Cara Mengecilkan Perut dengan Jeruk Nipis, Benarkah Efektif?

(0)
19 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis bisa dengan mudah diikutiCara mengecilkan perut dengan jeruk nipis mudah untuk dilakukan
Untuk memiliki perut rata, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara yang saat ini banyak diminati adalah dengan minum air perasan jeruk nipis. Pertanyaannya, benarkah cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis ini efektif?Jeruk nipis memang buah yang terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun, sebelum mencobanya sebagai cara untuk mengecilkan perut, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis

Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis bisa diminum saat pagi hari kala perut kosong
Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis adalah minum air perasaannya
Hingga saat ini, memang belum ada penelitian yang mendasari teori cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak menggunakan jeruk nipis sebagai satu-satunya cara untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.Meski begitu, minum air perasan jeruk nipis tidaklah buruk untuk kesehatan. Air perasannya adalah asupan yang rendah kalori, sehingga bisa membantu Anda mengisi perut tanpa harus takut gemuk. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jeruk nipis juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori di tubuh akan berlangsung lebih cepat. Di saat yang sama, tubuh juga akan menyimpan lebih sedikit lemak.Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memasukkannya ke dalam menu harian. Berikut ini cara yang disebut berpotensi membantu menghilangkan tumpukan lemak di perut:
  • Minum air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur air hangat setiap pagi saat perut masih kosong
  • Isap potongan jeruk nipis setiap sebelum makan
Perlu diingat, cara di atas bukanlah satu-satunya cara untuk mengecilkan perut. Anda tetap disarankan untuk berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang bergizi jika ingin mendapatkan perut rata.Baca Juga: 20 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Risiko menggunakan jeruk nipis untuk mengecilkan perut

Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis, bahaya untuk orang maag
Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis bisa picu maag
Mengonsumsi air perasan jeruk nipis memang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun di balik itu, tetap ada risiko yang perlu Anda perhatikan, seperti berikut ini.

• Naiknya asam lambung

Untuk Anda yang punya riwayat maag atau GERD, sebaiknya berhati-hati jika ingin mencoba cara mengecilkan perut yang satu ini. Sebab, asam yang ada pada jeruk nipis bisa meningkatkan kadar asam lambung.Minum air perasan jeruk nipis untuk sebagian orang juga bisa memicu gejala gangguan lambung lain seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, dan sulit menelan.

• Gigi berlubang

Sifat asam yang ada pada jeruk nipis juga bisa meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang. Sebab, zat asam tersebut akan mengikis lapisan terluar gigi yang disebut enamel.

• Alergi

Beberapa orang memiliki alergi terhadap buah-buah sitrus seperti jeruk nipis. Jadi, pastikan Anda tidak memiliki alergi ini sebelum mencoba cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis.Saat alergi terjadi, gejala seperti bentol-bentol, bengkak di wajah, hingga sesak napas bisa terjadi.

Cara megecilkan perut secara alami lainnya

Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis juga perlu disertai dengan kebiasaan sehat makan sayur dan olahraga
Menambah asupan serat dan olahraga adalah cara mengecilkan perut yang alami
Selain dengan minum air perasan jeruk nipis, masih ada cara mengecilkan perut lain secara alami yang bisa Anda lakukan. Langkah-langkah di bawah ini bisa Anda coba demi mendapatkan perut rata sekaligus sehat.

1. Mengurangi konsumsi karbohidrat

Cara mengecilkan perut secara alami yang paling mudah dilakukan adalah mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan protein.Bahkan, menjalani diet rendah karbo dinilai lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet rendah lemak.

2. Menambah asupan makan serat

Serat akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan sekaligus memangkas lemak di perut. Serat bisa didapatkan dari banyak jenis sayur dan buah.

3. Berolahraga teratur

Olahraga teratur adalah salah satu cara mengecilkan perut secara alami yang paling penting untuk dilakukan. Jika Anda ingin mencoba metode jeruk nipis seperti di atas, hendaknya sertai juga dengan olahraga secara teratur.Lakukan latihan fisik selama 30-60 menit per harinya. Sesuaikan jenis olahraga dengan kemampuan. Jika belum terbiasa, pilih olahraga dengan intensitas ringan terlebih dahulu seperti jalan kaki atau jogging, sebelum beralih ke latihan yang lebih intens.

4. Membatasi konsumsi junk food

Makanan kemasan, cepat saji, gorengan, maupun makanan tidak sehat lainnya harus dihindari jika Anda ingin memiliki perut yang rata.Sebab, makanan-makanan tersebut mengandung banyak lemak jenuh, gula, dan garam. Ketiga komponen itu perlu dijauhi apabila Anda ingin menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut.

5. Tidur dengan cukup

Tahukah Anda, semakin sedikit waktu tidur maka ukuran perut bisa semakin membesar? Jadi, salah satu cara mengecilkan perut secara alami adalah dengan memastikan istirahat yang cukup.Idealnya, Anda disarankan untuk tidur selama 7-8 jam sehari. Orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari atau lebih dari 7 jam sehari, terbukti memiliki kenaikan tumpukan lemak perut lebih tinggi.

6. Meredakan stres

Saat Anda stres, maka jumlah hormon kortisol di tubuh pun akan meningkat. Hormon ini bisa memicu naiknya nafsu makan dan mengarahkan tubuh untuk menyimpan lemak di perut.Jadi, Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti yoga, meditasi, maupun metode relaksasi lain untuk membantu mengurangi ukuran lingkar perut.

7. Mengurangi minum manis

Minuman kemasan, seperti soda, teh manis, atau jus buah, banyak yang mengandung gula dalam bentuk fruktosa cair. Zat tersebut terbukti bisa memicu penumpukan lemat di perut.

8. Mengonsumsi cuka apel

Sebuah penelitian yang dilakukan pada beberapa pria yang mengalami obesitas, mengonsumsi cuka apel sebanyak 15 ml sehari selama 12 minggu, dapat menurunkan lingkar pinggang rata-rata sebanyak 1,4 cm.

9. Minum teh hijau

Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau, bisa membantu mempercepat terjadinya metabolisme di tubuh. Jadi dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda bisa merasakan perubahan pada tumpukan lemak di perut.Selain cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis, masih banyak cara alami lain yang bisa Anda coba.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar diet maupun nutrisi makanan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
jus jeruktips dietmakanan dietberat badan ideal
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/limes
Diakses pada 6 Oktober 2020
Liver Strong. https://www.livestrong.com/article/299222-does-drinking-lime-water-make-you-lose-weight/
Diakses pada 6 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/lime-water-benefits
Diakses pada 6 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322556
Diakses pada 6 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-tips-to-lose-belly-fat
Diakses pada 6 Oktober 2020
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/8-ways-to-lose-belly-fat-and-live-a-healthier-life
Diakses pada 6 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/the-truth-about-belly-fat#1
Diakses pada 6 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait