logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kehamilan

Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil Secara Alami dan dengan Obat

open-summary

Obat sembelit untuk ibu hamil seringkali menimbulkan kekhawatiran dalam mengonsumsinya. Namun, ada beberapa pilihan pengobatan baik alami maupun medis yang bisa Anda coba.


close-summary

12 Nov 2019

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil yang alami salah satunya adalah banyak minum

cara mengatasi sembelit pada ibu hamil bisa dengan obat pencahar

Table of Content

  • Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil
  • Obat sembelit untuk ibu hamil
  • Kapan harus ke dokter?

Sembelit adalah salah satu keluhan yang umum dialami ibu hamil. Penyakit susah BAB ini dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman hingga menimbulkan rasa sakit yang menyiksa ketika buang air besar. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. 

Advertisement

Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil

Sembelit memang hal yang umum terjadi pada ibu hamil. Gejala sembelit yang umum terjadi seperti perut kembung hingga feses keras saat buang air besar.

Apabila tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan wasir atau ambeien yang membuat Anda merasakan sakit yang luar biasa.

Adapun pilihan cara mengatasi sembelit pada ibu hamil yang alami, yaitu:

1. Mengonsumsi lebih banyak makanan berserat

Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu Anda memperlancar BAB. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi 25-35 gram serat setiap hari.

Anda bisa mendapatkan serat dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan roti gandum. Selain memperlancar BAB, makanan kaya serat juga dapat memberi vitamin dan antioksidan untuk ibu hamil.

Baca juga: 7 Buah untuk Melancarkan BAB pada Ibu Hamil

2. Minum lebih banyak air putih

Cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan menjaga tubuh selalu terhidrasi. Minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari dapat mendorong makanan padat bergerak melalui saluran pencernaan, dan membuat feses menjadi lunak sehingga mudah dikeluarkan.

Selain air putih, Anda juga dapat mencoba minum air hangat dengan lemon karena baik untuk mendorong terjadinya kontraksi usus, sehingga mendorong BAB.

3. Makan dengan porsi kecil namun lebih sering

Untuk mencegah sembelit datang kembali, Anda perlu mengatur pola makan. Makan besar dapat membuat saluran pencernaan Anda semakin penuh sehingga memperburuk sembelit.

Sebaiknya, makanlah dengan porsi kecil lebih sering agar perut dapat dengan mudah mencernanya, serta meringankan perut bergas dan kembung yang terjadi akibat sembelit.

4. Mengkonsultasikan suplemen atau obat-obatan kehamilan

Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil selanjutnya adalah tidak sembarangan mengonsumsi suplemen kehamilan. Ada suplemen atau obat-obatan untuk ibu hamil yang sayangnya bisa memperburuk sembelit.

Sebaiknya, konsultasikan pada dokter tentang penyesuaian dosis, atau menggantinya dengan yang lain hingga situasi membaik.

Selain itu, tanyakan pula pada dokter mengenai minum suplemen magnesium yang dapat membantu melawan sembelit.

Baca juga: Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

5. Mengonsumsi probiotik

Probiotik dalam yogurt mengandung kultur aktif yang dapat merangsang bakteri usus memecah makanan lebih baik. Zat ini dapat membuat pergerakan usus lancar dan feses bisa keluar dengan mudah.

Selain yogurt, Anda juga dapat meminta dokter merekomendasikan suplemen probiotik yang baik dalam bentuk kapsul, kunyah, atau bubuk.

6. Berolahraga secara teratur

Rutin berolahraga selama kehamilan dapat mendorong pergerakan usus secara teratur sehingga membantu Anda mengatasi sembelit.

Hanya dengan 10 menit berjalan kaki, Anda dapat membuat seluruh tubuh bergerak. Jadi, pastikanlah untuk rutin melakukan olahraga sesuai rekomendasi dokter Anda.

Cara di atas bukan hanya bisa mengatasi susah BAB, tapi juga merupakan cara mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain pengobatan alami, Anda juga bisa mengatasi sembelit dengan obat.

Obat sembelit untuk ibu hamil

Apabila pengobatan alami tidak membuahkan hasil, Anda bisa mencoba obat-obatan medis sebagai salah satu cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. Namun, penting untuk berkonsultasi pada dokter karena tidak semua obat aman digunakan selama kehamilan.

Berikut obat sembelit untuk ibu hamil yang aman digunakan untuk mengatasi susah buang air besar selama masa kehamilan:

1. Obat pencahar berupa serat (bulk-forming agents)

Cara mengobati sembelit pada ibu hamil yang pertama adalah dengan mengonsumsi obat pencahar.

Obat pencahar untuk ibu hamil ini memiliki cara kerja yang sama dengan serat dalam makanan, yaitu dengan menambahkan serapan cairan pada feses sehingga membuatnya lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan. 

2. Pelunak feses

Obat ini menambahkan cairan pada feses agar membuatnya lebih lembut dan lebih nyaman dikeluarkan. Pelunak feses yang paling sering direkomendasikan oleh dokter pada ibu hamil, yaitu docucate.

3. Obat pencahar tipe lubrikan

Obat susah BAB untuk ibu hamil lainnya adalah obat pencahar jenis lubrikan. Obat ini menambahkan lapisan licin ke feses atau bagian dalam saluran usus untuk membantu feses keluar dengan mudah. 

4. Obat pencahar osmotik

Obat ini tidak bisa dicerna usus, sehingga membantu menarik lebih banyak air ke usus guna melunakkannya. Juga memungkinkan usus berkontraksi untuk menggerakan feses.

5. Obat pencahar stimulan

Jenis obat pencahar stimulan yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah bisacodyl atau sennoside. Obat sembelit untuk ibu hamil ini bekerja dengan merangsang otot sekitar usus dan anus agar cepat melakukan kontraksi guna mendorong feses keluar.

Efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat ini adalah perut kram dan ketidakseimbangan elektrolit jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Baca juga: Jajal 8 Cara Mengatasi Susah BAB Secara Alami Ini, Tanpa Obat Pencahar!

Kapan harus ke dokter?

Sembelit saat hamil adalah salah satu keluhan yang umum di masa kehamilan. Namun, kondisi ini bisa menjadi gejala dari masalah lain yang lebih serius.

Dikutip dari American Pregnancy, jika sembelit saat hamil tak kunjung sembuh atau bahkan disertai gejala lain, seperti mual, muntah, sakit perut atau pendarahan dari dubur, segera diperiksakan pada dokter untuk mengatasinya dengan tepat.

Selain itu, mengejan saat buang air besar bisa menyebabkan dan memperburuk wasir, yakni pembengkakan pembuluh darah di area rektal.

Wasir bisa menyebabkan masalah yang serius. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini bisa segera hilang setelah bayi lahir. Namun, jika rasa sakitnya semakin parah, atau Anda mengalami perdarahan rektal, segera hubungi dokter.

Jika Anda ingin berkonsultasi langsung, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

 

Advertisement

menjaga kehamilansembelithamil

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved