6 Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda, Mulai dengan Ubah Gaya Hidup


Jika ada anggapan bahwa tremor atau gemetarnya bagian tubuh tertentu identik dengan orang berusia lanjut. Namun hal ini bisa terjadi pada yang berusia muda.

0,0
28 Jun 2021|Azelia Trifiana
Tremor bisa terjadi di usia mudaTremor bisa terjadi di usia muda
Jika ada anggapan bahwa tremor atau gemetarnya bagian tubuh tertentu identik dengan orang berusia lanjut, itu salah. Sebab, tak sedikit orang mencari tahu cara mengatasi tremor di usia muda. Bagi sebagian orang, tremor ini cenderung ringan namun tetap ada hingga bertahun-tahun kemudian.Frekuensi tremor bisa menurun ketika usia seseorang bertambah, namun tingkat keparahannya justru meningkat. Faktor lain seperti emosi, stres, demam, kelelahan, atau aktivitas fisik tertentu juga bisa berpengaruh terhadap kondisi tremor ini.

Cara mengatasi tremor di usia muda

Kerap kali, orang mengulik bagaimana cara menghilangkan tremor pada tangan karena di bagian tubuh inilah yang paling terlihat. Tremor bisa terjadi di kedua sisi tubuh, namun lebih terlihat di tangan dominan ketika beraktivitas.Baik itu ingin tahu cara mengatasi tremor karena gugup saja atau memang selalu terjadi, tentu perlu ditelusuri dulu apa pemicunya. Dengan demikian, cara mengatasi tangan tremor jadi lebih efektif.Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Perubahan gaya hidup

Coba mulai dengan mengurangi atau menghindari zat yang memicu tremor seperti kafein dan amphetamine. Perubahan gaya hidup semacam ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan kondisi tangan gemetar atau tremor.

2. Terapi fisik

Mengikuti terapi fisik juga dapat berdampak positif pada pengendalian, fungsi, serta kekuatan otot. Di saat yang sama, terapi ini juga bisa mengoptimalkan koordinasi dan keseimbangan. Biasanya, terapis akan membantu orang yang memiliki tremor agar tetap optimal menjalani aktivitas.Lebih jauh lagi, terapi fisik juga melibatkan peralatan seperti:
  • Objek berat
Barang-barang di sekitar seperti piring, gelas, atau sendok garpu akan diganti dengan versi lebih berat. Dengan demikian, tentu akan lebih mudah digenggam serta digerakkan.
  • Alat khusus
Ada juga peralatan yang didesain khusus bagi penderita tremor. Khususnya alat yang sulit digenggam dan dikendalikan seperti pensil, alat berkebun, dan juga alat masak.
  • Beban di pergelangan tangan
Tambahan beban di pergelangan tangan akan membuat kendali menjadi lebih mudah. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

3. Teknik psikologi

Apabila pemicu tremor adalah faktor psikologis seperti merasa panik dan cemas berlebih, coba berlatih teknik relaksasi. Jenisnya beragam mulai dari latihan napas, meditasi, dan yoga.

4. Konsumsi obat

Lewat persetujuan dokter, mungkin saja konsumsi obat bisa jadi cara menghilangkan tremor pada tangan dan bagian tubuh lainnya. Menurut National Tremor Foundation, obat yang paling sering diresepkan untuk tangan tremor adalah propranolol dan primidone.Obat propranolol adalah jenis beta-blocker untuk meredakan hipertensi, aritmia, dan detak jantung terlalu cepat. Sementara primidone merupakan obat untuk meredakan kejang.Namun apabila kedua jenis obat ini tidak berhasil mengatasi tremor, dokter akan mencari alternatifnya. Contohnya metoprolol dan atenolol, jenis beta-blocker yang digunakan untuk mengobati essential tremor.

5. Obat anti-kecemasan

Jenis obat alprazolam umumnya diresepkan untuk meredakan kecemasan berlebih dan serangan panik. Namun, ada juga penelitian dari Spanyol yang menemukan efektivitas obat semacam ini dalam mengatasi tremor esensial. Namun, harus hati-hati mengonsumsinya karena ada risiko ketergantungan.

6. Botox

Cara kerja botox adalah membuat otot menjadi lebih lemah di lokasi suntikan. Itulah mengapa, botullinum toxin atau botox tipe A dianggap sebagai salah satu cara mengatasi tangan tremor di usia muda yang menjanjikan.Manfaat dari pengobatan ini bisa terasa hingga 3 bulan sejak menerima suntikan. Lebih dari itu, perlu ada suntikan tambahan. Selalu diskusikan bersama dokter tentang potensi risiko dan manfaatnya sebelum prosedur diterapkan.

Bisakah disembuhkan?

Tentu langkah penanganan sebagai cara mengatasi tremor di usia muda bergantung pada apa pemicunya. Jika ada kondisi medis yang menjadi penyebab, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sehingga bisa diobati secara efektif.Pada tahap awal, dokter akan melakukan evaluasi tremor dengan meminta pasien memegang gelas, mengulurkan kedua tangan, menulis, dan juga menggambar spiral.Begitu pula halnya ketika tremor terjadi sebagai efek samping dari konsumsi obat tertentu. Sampaikan kepada dokter tentang efek samping ini sehingga bisa dipertimbangkan apa alternatif yang tepat.

Namun apabila tangan atau tubuh lain gemetar akibat essential tremor, tidak ada yang bisa mengobati. Kondisi ini bisa muncul mulai dari remaja hingga awal usia 40 dan cenderung memburuk seiring dengan bertambahnya usia.Penanganan akan membantu meredakan gejala serta memudahkan dalam beraktivitas. Selalu diskusikan bersama dokter untuk tahu apa pilihan paling tepat.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut perbedaan tremor akibat gugup atau tremor karena kondisi medis, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tremorparkinsonpola hidup sehat
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/essential-tremor/diagnosis-treatment/drc-20350539
Diakses pada 14 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/treating-shaking-hands
Diakses pada 14 Juni 2021
PLoS One. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24667763/
Diakses pada 14 Juni 2021
National Tremor Foundation. https://tremor.org.uk/
Diakses pada 14 Juni 2021
National Institute of Neurological Disorders and Stroke. https://www.ninds.nih.gov/Disorders/Patient-Caregiver-Education/Fact-Sheets/Tremor-Fact-Sheet
Diakses pada 14 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait