Jajal 8 Cara Mengatasi Susah BAB Secara Alami Ini, Tanpa Obat Pencahar!


Sembelit? Cara melancarkan BAB tidak melulu harus dengan minum obat pencahar. Makan apel juga bisa jadi cara yang bagus untuk mengatasi susah BAB.

(0)
09 Jul 2019|Anita Djie
Cara mengatasi susah BAB adalah dengan buah-buahanSembelit membuat Anda harus menghabiskan waktu lebih lama di toilet
Sudah berapa lama Anda ngeden dan mendekam di dalam kamar mandi sambil menunggu BAB keluar? Susah BAB karena sembelit memang menyebalkan, karena membuat perut terasa penuh dan sakit melilit. Belum lagi merasa harus bolak-balik BAB tapi tidak kunjung ada yang berhasil keluar. Lantas, apa cara yang terbukti manjur untuk mengatasi sembelit dan melancarkan BAB yang susah keluar karenanya?[[artikel-terkait]]

8 cara mengatasi susah BAB secara alami

Minum obat pencahar adalah cara yang paling populer untuk mengatasi susah BAB karena sembelit. Akan tetapi, menggunakan obat pencahar bagi sebagian orang bukanlah pilihan yang tepat karena menimbang efek sampingnya. Terkadang, efek samping dari obat-obat tersebut malah membuat kram atau sakit perut serta diare.Anda tidak perlu risau karena cara mengatasi susah BAB tidak harus selalu dengan bantuan obat pencahar. Berikut adalah beberapa cara mengatasi susah BAB secara alami:
Buah apel mengandung pektin untuk mengatasi susah buang air besar

1. Makan buah apel

Buah apel cukup efektif sebagai alternatif cara mengatasi susah BAB. Satu buah apel dengan berat kurang lebih 182 gram mengandung 4.4 gram serat yang telah memenuhi 17 persen asupan serat harian.Buah apel juga mengandung pektin yang membantu menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja dan meningkatkan pergerakan usus. Pilihlah apel hijau Granny Smith yang lebih kaya serat daripada apel merah.Sebaiknya konsumsilah apel beserta kulitnya untuk mendapatkan serat dari apel secara maksimal.

2. Makan buah kiwi

Serat adalah kunci dasar dari cara melancarkan BAB yang susah keluar karena sembelit. Salah satu buah yang berserat tinggi adalah buah kiwi. Satu Buah kiwi seberat 100 gram mengandung serat sebanyak dua sampai tiga gram.Jumlah serat tersebut telah memenuhi kurang lebih sembilan persen dari asupan harian serat yang perlu dikonsumsi. Tidak hanya serat, buah kiwi juga memiliki enzim actiniadin yang diperkirakan mampu membantu proses pencernaan.Riset di Cina menemukan bahwa konsumsi dua buah kiwi per harinya selama empat minggu membantu melancarkan pencernaan. Tidak perlu repot saat mengonsumsi buah kiwi karena Anda dapat langsung mengonsumsinya setelah dikupas.
Sayuran hijau tinggi akan serat dapat melancarkan tinja keluar dari usus

3. Makan sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam adalah dua macam sayuran hijau yang membantu melancarkan tinja keluar dari usus.Selain tinggi serat, brokoli dan bayam juga kaya vitamin K, folat, dan vitamin C yang ikut bantu melancarkan cara usus bekerja untuk mengatasi susah BAB akibat sembelit.Brokoli bahkan mengandung zat sulforaphane yang memudahkan pencernaan dan melindungi usus. Zat tersebut juga dipercaya mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang mengganggu proses pencernaan.

4. Makan buah pir

Satu buah pir dengan berat kurang lebih 178 gram memiliki kandungan serat sebesar 5,5 gram atau 22 persen dari asupan serat harian. Tidak hanya tinggi serat, buah pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol.Fruktosa dan sorbitol merupakan jenis senyawa gula yang sulit untuk dicerna. Fruktosa dan sorbitol bekerja dengan cara menarik air ke dalam usus besar untuk membantu melancarkan pencernaan sehingga membantu mengatasi susah BAB.
Buah ara mengandung enzim ficain yang dapat membantu melancarkan pencernaan

5. Makan buah ara

Hampir sebagian besar buah kaya akan serat, tidak terkecuali buah ara, dapat menjadi salah satu buah yang digunakan sebagai cara melancarkan susah BAB. Satu buah ara dengan berat sekitar 50 gram mengandung 1,6 gram serat dan dengan mengonsumsi setengah cangkir buah ara dengan berat 75 gram dapat memenuhi asupan serat harian sebanyak 30 persen!Tidak hanya serat, buah ara juga mengandung enzim ficain yang serupa dengan enzim actinidain dalam buah kiwi yang membantu melancarkan pencernaan.Sebuah penelitian melaporkan buah ara mampu mempercepat proses pencernaan dan membantu melunakkan tinja serta mengurangi rasa tidak nyaman di perut.Buah ara bisa dikonsumsi sebagai cemilan ataupun dicampur dengan makanan lainnya.
Kacang-kacangan mengandung serat yang dapat membantu pencernaan

6. Ngemil kacang-kacangan dan polong-polongan

Mudah didapatkan dan bisa dicampurkan ke dalam berbagai masakan membuat kacang-kacangan dan polong-polongan sebagai cara mengatasi susah BAB yang praktis.Kacang-kacangan dan polong-polongan mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.Kacang polong adalah salah satu contoh bahan yang bisa langsung dikonsumsi setelah dimasak ataupun dicampurkan dalam kuah dan sebagainya.

7. Makan ubi

Satu lagi cara yang tidak sulit dilakukan untuk membantu melancarkan susah BAB adalah makan ubi.Dalam satu buah ubi dengan berat 114 gram terdapat 3,8 gram serat yang sudah cukup untuk memenuhi asupan harian Anda sebanyak 15 persen.Serat dalam ubi adalah jenis serat yang tidak larut dalam air dan berfungsi untuk menambah bobot tinja agar lebih mudah keluar dari usus.Serupa dengan buah apel, ubi juga mengandung senyawa pektin yang memperlancar pencernaan.Bosan mengukus ubi? Anda bisa memanggang ataupun menumbuk ubi dan bahkan mencampurkannya ke dalam masakan lainnya.

8. Olahraga

Selain beberapa makanan di atas, masih ada cara mengatasi susah BAB dengan kebiasaan sehat seperti olahraga.Berolahraga ringan, seperti jalan kaki dan joging, dapat mendorong pergerakan usus yang baik, dengan cara meningkatkan aliran darah ke perut. Dengan begitu, BAB susah dapat teratasi.

Obat susah BAB dari dokter

Berbagai cara jitu melancarkan BAB di atas tidak bisa dijadikan pengobatan utama untuk sembelit. Sebab, pengobatan medis dari dokter tetap dibutuhkan untuk mendapatkan hasil perawatan maksimal.Berikut ini adalah beberapa obat susah BAB dari dunia medis yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit:
  • Suplemen serat

Beberapa suplemen serat dapat dikonsumsi sebagai obat untuk mengatasi sembelit dan melancarkan BAB. Beberapa obat-obatan itu meliputi calcium polycarbophol, methylcellulose, hingga psyllium.Pastikan Anda lebih rutin mengonsumsi air putih selama meminum obat-obatan di atas. Selain itu, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencobanya.
  • Pencahar osmotik

Obat-obatan pencahar osmotik dapat "memancing" masuknya air ke dalam usus besar, sehingga feses Anda lebih halus dan mudah dikeluarkan. Selalu berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi obat pencahar osmotik untuk mencegah efek samping.
  • Prucalopride

Prucalopride adalah obat kapsul yang dapat diminum sekali dalam sehari. Obat susah BAB ini dapat membantu feses lebih mudah dikeluarkan. Namun ingat, berdiskusilah pada dokter sebelum mengonsumsi prucalopride karena ada efek samping yang berpotensi muncul.

Sembelit yang berujung inkontinensia tinja

Sembelit selama 2-3 hari mungkin tidak harus terlalu dikhawatirkan. Berbagai cara di atas dapat sedikit banyak membantu mengatasi gejala sembelit dan melancarkan susah BAB yang diakibatkannya.Namun jika sudah parah dan berlarut-larut, sembelit dapat mengakibatkan inkontinensia tinja. Kondisi ini adalah ketidakmampuan otot-otot di bokong untuk mengendalikan BAB yang membuat tinja keluar melalui dubur tanpa bisa ditahan.Sembelit yang kronis membuat tinja mengeras dalam dubur dan menjadi terlalu besar untuk bisa dikeluarkan. Hal ini menyebabkan otot di dubur dan usus meregang dan melemah yang membuat tinja yang lebih cair keluar melalui dubur dari sela-sela tinja yang mengeras.Selain membuat otot dubur dan usus melemah, sembelit yang kronis dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf di sekitar dubur yang juga mampu menyebabkan inkontinensia tinja. Dampak dari sembelit tidak boleh diremehkan. Maka untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengetahui cara mengatasi sembelit dan melancarkan susah BAB yang tepat.
sembelitdiareinkontinensia tinja
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-constipation
Diakses pada 09 Juli 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/laxatives-side-effects
Diakses pada 09 Juli 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fecal-incontinence/symptoms-causes/syc-20351397
Diakses pada 09 Juli 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322382.php
Diakses pada 09 Juli 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27440682
Diakses pada 09 Juli 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4611199/
Diakses pada 09 Juli 2019
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/prescription-medications-to-treat-constipation
Diakses pada 10 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/how-to-make-yourself-poop#lifestyle-changes
Diakses pada 24 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait