Cara mengatasi susah BAB adalah dengan mengonsumsi ubi dan apel
Sembelit membuat Anda harus menghabiskan waktu lebih lama di toilet

Sudah berapa lama Anda mendekam di dalam kamar mandi sambil menunggu keluarnya BAB? Selain menjemukan dan mengesalkan, susah BAB juga membuat perut terasa penuh dan membuat Anda menjadi tidak nyaman.

Sembelit selama beberapa hari mungkin tidak akan menimbulkan suatu permasalahan, tetapi sembelit yang parah dapat mengakibatkan inkontinensia tinja atau ketidakmampuan untuk mengendalikan BAB yang membuat tinja keluar melalui dubur tanpa bisa ditahan.

[[artikel-terkait]]

Cara mengatasi susah BAB

Bagi sebagian orang, menggunakan obat pencahar bukanlah pilihan yang menyenangkan karena terkadang efek samping dari obat-obat tersebut malah membuat kram atau sakit perut serta diare.

Anda tidak perlu risau karena cara mengatasi susah BAB tidak harus selalu dengan mengonsumsi atau menggunakan obat pencahar. Berikut adalah beberapa cara mengatasi susah BAB secara alami:

  • Buah apel

Buah apel cukup efektif sebagai alternatif cara mengatasi susah BAB. Satu buah apel dengan berat kurang lebih 182 gram mengandung 4.4 gram serat yang telah memenuhi 17 persen asupan serat harian.

Buah apel juga mengandung pektin yang membantu menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja dan meningkatkan pergerakan usus. Dalam pemilihan jenis apel yang ingin disantap, apel Granny Smith adalah salah satu jenis buah apel yang kaya serat.

Sebaiknya konsumsilah apel beserta kulitnya untuk mendapatkan serat dari apel secara maksimal.

  • Buah kiwi

Serat adalah kunci dasar dari cara mengatasi susah BAB. Salah satu buah yang berserat tinggi adalah buah kiwi. Satu Buah kiwi seberat 100 gram mengandung serat sebanyak dua sampai tiga gram.

Jumlah serat tersebut telah memenuhi kurang lebih sembilan persen dari asupan harian serat yang perlu dikonsumsi. Tidak hanya serat, buah kiwi juga memiliki enzim actiniadin yang diperkirakan mampu membantu proses pencernaan.

Riset di Cina menemukan bahwa konsumsi dua buah kiwi per harinya selama empat minggu membantu untuk melancarkan pencernaan. Tidak perlu repot saat mengonsumsi buah kiwi karena Anda dapat langsung mengonsumsinya setelah dikupas.

  • Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam adalah dua macam sayuran hijau yang membantu melancarkan tinja keluar dari usus. Selain tinggi serat, brokoli dan bayam juga kaya vitamin K, folat, dan vitamin C.

Brokoli bahkan mengandung zat sulforaphane yang memudahkan pencernaan dan melindungi usus. Zat tersebut juga dipercaya mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang mengganggu proses pencernaan.

  • Buah pir

Satu buah pir dengan berat kurang lebih 178 gram memiliki kandungan serat sebesar 5,5 gram atau 22 persen dari asupan serat harian. Tidak hanya tinggi serat, buah pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol.

Fruktosa dan sorbitol merupakan jenis senyawa gula yang sulit untuk dicerna. Fruktosa dan sorbitol memicu penarikan air ke dalam usus besar yang membantu melancarkan pencernaan.

  • Buah ara

Hampir sebagian besar buah kaya akan serat, tidak terkecuali buah ara yang dapat menjadi salah satu buah yang digunakan sebagai cara mengatasi susah BAB. 

Satu buah ara dengan berat sekitar 50 gram mengandung 1,6 gram serat dan dengan mengonsumsi setengah cangkir buah ara dengan berat 75 gram dapat memenuhi asupan serat harian sebanyak 30 persen!

Tidak hanya serat, buah ara juga mengandung enzim ficain yang serupa dengan enzim actinidain dalam buah kiwi yang membantu melancarkan pencernaan.

Sebuah penelitian mendapati bahwa buah ara mampu mempercepat proses pencernaan dan membantu melunakkan tinja serta mengurangi ketidaknyamanan di perut. Buah ara bisa dikonsumsi sebagai cemilan ataupun dicampur dengan makanan lainnya.

  • Kacang-kacangan dan polong-polongan

Mudah didapatkan dan bisa dicampurkan ke dalam berbagai masakan membuat kacang-kacangan dan polong-polongan sebagai cara mengatasi susah BAB yang praktis.

Kacang-kacangan dan polong-polongan mengandung serat yang dapat membantu pencernaan. Kacang polong adalah salah satu contoh bahan yang bisa langsung dikonsumsi setelah dimasak ataupun dicampurkan dalam kuah dan sebagainya.

  • Ubi

Satu lagi bahan yang tidak sulit untuk didapatkan dan enak untuk dikonsumsi adalah ubi. Dalam satu buah ubi dengan berat 114 gram terdapat 3,8 gram serat yang sudah cukup untuk memenuhi asupan harian Anda sebanyak 15 persen.

Serat dalam ubi adalah jenis serat yang tidak larut dalam air dan berfungsi untuk menambah bobot tinja agar lebih mudah keluar dari usus. Serupa dengan buah apel, ubi juga mengandung senyawa pektin yang memperlancar pencernaan.

Bosan mengukus ubi? Anda bisa memanggang ataupun menumbuk ubi dan bahkan mencampurkannya ke dalam masakan lainnya.

Sembelit yang berujung inkontinensia tinja

Sembelit yang kronis membuat tinja mengeras dalam dubur dan menjadi terlalu besar untuk bisa dikeluarkan. Hal ini menyebabkan otot di dubur dan usus meregang dan melemah yang membuat tinja yang lebih cair keluar melalui dubur dari sela-sela tinja yang mengeras.

Selain membuat otot dubur dan usus melemah, sembelit yang kronis dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf di sekitar dubur yang juga mampu menyebabkan inkontinensia tinja. 

Dampak dari sembelit tidak boleh diremehkan dan untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengetahui cara mengatasi susah BAB yang tepat!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-constipation
Diakses pada 09 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/laxatives-side-effects
Diakses pada 09 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fecal-incontinence/symptoms-causes/syc-20351397
Diakses pada 09 Juli 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322382.php
Diakses pada 09 Juli 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27440682
Diakses pada 09 Juli 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4611199/
Diakses pada 09 Juli 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed