5 Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi 2 Bulan

(0)
30 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan sangat beragam.Cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan bisa dengan mengecek suhu duburnya.
Cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan ternyata bisa dilakukan di rumah. Meski begitu, datang ke dokter tetap harus dilakukan untuk hasil penyembuhan yang optimal.Berbagai cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan ini mulai dari memberikan pijatan, hingga memandikan dengan air hangat. Bagi para orangtua, ayo kenali berbagai cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan!

Cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan

Sembelit pada anak bisa menimbulkan kepanikan orangtua. Sebelum membawanya ke dokter, ada baiknya mencoba langkah-langkah berikut ini di rumah sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan.

1. Olahraga

Sama seperti orang dewasa, bayi juga butuh olahraga untuk melancarkan sistem pencernaannya. Namun, anak bayi berusia 2 bulan belum bisa merangkak, berjalan, atau berdiri sendiri. Itulah sebabnya orangtua harus membantunya dalam berolahraga.Olahraga sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan juga cukup sederhana. Baringkan bayi dalam posisi terlentang. Kemudian gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda.Dengan begitu, diharapkan sistem pencernaan jadi lancar, sehingga sembelit bisa hilang.

2. Mandi air hangat

Cara mengatasi sembeli pada bayi 2 bulan selanjutnya ialah dengan memandikannya di bak berisikan air hangat. Air hangat dipercaya bisa membuat otot perut menjadi rileks sehingga sembelit dapat diatasi.Selain itu, mandi air hangat juga bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat sembelit.

3. Merubah jenis susu formulanya

Bayi
Cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan
Bayi yang masih berusia 2 bulan biasanya hanya mengonsumsi air susu ibu (ASI) ataupun susu formula. Perubahan pola makan, terutama jenis susu formula yang dikonsumsi, bisa menjadi cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan.Sebab, beberapa jenis susu formula dipercaya bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Jika ini menjadi kasusnya, cobalah ganti susu formula jenis lain setelah berkonsultasi pada dokter anak.Jika perubahan susu formula ini tidak mengatasi sembelitnya, itu menandakan bahwa susu formula bukanlah penyebab sembelit pada anak Anda.

4. Memijat perutnya dengan lembut

Memijat perut bayi dengan lembut bisa juga menjadi cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan. Berikut ini adalah tahapan memijat perut bayi yang bisa dilakukan:
  • Gunakan ujung jari untuk membuat gerakan melingkar pada perut bayi dengan pola searah jarum jam.
  • Gunakan dua jari untuk memijat bagian pusar bayi searah jarum jam.
  • Pegang lutut bayi dan satukan kedua kakinya sambil mendorongnya perlahan ke arah perut
  • Memijat lembut bagian tulang rusuk hingga turun ke pusar dengan ujung jari
Ayah dan Ibu perlu ingat, memijat perut bayi harus dilakukan secara lembut. Kalau terlalu kencang, bayi malah akan merasa tidak nyaman.

5. Mengecek suhu dubur

Mengecek suhu dubur juga bisa menjadi cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan. Memeriksa suhu dubur menggunakan termometer bersih yang dilumasi bisa membantu bayi buang air besar lebih lancar.Namun ingat, jangan melakukan cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan ini terlalu sering. Sebab, sembelit yang dirasakan bayi berisiko semakin parah.Sebelum mencoba cara mengatasi sembelit pada 2 bayi 2 bulan ini, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu pada dokter.

Ciri-ciri bayi sembelit

Bayi
Cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan
Terkadang, orangtua tidak menyadari bayinya sedang mengalami sembelit. Namun, terdapat ciri-ciri bayi sembelit yang dapat dilihat kasat mata:
  • Feses yang bertekstur keras

Feses yang bertekstur keras bisa jadi pertanda bahwa bayi sedang mengalami sembelit. Tidak hanya itu, jarang buang air besar juga menandakan sembelit pada SI Kecil.
  • Mengejan

Kesulitan buang air besar akan membuat banyak orang dewasa mengejan, begitu pula dengan bayi. Jika raut wajahnya menunjukkan mengejan saat buang air besar, berarti ia merasa kesulitan untuk buang air besar dan sedang mengalami sembelit.
  • Feses berdarah

Adanya darah pada feses menandakan bahwa sang bayi telah mengejan terlalu kencang, sehingga duburnya bisa terluka dan mengeluarkan darah.
  • Perut terasa kencang

Perut terasa kencang dan kaku merupakan salah satu tanda sembelit pada bayi. Sebab, tekanan yang disebabkan oleh sembelit bisa membuat perut bayi menjadi keras.Jika berbagai ciri-ciri bayi sembelit di atas terlihat, segeralah datang ke dokter atau melakukan berbagai cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan yang sudah dijelaskan di atas.

Catatan dari SehatQ:

Perlu diingat, berbagai cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan di atas sebaiknya dilakukan atas izin dokter. Maka dari itu, berkonsultasilah dulu pada dokter untuk mengetahui cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan secara baik dan benar.
sembelitbayi sembelittermometer bayifeses bayi
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324543
Diakses pada 16 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/remedies-for-baby-constipation#signs
Diakses pada 16 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait