2 Cara Mengecek Kehamilan Secara Alami di Rumah yang Pasti Akurat


Selain dengan test pack, menuang urine ke dalam cangkir berisi pasta gigi bisa menjadi cara mengecek kehamilan secara alami di rumah. Jika positif hamil, urine berubah jadi biru berbusa.

(0)
pasangan mengecek kehamilan secara alami dengan cek suhu basal tubuh dan test packselain dengan test pack, menghitung suh basal tubuh juga bisa menjadi cara mengecek kehamilan secara alami
Bagi banyak wanita, memiliki momongan mungkin adalah hal yang paling didambakan. Maka tak ayal, begitu mengalami gejala umum seperti mual, letih, dan nyeri payudara, Anda bergegas memeriksanya. Nah jika Anda sedang tidak bisa pergi ke dokter, Anda mungkin punya persediaan garam atau pasta gigi sebagai alternatif cara mengecek kehamilan secara alami.Namun apakah cara mengecek kehamilan dengan bahan alami tersebut memang terbukti akurat? Berikut pembahasan selengkapnya.

Akuratkah cara mengecek kehamilan secara alami dari bahan yang ada di rumah?

Waktu yang paling tepat untuk melakukan tes kehamilan adalah pada 7 hari setelah terlambat haid.Apabila belum sempat mampir ke apotek terdekat untuk beli test pack, beberapa bahan yang ada di rumah dipercaya bisa mendeteksi tanda-tanda kehamilan.Beberapa alat tes kehamilan alami yang umum di kalangan masyarakat Indonesia di antaranya sebagai berikut:
  • Garam
  • Gula
  • Baking soda 
  • Pasta gigi
  • Sabun mandi
  • Shampo 
  • Cuka
  • Pemutih
Cara mengecek kehamilan secara alami dengan bahan-bahan ini umumnya sama, yakni hanya mencampurkan sampel air urine dengan bahan yang dipilih.Berikut adalah langkah demi langkah cara mencoba yang umum diikuti banyak orang:
  • Gunakan wadah kaca atau plastik bersih untuk mengumpulkan sampel urin.
  • Pakai sampel urine pertama saat Anda baru bangun tidur saat kadar hcg-nya paling tinggi
  • Setelah melakukan tes, beri waktu sekitar hingga 10 menit untuk melihat hasilnya.
  • Jangan mengocok atau mengganggu sampel saat Anda menunggu reaksi terjadi.
  • Jika tidak mendapatkan hasil yang akurat, Anda bisa mengulanginya sekali lagi.
Namun, apakah cek kehamilan dengan bahan alami tersebut terbukti akurat? Belum tentu.Sebagai contoh, untuk menggunakan pasta gigi sebagai alat tes kehamilan alami, Anda perlu mencampurkan dua sendok makan pasta gigi berwarna putih dengan satu sendok makan sampel urin di pagi hari.Menurut cara ini, jika positif hamil Anda akan melihat warna urin berubah menjadi biru dan terkadang diikuti dengan busa. Metode ini disebut dapat mendeteksi adanya hormon kehamilan dalam urin wanita yakni human chorionic gonadotropin (hCG). Sedangkan jika tidak hamil, maka tidak akan terjadi reaksi apapun.Faktanya, reaksi yang terjadi dari pencampuran kedua bahan tersebut bukanlah tanda dari hormon hCG, melainkan hanya reaksi dari sifat asam pada urine. Itulah mengapa menggunakan bahan alami yang dipakai untuk mendeteksi kehamilan, seperti tes hamil dengan garam, gula, hingga tes memakai cuka tidak bisa diandalkan karena hasilnya tidak pasti akurat.Terlebih, efektivitas cara cek kehamilan dengan bahan-bahan alami belum ada yang didukung oleh bukti penelitian ilmiah kuat.

Cara mengetahui kehamilan secara alami di rumah yang lebih akurat

Meski berbagai cara tes kehamilan yang alami seperti di atas belum ada yang dibuktikan secara valid oleh dunia kedokteran, jangan berkecil hati.Jika Anda merasa kurang yakin dengan cara mengecek kehamilan secara alami seperti yang telah disebutkan, Anda bisa cek kehamilan dengan tes yang lebih akurat, yakni dengan mendeteksi hormon hCG.Cara mengetahui kehamilan secara alami ini lebih bisa diandalkan daripada menggunakan bahan-bahan dapur. Namun, metode ini memang membutuhkan pemantauan selama beberapa hari atau bahkan lebih lama.Berikut cara mengecek kehamilan secara alami yang bisa dilakukan sejak dini di rumah.

1. Tes suhu tubuh basal

Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh segera saat baru bangun tidur atau sebelum beranjak dari kasur dan  melakukan aktivitas lain.Segera setelah ovulasi, kadang progesteron sedikit memanaskan tubuh dan menyebabkan suhu tubuh basal seseorang meningkat.Sebaliknya, sebelum atau saat wanita sedang dalam masa menstruasi  suhu tubuh basalnya justru turun. Suhu tubuh basal yang terus menerus tinggi yang melewati masa menstruasi dapat mengindikasikan kehamilan. Anda dapat mengukur suhu tubuh basal dengan termometer. Letakkan termometer tubuh basal di bawah lidah selama beberapa detik. Pastikan Anda melakukan ini segera setelah bangun tidur di pagi hari.Jika suhu tubuh Anda berkisar 37º Celcius, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil. Sedangkan suhu yang lebih rendah dari ini menunjukkan Anda belum hamil.

2. Mendeteksi masa ovulasi

Mengalami ovulasi adalah tanda yang pasti untuk kehamilan seorang wanita. Dikutip dari American Pregnancy Association, siklus menstruasi normal umumnya berkisar antara 28-32 hari. Sel telur akan matang pada hari ke 7, dan pada hari ke 11-21 (berdasarkan siklus 28 hari) sel telur akan dilepaskan dari ovarium untuk siap dibuahi.Jika pembuahan tidak terjadi pada hari ke-28, kadar hormon tubuh akan turun dan menyebabkan lapisan rahim luruh. Ini yang dikenal sebagai menstruasi.Jika Anda mengetahui masa ovulasi, Anda akan lebih mudah mendeteksi adanya kehamilan sejak dini. Secara umum, jika menstruasi tidak tiba dalam kurun waktu sekitar 2 minggu setelah ovulasi, kuat kemungkinan bahwa Anda sedang hamil. Namun, memastikan kehamilan dengan cara ini perlu melibatkan kombinasi cara lainnya seperti suhu basal yang tinggi, cairan serviks yang subur, dan hasil tes ovulasi.

Pesan dari SehatQ

Ada banyak pilihan cara mengecek kehamilan secara alami. Namun, untuk tes kehamilan yang hasilnya terbukti akurat, lebih baik gunakan test pack atau tes urin dan tes darah langsung di klinik atau rumah sakit terdekat. Jika Anda mengalami gejala kehamilan mulai dari telat menstruasi, mual, pusing hingga cepat lelah dan tidak mendapatkan hasil yang mencerahkan lewat cara mengecek kehamilan secara alami, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter kandungan terdekat.Dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk mengukur hormon hCG yang mendeteksi tanda kehamilan.Anda juga bisa konsultasi mengenai cara mengecek kehamilan yang tepat dan cara baca hasil tesnya dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
trimester pertama kehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilantes kesuburanpemeriksaan kehamilan
MedLife. https://www.medlife.com/blog/10-natural-ways-check-pregnancy-at-home/ Diakses pada 11 Januari 2021Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/15-simple-reliable-homemade-diy-pregnancy-tests/ Diakses pada 11 Januari 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/homemade-pregnancy-test#summary Diakses pada 11 Januari 2021American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/natural-family-planning-5044/ Diakses pada 11 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait