Cara Mengecilkan Paha Tanpa Olahraga untuk Dapatkan Kaki Indah


Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah dengan mengurangi konsumsi garam, membatasi karbohidrat, tidur yang cukup, dan meredakan stres. Anda juga bisa melakukan operasi seperti sedot lemak dan operasi pengencangan paha.

(0)
23 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengecilkan paha tanpa olahraga bisa dengan defisit kaloriCara mengecilkan paha tanpa olahraga kuncinya adalah menjalani gaya hidup sehat
Cara mengecilkan paha tanpa olahraga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan, mengurangi asupan kalori, membatasi konsumsi garam, hingga membiasakan banyak minum air putih. Selain itu, Anda juga bisa menjalani prosedur kecantikan untuk memangkas lemak di paha oleh dokter ahli.Meski begitu, Anda juga perlu ingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tahan lama, olahraga pada akhirnya tetap disarankan untuk dilakukan.

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga sebagian besar bertumpu pada usaha-usaha untuk membuat pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Dengan begitu, lemak yang menumpuk di area paha bisa terbakar dan lama kelamaan, ukuran paha akan mengecil.Berikut ini, beberapa cara mengecilkan paha tanpa olahraga yang dapat Anda coba.
Cara mengecilkan paha tanpa olahraga kuncinya di mengurangi kalori
Mengurangi asupan kalori bisa membantu mengecilkan paha tanpa olahraga

1. Mengurangi asupan kalori

Kunci dari mengurangi tumpukan lemak di paha adalah dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan defisit kalori. Artinya, jumlah kalori yang dibakar harus melebihi kalori yang masuk ke tubuh.Untuk mengurangi asupan kalori, Anda bisa mengubah jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari menjadi lebih sehat. Batasi makan gorengan dan junk food. Sebaliknya, perbanyak konsumsi sayur dan buah.Meski begitu, Anda perlu ingat bahwa kalori tetaplah dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Sehingga jangan sampai Anda tidak makan sama sekali. Anda masih membutuhkan nutrisi dan gizi agar fungsi-fungsi tubuh bisa tetap berjalan.Kaum perempuan, disarankan untuk tidak membatasi asupan kalori hingga di bawah 1.200 kalori per hari. Sementara untuk pria, konsumsilah paling sedikit 1.800 kalori per hari.

2. Memperbanyak konsumsi protein

Memperbanyak konsumsi protein sebagai pengganti lemak dan karbohidrat, merupakan salah satu cara mengecilkan paha tanpa olahraga yang cukup efektif.Pasalnya, tubuh memerlukan waktu cukup lama untuk mencerna protein. Sehingga saat mengonsumsi lebih banyak protein, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan di saat yang bersamaan, jumlah kalori yang masuk ke tubuh pun berkurang.Pilihlah makanan sumber protein yang sehat, seperti telur rebus, dada ayam, ikan, tahu dan tempe sebagai menu utama di piring Anda.

3. Mengurangi konsumsi garam

Terlalu banyak makan garam membuat tubuh menyimpan kelebihan air yang seharusnya bisa dibuang. Hal inilah yang menyebabkan bagian-bagian tubuh termasuk paha, terlihat gemuk.Jadi untuk mengecilkan paha tanpa olahraga, salah satu tahap yang perlu Anda lakukan adalah memangkas konsumsi garam per hari. Ingat, garam tidak hanya terdapat pada makanan yang rasanya terlalu asin.Makanan kemasan, mi instan, hingga makanan cepat saji semuanya mengandung garam yang tinggi meski secara rasa tidak terasa terlalu asin.
Memperbanyak makan serat bisa membantu mengecilkan paha tanpa olahraga
Perbanyak makan serat agar ukuran paha semakin kecil

4. Memperbanyak asupan serat

Serat juga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan lingkar paha yang lebih kecil. Sama seperti protein, serat juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh. Hal ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.Bahkan, menambahkan 30 gram serat ke dalam asupan harian Anda dinilai sudah bisa memicu penurunan berat badan.Contoh makanan yang banyak mengandung serat antara lain sayur-sayuran, buah, gandum utuh, serta biji-bijian seperti quinoa.

5. Mengurangi asupan karbohidrat

Sebagai orang Indonesia, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Menu makan siang dengan nasi putih, ditambah lauk mi goreng dan sambal goreng kentang adalah hal yang biasa dilihat.Padahal, semua menu memiliki karbohidrat sebagai komponen utama. Karbohidrat memang dibutuhkan sebagai sumber energi. Namun kalau jumlahnya berlebihan, nutrisi tersebut akan tersimpan dalam bentuk air di tubuh.Semakin banyak Anda makan karbohidrat, akan semakin banyak juga air yang disimpan ditubuh dan akan membuat Anda semakin terlihat gemuk.Dengan menjalani pola makan rendah karbohidrat, maka berat badan bisa turun dan lingkar paha pun akan ikut mengecil.

6. Membatasi konsumsi alkohol

Jika ingin ukuran lingkar paha terus mengecil, jangan lupa untuk membatasi asupan alkohol. Pasalnya, alkohol termasuk salah satu minuman berkalori tinggi yang seringkali jadi penyebab naiknya berat badan.Baca Juga: Dibalik Bahayanya, Ada Sederet Manfaat Minum Alkohol yang Bisa Didapat

7. Melakukan cara untuk meredakan stres

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga yang satu ini mungkin bagi banyak orang dianggap sedikit aneh. Namun, meningat salah satu kunci untuk mengurangi tumpukan lemak di paha adalah dengan mengurangi berat badan, maka meredakan stres tidak bisa dipisahkan dari tahapan ini.Saat stres, keseimbangan hormon di tubuh akan terganggu dan bagi beberapa orang, kondisi ini akan berujung pada meningkatnya nafsu makan dan kenaikan berat badan.Untuk mengurangi stres, Anda bisa melakukan meditasi, latihan pernapasan, maupun menjalani latihan relaksasi.
Cara mengecilkan paha tanpa olahraga adalah dengan istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup bisa bantu kecilkan ukuran paha

8. Istirahat yang cukup

Kurang tidur akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Sebab, tidur merupakan tahapan penting yang perlu dilalui agar keseimbangan hormon di tubuh tetap terjaga.Saat kita kurang tidur, hormon pengatur nafsu makan yang disebut ghrelin, produksinya akan meningkat. Sebaliknya produksi hormon yang menurunkan nafsu makan yaitu hormon leptin, akan berkurang.Hal inilah yang membuat kita cenderung mudah merasa lapar saat begadang dan bisa berujung pada naiknya berat badan. Jadi jika Anda ingin mengecilkan paha, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup yaitu 7-8 jam per hari.

9. Memilih sedot lemak

Selain menjalani gaya hidup yang sehat dan olahraga, menjalani prosedur medis juga dapat dilakukan untuk mengecilkan paha. Salah satu prosedur yang populer adalah operasi sedot lemak atau liposuction.Saat ini, sudah tersedia beberapa metode operasi sedot lemak. Apabila Anda tertarik melakukannya, berkonsultasilah ke dokter bedah plastik untuk mendapatkan penjelasan rinci mengenai prosedur ini. Dokter juga akan membantu memilih metode operasi yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

10. Menjalani operasi pengencangan paha

Operasi pengencangan paha atau thigh lift merupakan prosedur yang dilakukan untuk memotong dan menarik jaringan kulit berlebihan di paha, sekaligus menyedot lemak berlebih di dalamnya.Prosedur ini biasanya dilakukan untuk orang yang sebelumnya memiliki berat badan berlebih dan sudah berhasil menurunkannya secara drastis. Hal ini biasanya akan membuat jaringan kulit yang tersisa jadi terlihat seperti lipatan-lipatan yang kendur.Dengan memotong kelebihan jaringan kulit tersebut, paha akan kembali terlihat kencang, menyesuaikan dengan ukuran paha yang sudah mengecil.

Catatan dari SehatQ

Meski cara mengecilkan paha tanpa olahraga memang ada, tapi demi hasil yang maksimal, Anda tetap disarankan untuk melakukan latihan fisik dengan teratur. Olahraga seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, hingga naik-turun tangga bisa Anda pilih.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar diet maupun nutrisi makanan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan dietberat badan idealmenurunkan berat badan
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/how-to-lose-thigh-fat-4145065
Diakses pada 10 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327058
Diakses pada 10 November 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/486032-how-to-get-smaller-thighs-in-3-days/
Diakses pada 10 November 2020
Womens Health Mags. https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/a19919232/lose-thigh-fat/
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait