tembam agar tirus melalui prosedur medis
  • Seberapa efektif cara mengecilkan pipi di atas?
  • Cara mencegah pipi tembam
  • Catatan dari SehatQ

Pipi tembam memang dapat memberi kesan menggemaskan serta muda dan imut. Namun, sebagian orang ada yang tidak suka memiliki pipi yang terlihat besar, karena dianggap membuat penampilan terlihat gemuk. Kondisi ini yang membuat seseorang merasa kurang pede sehingga ingin coba cara mengecilkan pipi. 

Advertisement

Nah, bagi Anda yang merasa kurang percaya diri dengan pipi tembam, tak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara meniruskan pipi tembam yang bisa Anda lakukan, baik secara alami maupun tindakan medis

Cara meniruskan pipi secara alami

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab pipi tembam. Misalnya, faktor genetik, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang tidur, stres, hingga penumpukan cairan tubuh akibat penyakit tertentu (edema).

Cara alami meniruskan pipi sebenarnya bukanlah hal yang tidak mungkin. Kendati demikian, langkah ini membutuhkan proses yang lebih lama alias tidak instan. Anda harus melakukannya secara konsisten guna mendapatkan hasil yang lebih efektif. 

Berikut adalah cara mengecilkan pipi agar tirus dengan mudah yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Melakukan senam wajah

Senam wajah efektif sebagai cara mengecilkan pipi
Cara mengecilkan pipi secara alami adalah dengan senam wajah

Salah satu cara mengecilkan pipi tembam agar tirus secara alami adalah dengan senam wajah. Melakukan senam wajah secara rutin dapat mengencangkan otot-otot wajah sehingga diyakini dapat membuat pipi tirus. Anda bisa melakukannya setiap 15 menit. 

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Aesthetic Surgery Journal mengungkapkan, senam wajah pada wanita yang dilakukan 2 kali sehari selama 30 detik dalam 8 minggu berturut-turut dapat membantu mengurangi penebalan lemak dan peremajaan di wajah. 

Dengan demikian, ini akan berdampak pada pipi tirus dan awet muda.

Ada berbagai jenis senam wajah yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengecilkan pipi agar tirus, yakni:

  • Wajah ikan. Cara mengecilkan pipi secara alami ini dilakukan dengan mengempotkan kedua pipi Anda ke dalam mulut. Langkah ini dianggap dapat membuat kulit kendur.
  • Menggembungkan pipi. Cara ini dilakukan dengan mengisi mulut dengan udara lalu menekan udara ke pipi kanan, pipi kiri, bibir atas, dan dagu.
  • Latihan senyum. Anda cukup senyum selebar mungkin dengan bibir terkatup selama beberapa detik sebagai cara mengecilkan pipi secara alami. Jika dilakukan sesering mungkin, dapat membuat kulit kendur. 

2. Rutin olahraga

ika Anda ingin mengurangi lemak di wajah,maka salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga. 

Langkah ini bertujuan agar makanan yang Anda konsumsi masuk ke dalam tubuh menjadi otot bukannya lemak yang nantinya bisa menumpuk di berbagai bagian tubuh, termasuk pipi.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa melakukan olahraga kardio efektif dalam membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Contoh olahraga kardio adalah berjalan kaki, lari, bersepeda, atau renang.

Anda bisa melakukan olahraga kardio dengan skala sedang hingga berat sebanyak 150-300 menit  per minggu atau rata-rata 20-40 menit tiap hari.

Semakin rutin berolahraga, maka semakin cepat pula penurunan berat badan sehingga mampu mengecilkan pipi tembam Anda menjadi tirus.

3. Hindari mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan

Pola makan yang banyak mengonsumsi karbohidrat olahan, seperti cookies, kue, sereal, dan pasta, dapat menyebabkan berat badan bertambah sehingga membuat wajah terlihat tembam.

Ini karena jenis karbohidrat tersebut telah banyak melalui pemrosesan sehingga melepaskan nutrisi dan serat bermanfaat yang terkandung di dalamnya. Akibatnya, yang tersisa hanyalah gula dan kalori.

Ketika makanan mengandung sedikit serat, maka proses pencernaanya akan lebih cepat dan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Dengan begitu, keinginan makan terus-menerus pun semakin tinggi.

Jadi, mengurangi asupan karbohidrat olahan diangap cara alami meniruskan pipi yang efektif.

4. Hindari mengonsumsi makanan tinggi garam

Cara mengecilkan pipi juga bisa dilakukan dengan menjalani pola makan sehat, yaitu mengurangi konsumsi gula dan garam berlebihan. 

Kelebihan asupan natrium dapat meningkatkan cairan yang ditahan dalam tubuh sehingga membuat beberapa bagian tubuh, termasuk wajah, menjadi bengkak.

Oleh sebab itu, cobalah untuk mengurangi makanan tinggi garam yaitu tidak lebih dari 1 sendok teh per hari untuk mengurangi risiko pipi tembam agar menjadi lebih tirus.

5. Minum air putih yang banyak

Cara mengecilkan pipi yang efektif adalah dengan banyak minum air puith
Banyak minum air putih adalah cara efektif mengecilkan pipi

Selain dapat mencegah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi, menghidrasi tubuh dengan minum air putih dapat membantu mengecilkan pipi tembam. Tidak percaya?

Sebuah hasil studi dalam Journal of The Academy of Nutrition and Dietetics yang dilakukan pada orang dewasa tua menunjukkan, minum banyak air putih saat sarapan di pagi hari dapat membantu mengurangi asupan kalori sebesar 13%.

6. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga menjadi salah satu cara alami mengecilkan pipi yang bisa dicoba. Sebuah hasil penelitian dalam jurnal Sleep menyebutkan, ada hubungan antara jumlah jam tidur di malam hari dengan peningkatan berat badan.

Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol, yaitu hormon yang dapat merangsang nafsu makan sehingga meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

Maka dari itu, upayakan untuk tidur cukup setiap hari, minimal 8 jam, agar berat badan dapat terkontrol dengan baik sebagai salah satu cara mengecilkan pipi tembam agar tirus.

7. Hindari stres

Kondisi stres dapat menyebabkan Anda menjadi sulit tidur dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kedua hal tersebut dapat memicu peningkatan berat badan.

Alih-alih mengonsumsi makanan yang tidak sehat sebagai pelampiasan stres, cobalah untuk melakukan olahraga. 

Sejumlah penelitian mengemukakan bahwa olahraga menjadi metode yang terbukti dapat membantu mengurangi stres sehingga Anda merasa lebih rileks.

8. Ubah potongan rambut

Bentuk wajah yang terlihat tembam bisa jadi disebabkan oleh potongan rambut yang kurang tepat. 

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencari atau menemui penata rambut profesional guna mengetahui potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

9. Samarkan dengan make up

Saat ini, teknik merias wajah sudah semakin berkembang luas. Berbagai alat dan produk make up bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan kontur pada pipi menjadi tampak lebih tirus. 

Anda bisa menggunakan teknik contouring dan highlighting untuk membentuk wajah menjadi lebih tirus sekaligus menonjolkan garis rahang dan hidung. 

Jika dilakukan dengan tepat, riasan wajah ini bisa diandalkan sebagai cara alami meniruskan pipi tembam yang efektif.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Hidung yang Aman

Cara mengecilkan pipi tembam agar tirus melalui prosedur medis

Dokter melakukan cara mengecilkan pipi pada pasien
Cara mengecilkan pipi oleh dokter salah satunya adalah sedot lemak

Meski ada berbagai cara mengecilkan pipi tembam secara alami, nyatanya tak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan sebagai cara mengecilkanpipi.

Pasalnya, dalam beberapa kasus, prosedur medis dapat membuahkan hasil yang lebih cepat dan sesuai yang diinginkan dibandingkan cara alami.

Berikut adalah beberapa pilihan tindakan medis yang bertujuan untuk mengecilkan pipi tembam agar tirus.

1. Sedot lemak atau liposuction

Salah satu cara mengecilkan pipi melalui prosedur medis adalah dengan melakukan sedot lemak.

Sedot lemak atau dikenal dengan istilah liposuction adalah tindakan bedah yang dilakukan dengan menyedot lemak di wajah, termasuk pada bagian pipi. 

Dokter akan menyuntikkan bius lokal pada area pipi tertentu, lalu lemak berlebih di pipi akan disedot keluar.

Operasi plastik ini cukup menjanjikan karena dapat mewujudkan harapan Anda memiliki pipi tirus dengan cepat. 

Akan tetapi, proses sedot lemak dapat menimbulkan berbagai efek samping berupa infeksi, bekas luka ringan, emboli, risiko terjadi jaringan parut atau keloid, hingga pembengkakan alias edema.

2. Face lift

Cara meniruskan pipi melalui prosedur medis lainnya adalah dengan face lift. Face lift adalah cara mengecilkan pipi tembam dan tampak awet muda secara instan.

Prosedur ini dilakukan dengan cara mengeluarkan kelebihan kulit dan jaringan lemak di sekitar leher dan garis rahang. 

Alhasil, garis rahang akan tampak lebih tegas sehingga bentuk wajah Anda secara keseluruhan menjadi lebih tirus.

Meski demikian, prosedur ini dapat menimbulkan lebih banyak trauma bedah dibandingkan sedot lemak. 

Selain itu, risiko komplikasi prosedur ini pun cenderung lebih tinggi sehingga menyebabkan proses pemulihan menjadi lebih lama.

3. Ultrasound

Prosedur ultrasound tidak hanya dilakukan untuk mendiagnosis berbagai penyakit. 

Tindakan medis ini nyatanya juga dapat dilakukan sebagai cara meniruskan pipi. Bagaimana prosesnya?

Ultrasound untuk perawatan kecantikan adalah prosedur yang menggunakan gelombang suara untuk mencairkan timbunan lemak di wajah. 

Lemak tersebut akan dibuang secara alami oleh tubuh Anda atau bisa pula disedot ke luar melalui sayatan kecil.

Dengan demikian, wajah Anda akan terlihat lebih tirus dan tampak awet muda.

4. Tanam benang

Salah satu prosedur yang dianggap efektif sebagai cara mengecilkan pipi adalah tanam benang. Prosedur ini diklaim mampu mengencangkan otot di wajah, terutama di area rahang, garis alis, area bawah mata, dahi, dan pipi. Tak hanya wajah, prosedur ini juga bisa dilakukan untuk mengencangkan payudara.

Tanam benang merupakan prosedur medis dalam dunia kecantikan tanpa tindakan operasi. Anda hanya akan dibius lokal di area wajah untuk memasukkan benang medis dan menarik wajah ke atas dengan cara mengencangkan benang.

Hasil tanam benang tidak permanen, tapi bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Prosedur ini juga membutuhkan terapi atau perawatan tambahan lainnya. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Di Wajah Tanpa Ribet

Seberapa efektif cara mengecilkan pipi di atas?

Sebenarnya, Anda tidak bisa menghilangkan lemak di satu bagian saja (spot reduction), misalnya hanya menghilangkan lemak di pipi agar terlihat tirus. Namun, Anda bisa mengencangkan otot-otot di wajah secara alami dengan beberapa cara, yaitu:

  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Memperlambat penuaan
  • Memperbaiki penampilan atau berat badan secara keseluruhan

Jadi, untuk menghilangkan lemak di wajah, Anda perlu fokus pada penurunan berat badan yang sehat secara keseluruhan. Tetaplah fokus menjaga pola makan atau diet dan rutin olahraga seperti kardio atau strength training. 

Beberapa cara alami mengecilkan pipi atau meniruskan wajah di atas sebenarnya bertujuan untuk mengencangkan otot, memperbaiki penampilan dan berat badan, serta memperlambat penuaan. Dengan begitu, tampilan wajah Anda pun akan terlihat lebih kencang dan segar.   

Cara mencegah pipi tembam

Cara terbaik mencegah pipi tembam atau lemak di wajah adalah dengan menjaga berat badan yang sehat. Ini bisa Anda dapatkan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Berikut ini beberapa cara mempertahankan berat badan sehat yang bisa Anda terapkan:

  • Aktif bergerak, hindari sedentary lifestyle
  • Rutin berolahraga, terutama latihan kardio dan strength training
  • Makan makanan bergizi seimbang, seperti protein tanpa lemak,buah dan sayur
  • Batasi konsumsi makanan olahan atau siap saji
  • Minum air putih yang cukup, hindari minuman manis, bersoda, jus, atau minuman berenergi
  • Batasi konsumsi garam, gula, dan minyak

Baca Juga

  • Dari Olahraga Hingga Operasi, Inilah Cara Menghilangkan Lemak di Dagu
  • 10 Manfaat Kopi untuk Wajah Serta Cara Membuat Maskernya
  • 4 Cara Mudah Mengurangi Lemak Perut

Catatan dari SehatQ

Pipi tembam sebenarnya bukan masalah yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda merasa terganggu dengan kondisi ini dan tidak suka memiliki pipi tembam karena dianggap terlihat gemuk, tak ada salahnya untuk mencoba cara alami meniruskan pipi tembam.

Jika Anda ingin melakukan prosedur medis sebagai cara meniruskan pipi tembam secara instan dengan operasi plastik, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit atau dokter bedah plastik sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mengecilkan pipi tembam.

Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips dietmenurunkan berat badankegemukanperawatan wajah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved