10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Bersin yang Bisa Anda Lakukan


Pernah merasakan sensasi gatal dan menggelitik pada hidung tapi tidak bisa bersin? Cobalah berbagai cara mengatasinya seperti menggunakan tisu, melihat lampu terang, hingga menghirup aroma parfum.

0,0
18 Aug 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tidak bisa bersinTidak bisa bersin dapat diatasi dengan cara menggelitik hidung dengan tisu.
Bersin adalah cara tubuh untuk membersihkan hidung dan tenggorokan dari iritan atau kotoran. Umumnya, ada sensasi gatal dan menggelitik pada hidung sesaat sebelum bersin. Namun, apa jadinya jika Anda tidak bisa bersin? Jangan khawatir, simak berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

10 cara ampuh untuk mengatasi tidak bisa bersin

Bersin biasanya terjadi secara tiba-tiba. Ketika Anda tidak bisa bersin, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk agar iritan dari hidung dan tenggorokan dapat dikeluarkan.

1. Gunakan tisu

Tisu ternyata dapat dijadikan alat untuk memicu bersin. Anda hanya perlu melipat tisu menjadi bagian kecil dan masukkan secara perlahan ke dalam lubang hidung.Selanjutnya, gerakkan tisu secara perlahan ke depan dan belakang sampai ada sensasi menggelitik. Hal ini dapat merangsang saraf trigeminal yang mampu membuat Anda bersin.Meski begitu, Anda perlu berhati-hati saat melakukannya. Jangan sampai bagian ujung tisu masuk terlalu dalam karena bisa menyebabkan rasa nyeri.

2. Menggelitik hidung dengan bulu palsu

Mau bersin tapi tidak bisa? Cobalah cari bulu burung palsu. Setelah itu, gerakkan bulu palsu tersebut secara perlahan di depan hidung Anda.Sama seperti cara sebelumnya, menggelitik hidung dengan bulu palsu dapat merangsang Anda untuk bersin.Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan memasukkan bulu ke dalam lubang hidung atau menggunakan bulu burung asli.

3. Melihat cahaya terang

Sebagian orang dapat langsung bersin saat mereka melihat cahaya yang terang. Menurut sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Medical Genetic Summaries, jenis bersin ini disebut dengan istilah photic sneeze reflex (PSR) atau autosomal dominant compulsive helio-ophthalmic outbourst of sneezing (ACHOO). Hal ini dapat terjadi karena saraf trigeminal terletak di samping saraf mata.Maka dari itu, cobalah lihat cahaya terang saat Anda tidak bisa bersin. Namun, jangan langsung melihat ke matahari karena bisa merusak mata Anda.

4. Menghirup aroma parfum yang kuat

Beberapa parfum atau minyak wangi memiliki aroma kuat yang bisa menyebabkan seseorang bersin. Jika Anda tidak bisa bersin, cara yang satu ini patut dicoba.Untuk melakukannya, semprot sedikit parfum ke udara dan hiruplah aromanya. Hal ini dapat menyebabkan lapisan hidung iritasi sehingga membuat Anda bersin.Perlu diingat, jangan menghirup partikel parfum secara langsung dan jangan menyemprotkan parfum ke dalam lubang hidung.

5. Mencabut sehelai bulu hidung

Cara mengatasi tidak bisa bersin selanjutnya adalah mencabut sehelai bulu hidung. Proses ini mampu merangsang saraf trigeminal sehingga bisa membuat Anda bersin.Walaupun demikian, sebaiknya Anda mencabut bulu hidung secara perlahan karena kulit di dalam lubang hidung dinilai sangat sensitif.

6. Mengonsumsi cokelat hitam

Cokelat hitam yang mengandung kakao dalam dosis tinggi dapat membuat Anda bersin. Penyebab pastinya belum diketahui, tapi dilansir dari Medical News Today, kondisi ini ada sangkut pautnya dengan alergi.Cara mengatasi tidak bisa bersin ini belum tentu ampuh untuk semua orang. Namun, bagi Anda yang jarang makan cokelat, cara ini patut dicoba.

7. Miringkan kepala ke belakang

Memiringkan kepala ke belakang adalah teknik yang dapat dicoba jika Anda tidak bisa bersin. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memosisikan kepala ke belakang dan lihatlah ke arah atas.

8. Menghirup aroma rempah-rempah

Pernahkah Anda bersin-bersin saat sedang memasak dengan cabai dan lada? Tidak heran, berbagai rempah ini memang dianggap bisa mengiritasi hidung.Misalnya lada hitam dan putih, kedua rempah ini mengandung piperine yang bisa mengiritasi membran mukosa. Selain itu, cabai juga mengandung capsaicin yang bisa menyebabkan Anda bersin.Jika Anda tidak bisa bersin, cobalah hirup aroma rempah-rempahan ini. Namun, jangan lakukan secara berlebihan karena bisa menyebabkan hidung terasa panas.

9. Menggosok langit-langit mulut dengan lidah

Hidung gatal tapi tidak bisa bersin dapat diatasi dengan menggosok bagian langit-langit mulut. Secara perlahan, gunakan lidah Anda untuk menggosok langit-langit mulut untuk merangsang saraf trigeminal.

10. Menghirup udara dingin

Udara dingin yang mengenai wajah dapat merangsang refleks bersin. Cobalah pindah ke tempat yang dingin dan mengirup udara dalam-dalam.Jika di luar sedang tidak dingin, nyalakan pendingin ruangan atau buka kulkas lalu hirup udara dinginnya.

Kondisi apa yang menyebabkan tidak bisa bersin?

Terdapat beberapa kondisi yang dapat membuat Anda tidak bisa bersin. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah penyakit stroke.Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Neurology, empat pasien stroke mengaku kehilangan kemampuan untuk bersin meski ada sensasi menggelitik di hidungnya. Selain itu, keberadaan tumor di medula (jaringan halus di dalam ginjal) dipercaya bisa menyebabkan seseorang tidak bisa bersin.Jika Anda tidak bisa bersin dan ingin mengetahui penyebabnya lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
penyakitbersin
Healthline. https://www.healthline.com/health/sneezing#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 3 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320284#ways-to-trigger-sneezing
Diakses pada 3 Agustus 2021
News Wise. https://www.newswise.com/articles/stroke-patients-inability-to-sneeze
Diakses pada 3 Agustus 2021
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2000/01/000125052757.htm
Diakses pada 3 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait