Cara Mengecilkan Hidung, Ingin yang Permanen Atau Eksperimen Makeup?


Jika Anda merasa kurang percaya karena hidung besar, ada dua cara mengecilkan hidung yang bisa dicoba. Pertama dengan make up, kedua dengan operasi.

(0)
28 Jan 2021|Azelia Trifiana
Make up bisa jadi cara praktis untuk membuat hidung terlihat kecilMake up bisa jadi cara praktis untuk membuat hidung terlihat kecil
Di masa Cleopatra, hidung yang besar dan menonjol dipandang sebagai simbol keistimewaan. Namun, banyak juga yang ingin tahu cara mengecilkan hidung yang mengembang agar terlihat lebih kecil. Selain operasi, bisa juga dengan eksperimen makeup.Layaknya sulap, makeup bisa membuat apapun fitur di wajah seseorang tampak jauh berbeda. Hidung menjadi lebih lancip, mata tampak lebih besar, dan banyak lagi. Ini cara yang lebih aman dibandingkan dengan operasi yang hasilnya permanen.

Jangan terjebak klaim sembarangan

Jika mengetikkan kata pencarian tentang cara mengecilkan lubang hidung, ada banyak sekali saran yang terdengar ajaib. Padahal, cara-cara itu belum tentu efektif mengubah bentuk hidung seseorang.Ada yang menyarankan menempelkan es batu di hidung agar ukurannya menyusut, itu salah.Klaim sembarangan lainnya menyebut mengaplikasikan campuran bawang putih, cuka apel, dan pasta gigi akan membantu memperkecil ukuran hidung. Lagi-lagi, tidak ada dasar dari klaim ini.Tidak berhenti di situ saja. Ada pula rekomendasi untuk melakukan senam wajah atau menahan ekspresi wajah tertentu selama beberapa menit untuk membuat hidung perlahan mengecil. Tentu, ini juga tidak akan berhasil.Ingatlah bahwa hidung terbuat dari tulang rawan, bukan otot atau lemak. Melakukan senam wajah yang memperkuat otot tidak akan berpengaruh terhadap bentuk hidung seseorang.Belum lagi banyaknya alat buatan sendiri yang bisa diaplikasikan ke hidung dan membuat bentuknya berubah. Tidak ada bukti ilmiah efektivitas dari alat-alat semacam ini.

Cara mengecilkan hidung

Jika ingin cara mengecilkan hidung yang mengembang dengan lebih valid, ada dua metode tersedia. Satu dengan melakukan eksperimen riasan wajah, satu lagi dengan prosedur operasi.Berikut penjelasannya:

1. Eksperimen riasan wajah

make up
Mengaplikasikan makeup adalah trik menciptakan perubahan wajah secara instan. Memang hasilnya tidak permanen, namun aman karena tidak ada efek samping apapun.Eksperimen ini pun bisa dilakukan sendiri di rumah sambil melihat tutorial yang ada di YouTube atau vlog makeup. Jenis makeup yang bisa mengubah tampilan hidung adalah:
  • Bronzer

Bronzer adalah kontras dari highlighter, dengan warna lebih gelap dari warna alami kulit Anda. Jika ingin membuat hidung tampak lebih runcing dan mancung, aplikasikan bronzer di sisi kanan dan kiri batang hidung.
  • Highlighter

Setelah mengaplikasikan bronzer, tambahkan highlighter di bagian atas batang hidung. Secara ajaib, cara ini akan membuat hidung tampak lebih kecil sekaligus mancung.
  • Beauty blender

Beauty blender adalah spons yang biasanya digunakan untuk mencampur highlighter. Perlu beberapa kali percobaan hingga menemukan cara yang tepat. Namun, hasilnya akan membuat makeup tampak lebih merata.

2. Rhinoplasty

operasi plastik
Apabila Anda mempertimbangkan intervensi berupa operasi untuk membuat hidung tampak lebih kecil, ada yang disebut dengan rhinoplasty. Ini adalah operasi untuk mengubah tampilan hidung. Bukan hanya untuk penampilan saja, namun menjadi diperlukan ketika ada masalah struktur yang mengganggu pernapasan.Banyak orang menyebut rhinoplasty dengan nama nose job. Hal-hal yang bisa diatasi dengan metode ini di antaranya:
  • Mengubah ukuran hidung agar seimbang dengan wajah
  • Memperkecil hidung yang mengembang
  • Menghilangkan tonjolan di batang hidung
  • Mengubah posisi dan bentuk pucuk hidung
  • Mengubah bentuk lubang hidung
  • Membuat hidung tampak simetris
Khusus untuk tujuan terakhir yaitu membuat hidung tampak simetris, ingatlah bahwa wajah setiap individu bisa jadi tidak simetris. Justru yang lebih penting dipertimbangkan adalah agar proporsi di wajah tampak seimbang dan tepat.Apabila operasi dilakukan untuk mengobati masalah pernapasan akibat struktur hidung, pastikan ada evaluasi yang benar-benar saksama. Penyebab utama masalah pernapasan pada hidung adalah deviated septum. Membetulkan kondisi ini dilakukan dengan menyesuaikan struktur saluran pernapasan.Keputusan untuk mengubah bentuk hidung secara permanen harus sudah dipertimbangkan matang-matang karena hasilnya tidak bisa dihapus begitu saja. Perhitungkan juga apa saja efek samping yang menyertainya.Jika ingin aman, eksperimen dengan riasan wajah sangat cukup untuk menciptakan ilusi hidung tampak lebih kecil. Apabila belum terbiasa, ada banyak tutorial yang bisa disesuaikan dengan warna kulit dan bentuk wajah.Tentu yang tak kalah penting, apabila keinginan mengubah penampilan hidung hanya untuk penampilan saja bukan karena masalah kesehatan seperti pernapasan terganggu, pertimbangannya harus jauh lebih matang.Wajah setiap individu unik, termasuk ukuran hidung. Tidak apa-apa memiliki bentuk hidung yang besar karena lagi-lagi, ada konstruksi sosial juga yang berperan dalam menggiring opini.

Catatan dari SehatQ

Banyak yang menyebut hidung lancip dan mancung membuat seseorang tampak lebih tampan atau cantik. Padahal, anggapan ini relatif dan bisa jadi hanya opini kebanyakan orang yang dilanggengkan gambaran di media arus utama.Berbeda kasusnya apabila pertimbangan melakukan intervensi mengubah bentuk hidung karena urusan kesehatan atau terjadi perubahan bentuk drastis. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar hal ini, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
operasikulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-your-nose-smaller
Diakses pada 17 Januari 2021
American Society of Plastic Surgeons. https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/rhinoplasty
Diakses pada 17 Januari 2021
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/blog/thinking-about-rhinoplasty-2019030616112
Diakses pada 17 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait