Cara mengecilkan lengan tangan dapat dilakukan untuk menghilangkan gelambir yang tidak diinginkan
Cara mengecilkan lengan tangan diperlukan untuk membasmi gelambir yang mengganggu

Anda mungkin adalah salah satu orang yang tiap pagi mengecek bentuk badan di depan cermin. Saat pengecekan rutin, salah satu anggota badan yang diperiksa adalah apakah gelambir-gelambir lemak pada bagian bawah lengan tangan sudah menghilang dan membuat lengan terlihat mengecil.

Lengan tangan yang terlihat kecil, kencang, dan berotot memberikan kesan atletis yang bagus untuk penampilan tubuh. Namun, terkadang terdapat kesulitan dalam cara mengecilkan lengan tangan yang membuat Anda cukup frustrasi.

Apakah ada cara untuk menghilangkan gelambir di lengan?

Apakah ada cara mengecilkan lengan tangan yang efektif?

Anda sering mendengarkan mengenai tips-tips atau latihan-latihan tertentu yang dijadikan cara mengecilkan lengan tangan. Namun, fakta tak dapat dipungkiri, cara mengecilkan lengan tangan yang efektif adalah dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Lengan tangan umumnya terlihat besar karena adanya lemak berlebih yang menumpuk di lengan. Oleh karenanya, Anda perlu membakar lemak berlebih dalam tubuh sebagai cara mengecilkan lengan tangan.

Perlu diketahui bahwa proses dari cara mengecilkan lengan tangan membutuhkan waktu dan tidak bisa diraih secara instan. Tiap orang memiliki durasi yang berbeda-beda dan tergantung dari genetiknya.

Ada yang membakar lemak lebih cepat di bagian perut dan ada pula yang lebih cepat membakar lemak di lengan tangan.

Anda bisa menurunkan kadar lemak tubuh dengan mengonsumi makanan di lebih rendah dari asupan kalori yang Anda butuhkan dan melakukan aktivitas yang dapat membakar lemak Anda, seperti dengan berolahraga.

Saat berolahraga, jangan hanya fokus pada olahraga kardio saja, tetapi lakukanlah juga olahraga yang dapat membentuk otot dan melatih kekuatan tubuh, seperti angkat beban.

Meningkatkan kadar otot juga dapat menjadi salah satu cara mengecilkan lengan tangan lainnya. Hal ini karena otot dapat menggantikan posisi lemak dan membuat lengan tangan terlihat lebih kecil.

Selain itu, otot dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat menambah kinerja tubuh dalam membakar lemak. Dengan kata lain, meningkatkan kadar otot dapat membuat Anda lebih mudah membakar lemak dalam tubuh.

4 Jenis latihan untuk mengecilkan lengan tangan

Sebenarnya, latihan-latihan cara mengecilkan lengan tangan yang berada di internet, buku, atau majalah berperan dalam membantu mengencangkan otot-otot lengan tangan yang dapat membentuk lengan agar terlihat lebih kecil.

Namun, cara mengecilkan lengan tangan tidak serta-merta dapat dilakukan hanya dengan melakukan latihan otot lengan tangan saja, karena kunci dari cara mengecilkan lengan tangan adalah dengan menurunkan kadar lemak tubuh secara keseluruhan.

Anda tetap harus mengombinasikan latihan-latihan cara mengecilkan lengan tangan dengan olahraga serta pola makan yang sehat dan imbang untuk mendapatkan lengan tangan yang kecil secara optimal.

Bila Anda ingin mengkombinasikan latihan-latihan cara mengecilkan lengan tangan ke dalam olahraga yang dilakukan, Anda bisa mencoba beberapa latihan-latihan cara mengecilkan lengan tangan dengan barbel atau dumbbells di bawah ini:

  • Hammer curls with dumbbells

Hammer curls with dumbbells adalah gerakan cara mengecilkan lengan tangan yang dilakukan sambil berdiri tegak selebar bahu dan lutut yang sedikit menekuk atau dalam posisi duduk dengan punggung yang tegak.

Pegang barbel dengan kondisi telapak tangan menghadap samping tubuh. Tekukkan siku dan angkat barbel sampai sejajar dengan bahu. Tetap biarkan barbel di samping Anda dan ulang gerakan tersebut beberapa kali. Gerakan ini bisa dilakukan pada satu ataupun dua lengan.

Gerakan triceps kickback with dumbbells
  • Triceps kickback with dumbbells

Posisi triceps kickback with dumbbells memerlukan flat bench atau kursi panjang yang datar. Pertama-tama, taruh lutut kanan dan tangan kiri pada flat bench dan biarkan punggung tetap datar.

Ambil barbel dengan tangan kanan dan juntaikan lengan ke bawah. Gerakkan siku kanan ke belakang sampai lengan kanan sejajar dengan lantai dan barbel berada di belakang Anda. Gerakan ini dilakukan dengan siku dan bukan bahu.

 Ulangi gerakan tersebut selama beberapa kali sebelum melakukan hal yang sama dengan lengan kiri Anda. Saat melakukan gerakan ini, jangan sampai bahu berpindah dan biarkan kepala dan punggung tetap lurus.

  • Standing biceps curl with dumbbells

Untuk melakukan gerakan cara mengecilkan lengan tangan ini, Anda perlu berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu dan lutut yang agak menekuk. Anda juga bisa melakukan gerakan ini pada posisi duduk dengan punggung yang tegak.

Ambil barbel dari bawah dengan telapak tangan menghadap atas, kemudian posisikan lengan di samping tubuh. Tekuk siku dan angkat barbel sampai sejajar dengan bahu dan arahkan barbel ke arah Anda. Setelahnya, ulangi gerakan beberapa kali. Anda bisa melakukan gerakan ini dengan satu lengan atau langsung dua lengan sekaligus.

Gerakan lying triceps extension with dumbbells
  • Lying triceps extension with dumbbells

Gerakan cara mengecilkan lengan tangan yang satu ini perlu dilakukan dengan flat bench atau bisa menggunakan kursi panjang yang datar. Berbaringlah pada flat bench dan bawa barbel ke arah dada, kemudian angkat barbel ke atas dengan telapak tangan menghadap samping.

Setelahnya, turunkan barbel ke arah dahi dengan cara menekuk siku sampai membentuk sudut 90 derajat. Jangan biarkan siku goyang dan tahan posisi tersebut. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

Catatan dari SehatQ

Cara mengecilkan lengan tangan yang efektif adalah dengan mengkombinasikan olahraga kardio dan latihan otot, pola makan sehat yang imbang dan teratur, serta mengonsumsi makanan di bawah asupan kalori harian sampai berat badan ideal tercapai.

Bila Anda bingung dalam melakukan gerakan-gerakan di atas, Anda dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai gerakan cara mengecilkan lengan tangan di internet atau berkonsultasi dengan personal trainer atau olahragawan.

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/488398-how-to-make-your-arms-smaller-faster/
Diakses pada 14 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/tightening-and-toning-arms#3
Diakses pada 14 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed