10 Cara Mengatasi Stres yang Tidak Sulit untuk Anda Lakukan

Aroma lavender dapat menahan rasa sakit dan antikecemasan
Mencium aroma lavender dipercaya dapat meringankan stres.

Stres merupakan sebuah gangguan mental yang biasa terjadi pada banyak orang. Stres dapat terjadi setiap harinya, dan dapat disebabkan oleh pekerjaan, keluarga, keuangan, dan masalah-masalah lainnya.

Stres tidak boleh dibiarkan begitu saja karena semakin parah stres yang dialami, maka kehidupan Anda akan semakin terganggu. Gunakan beberapa cara mengatasi stres berikut ini sebagai panduan Anda dalam menghadapi stres.

Cara mengatasi stres yang dapat Anda lakukan sendiri

1. Mengunyah permen karet

Menurut penelitian, mengunyah permen karet dapat menurunkan rasa cemas dan mengurangi stres. Beberapa peneliti berpendapat bahwa gerakan yang berirama seperti mengunyah akan meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Segelintir peneliti lainnya percaya bahwa bau dan rasa permen dapat membantu Anda rileks.

2. Pergi ke luar

Menghabiskan waktu di luar ruangan, meski tidak pergi jauh, juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Dengan berada di luar, Anda dapat melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau hiking. Walaupun hanya sebentar melakukan kegiatan-kegiatan aktif tersebut, Anda dapat merasakan manfaat cara mengatasi stres ini.

3. Perbanyak senyum

Saat seseorang memberikan Anda saran dan kritik, hindari memberikan mereka tatapan tidak senang. Berikanlah senyuman di wajah Anda sebagai cara mengatasi stres, terutama senyuman tulus yang dibentuk oleh otot-otot di sekitar mata dan mulut Anda.

Senyuman dapat mengurangi respons stres tubuh, bahkan saat Anda tidak merasa senang sekalipun. Senyuman juga membantu menurunkan detak jantung ketika situasi yang membuat Anda stres berakhir.

4. Mencium aroma lavender

Sebuah penelitian yang melibatkan para perawat menemukan bahwa perawat yang mengenakan sedikit minyak lavender pada pakaiannya merasa stres mereka berkurang, sementara perawat yang tidak memakai minyak lavender merasa lebih stres.

Lavender dapat menjadi penahan rasa sakit dan antikecemasan yang lebih efektif. Jadi, jika Anda merasa sedang stres, cobalah hirup aroma lavender.

5. Mendengarkan lagu

Akan menjalani situasi yang membuat Anda stres? Musik dapat membantu Anda tenang.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa tingkat hormon stres (kortisol) subyek penelitian lebih rendah ketika mereka mendengarkan musik paduan suara Latin sebelum melakukan sesuatu yang dapat membuat stres (seperti mengerjakan soal matematika atau berpidato), dibandingkan dengan saat mereka mendengarkan suara rekaman tetesan air.

6. Mengatur napas

Fokus pada pernapasan dapat menurunkan reaksi "fight or flight" tubuh terhadap tekanan atau rasa takut, dan akan menarik perhatian Anda dari pikiran-pikiran negatif.

Duduklah dengan nyaman dalam sebuah tempat tenang. Tarik napas pelan-pelan melalui hidung, biarkan dada dan perut bawah Anda naik serta abdomen membesar. Hembuskan napas perlahan-lahan sambil mengulangi sebuah kata atau kalimat yang membantu Anda rileks. Untuk merasakan manfaat sesungguhnya dari cara mengatasi stres ini, ulangi gerakan bernapas setidaknya selama 10 menit.

7. Sayangi diri sendiri

Kita semua memiliki pikiran-pikiran yang terus mengalir dalam kepala masing-masing, dan kadang apa yang kita katakan kepada diri sendiri tidak selamanya baik. Misalnya seperti meragukan diri, menjelek-jelekan diri, sampai menyalahkan diri sendiri.

Tetap positif dan gunakan kata-kata yang halus terhadap diri sendiri akan membantu Anda tenang untuk mengendalikan situasi. Bicaralah kepada diri sendiri dengan cara yang halus dan memotivasi layaknya Anda membantu teman sendiri. "Semuanya akan baik-baik saja," contohnya, atau "Aku pasti bisa melakukannya."

8. Menuliskan hal-hal yang membuat Anda stres

Menuliskan isi pikiran Anda dapat menjadi sarana mengekspresikan emosi yang baik sebagai cara mengatasi stres. Setelah ditulis, Anda dapat mulai membuat rencana untuk menyelesaikannya. Tulislah hal-hal tersebut dalam catatan, handphone, laptop, atau media apa pun. Yang paling penting adalah Anda jujur dengan perasaan sendiri.

9. Ceritakan kepada teman

Ketika Anda merasa kewalahan, carilah bantuan melalui teman atau orang-orang yang Anda cintai sebagai cara mengatasi stres. Punya teman yang memiliki masalah seperti Anda? Malah lebih baik lagi. Dengan bercerita, Anda berdua akan merasa lebih baik dan tidak kesepian.

10. Berolahraga

Ketika berkeringat, suasana hati akan membaik, pikiran akan lebih jelas, dan Anda dapat beristirahat dari apa pun yang menyebabkan stres. Baik ketika Anda berolahraga dengan berjalan kaki maupun menjalani latihan intens di pusat kebugaran, Anda akan merasa lebih baik setelahnya.

Bila stres masih terus melanda meski Anda telah mencoba hal-hal di atas, saatnya berkonsultasi pada psikolog atau terapis. Permasalahan yang Anda hadapi mungkin butuh bantuan dari profesional.

Artikel Terkait

Banner Telemed