Vertigo disebabkan oleh Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) dan biasanya muncul secara tiba-tiba
Cara mengatasi vertigo bergantung pada penyebab yang mendasarinya

Vertigo adalah gangguan yang menyebabkan sensasi berputar luar biasa yang dirasakan oleh penderitanya. Kondisi ini dapat memengaruhi keseimbangan tubuh. Gejala vertigo dapat berlangsung sebentar ataupun dalam waktu lama. Namun, sebagian besar gejala vertigo akan menghilang secara spontan tanpa pengobatan. Cara mengatasi vertigo bergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Penyebab vertigo yang paling umum adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). BPPV biasanya bisa membaik dengan sendirinya setelah beberapa minggu hingga bulan. Meski demikian, gejala vertigo bisa kembali muncul secara tiba-tiba. Saat terjadi serangan vertigo, cobalah untuk beranjak dari tempat tidur secara perlahan untuk mengurangi perubahan posisi kepala. BPPV terjadi ketika otolith/kristal kalsium pada telinga memasuki kanal dan tidak bisa keluar sehingga menyebabkan pandangan berputar. Telinga merupakan organ keseimbangan, sehingga ketika terjadi gangguan pada telinga seperti infeksi telinga dalam, kotoran telinga yang membatu, dan lansia. 

Cara Mengatasi Vertigo

Cara menghindari vertigo dapat dilakukan dengan menghindari aktivitas yang memerlukan kepala menengadah ke atas untuk mencegah hiperekstensi dari leher. BPPV dapat diatasi dengan prosedur yang dinamakan manuver Epley dan latihan Brandt-Daroff.

1. Manuver Epley

Manuver Epley dilakukan dengan empat gerakan kepala yang bertujuan memindahkan fragmen kristal (otolith) pada kanal telinga dalam sehingga tidak lagi menimbulkan gejala.

Gerakan manuver Epley adalah berbaring dengan memposisikan bantal menyangga bahu, dan kepala tergantung lalu miringkan kepala 45 derajat ke kanan, dan ke kiri.  Dalam setiap gerakan, posisi kepala dipertahankan selama 30 detik.

Saat melakukan gerakan, Anda mungkin mengalami vertigo yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Setelah melakukan manuver Epley ini, vertigo yang Anda alami akan segera membaik, namun penyakit ini dapat kembali timbul dan Anda perlu mengulang manuver yang dilakukan.

2. Latihan Brand-Daroff

Apabila manuver Epley tidak berhasil menghilangkan vertigo yang Anda alami atau tidak dapat Anda lakukan (jika terdapat gangguan leher atau tulang belakang), cobalah alternatif cara mengatasi vertigo lainnya dengan latihan Brand-Daroff.

Latihan ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dan dapat memperbaiki vertigo yang Anda alami dalam dua minggu. Latihan ini perlu diulang sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Duduklah dengan tegak pada sisi tempat tidur
  2. Miringkan kepala 45 derajat ke kiri
  3. Berbaring ke sisi kanan Anda
  4. Tahan posisi ini selama 30 detik atau hingga pusing menghilang
  5. Kembali ke posisi duduk dan kepala menghadap ke depan
  6. Miringkan kepala 45 derajat ke kanan
  7. Berbaring ke sisi kiri Anda
  8. Tahan posisi ini selama 30 detik atau hingga pusing menghilang
  9. Kembali ke posisi duduk dan kepala menghadap ke depan
  10. Ulangi langkah di atas sebanyak 4 kali.

Pengobatan Vertigo

Vertigo akibat vestibular neuritis dan labirinitis disebabkan oleh infeksi. Pada kondisi ini dapat diberikan obat antibiotik apabila dicurigai terdapat infeksi bakteri yang mendasari. Pada vestibular neuritis, agen infeksi yang menyebabkan umumnya berupa virus, sehingga dapat membaik tanpa obat dalam beberapa minggu.

Pada vertigo yang berat, tirah baring (bed rest) akan membantu mengurangi gejala yang Anda alami. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari kondisi yang dapat memperberatnya, seperti konsumsi alkohol, kelelahan, dan adanya penyakit lain yang dialami bersamaan.

Apabila vertigo yang Anda alami disebabkan oleh penyakit meniere, Anda dapat coba untuk mengurangi garam pada makanan Anda sebagai cara mengatasi vertigo. Selain itu, Anda dapat melakukan terapi suara dan relaksasi untuk mengurangi tinitus (suara berdenging) dan menggunakan alat bantu dengar apabila mengalami penurunan pendengaran. Saat berlangsung serangan, Anda dapat diberikan obat seperti antihistamin untuk mengurangi serangan dan betahistin untuk mencegah terjadinya serangan berikutnya.

Cara Alternatif untuk Mengatasi Vertigo

Beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejala vertigo yang Anda alami, di antaranya:

  • Cobalah mencari tempat sunyi dan gelap. Hal ini dapat membantu mengurangi sensai berputar yang Anda alami.
  • Ketika melakukan aktivitas, gerakan kepala Anda secara perlahan, sehingga tidak memicu terjadinya vertigo.
  • Jika tiba-tiba Anda merasakan pusing berputar, segera mencari tempat duduk dan diam sesaat. Berhati-hatilah saat berjalan. Sebaiknya Anda dituntun atau mencari pegangan untuk mengurangi risiko Anda terjatuh.
  • Saat tidur, Anda dapat melakukan sedikit elevasi kepala dengan menggunakan dua bantal. Pada saat bangun di pagi hari, posisikan tubuh Anda dari berbaring menjadi duduk secara perlahan, kemudian berdiri pelan-pelan. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi perubahan posisi kepala tiba-tiba yang dapat mencetuskan vertigo.
  • Perubahan posisi kepala tiba-tiba juga dapat Anda hindari dengan tidak meregangkan leher berlebihan dan tidak membungkuk untuk mengambil barang di lantai.
  • Hal terpenting, buatlah diri Anda senyaman mungkin dan rileks. Perasaan gelisah dan stres dapat mencetuskan dan membuat vertigo yang Anda alami semakin parah.

Jangan mengabaikan kondisi vertigo yang Anda alami. Apabila gejala vertigo disertai dengan sakit kepala berat, mual dan muntah hebat, atau demam tinggi dan menggigil, sebaiknya Anda segera mencari pertolongan dokter.

Swartz R, Longwell P. Treatment of Vertigo. Am Fam Physician. 2005 Mar 15;71(6):1115–22

Bhattacharyya N, Hollingsworth DB, Mahoney K, O’Connor S. Plain Language Summary: Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Otolaryngol Neck Surg. 2017 Mar 1;156(3):417–25.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/vertigo/
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed