7 Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor karena Jatuh

(0)
29 Jan 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara mengatasi sakit tulang ekor karena jatuh harus segera dilakukanJatuh terduduk bisa menyebabkan sakit tulang ekor
Pernahkah Anda terjatuh dalam posisi duduk? Jatuh dalam posisi ini dapat menyebabkan tulang ekor terasa sakit yang menusuk tajam atau berdenyut. Rasa sakitnya dapat berkisar dari ringan hingga berat. Kondisi ini bahkan bisa berbahaya karena ada kemungkinan tulang ekor menjadi retak atau patah. Selain itu, Anda juga dapat mengalami kesulitan untuk duduk atau buang air besar setelahnya. Dalam kasus yang ringan, kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Anda juga dapat melakukan beberapa cara mengatasi sakit tulang ekor karena jatuh supaya bisa cepat pulih.

Cara mengatasi sakit tulang ekor karena jatuh

Untuk membantu meredakan rasa sakit, sejumlah cara mengatasi sakit tulang ekor karena jatuh berikut dapat Anda lakukan:

1. Duduk di atas bantal berbentuk donat

Selama tulang ekor terasa sakit, hindari duduk di permukaan yang keras. Sebaiknya duduklah di atas bantal berbentuk donat untuk membantu menghindari tekanan pada tulang ekor. Hal ini juga bisa membuat Anda merasa lebih nyaman.

2. Menggunakan kompres es dan hangat secara bergantian

Kompres hangat dan dingin bantu redakan nyeri
Gunakan kompres hanga selama 15-20 menit di sekitar tulang ekor. Kemudian, diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, gunakan kompres dingin. Ulangi proses ini selama mungkin yang Anda inginkan. Kombinasi kedua kompres ini bisa membantu meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan meredakan nyeri lebih cepat. 

3. Beri pijatan lembut

Memberi pijatan lembut pada otot di sekitar tulang ekor bisa membantu meredakan nyeri dan membuatnya terasa lebih nyaman. Akan tetapi, pijatan ini tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan karena dikhawatirkan bisa membuat kondisi Anda semakin memburuk. Jadi, lakukan secara perlahan, ya!

4. Mengoleskan obat penghangat

Obat topikal memberi efek menenangkan pada tulang ekor
Cara mengatasi sakit tulang ekor karena jatuh lainnya adalah mengoleskan obat topikal, misalnya dalam bentuk minyak atau pasta. Sensasi hangat yang ditimbulkan dari obat tersebut dapat memberi efek menenangkan. Pastikan obatnya sudah berlabel BPOM.

5. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri sebagai cara mengatasi sakit tulang ekor karena jatuh, misalnya asetaminofen, ibuprofen, atau aspirin. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Namun, pastikan menggunakannya sesuai petunjuk penggunaan yang tertera dalam kemasan obat.

6. Terapi fisik

Terapi fisik bantu pulihkan tulang ekor yang sakit
Terapi fisik atau fisioterapi harus dilakukan di tempat khusus fisioterapi. Dalam terapi fisik, ahli terapi akan mengajarkan Anda teknik relaksasi dasar panggul untuk membuatnya lebih rileks. Terapi ini akan membantu memulihkan tulang ekor Anda yang sakit setelah jatuh.

7. Operasi

Jika sakit tulang ekor akibat jatuh terbilang parah, pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiknya. Dalam beberapa kasus tertentu, tulang ekor bahkan mungkin perlu diangkat melalui prosedur yang disebut coccygectomy.Dengan melakukan berbagai cara mengatasi sakit tulang ekor karena jatuh di atas, diharapkan bisa membantu mempercepat pemulihan Anda. 

Penyebab lain sakit tulang ekor 

Selain karena jatuh, nyeri tulang ekor juga bisa disebabkan oleh berbagai masalah lainnya. Adapun penyebab lain sakit tulang ekor yang mungkin terjadi, yaitu:
  • Duduk di kursi atau permukaan yang keras terlalu lama bisa menyebabkan tulang ekor Anda nyeri karena tekanan yang diberikan pada tulang. 
  • Menjalani persalinan menyebabkan ligamen dan otot di sekitar tulang ekor meregang dan menegang sehingga menimbulkan rasa sakit. Tak jarang, tulang ekor juga bisa patah dalam proses melahirkan.
  • Obesitas bisa memberi tekanan berlebih pada tulang ekor, terutama saat duduk sehingga tulang terasa nyeri. Namun, terlalu kurus juga dapat membuat Anda mengalami sakit tulang ekor karena tidak adanya jumlah lemak yang memadai di bokong. Kondisi ini menyebabkan gesekan antara tulang ekor dengan jaringan di sekitarnya.
  • Menderita wasir juga bisa menimbulkan nyeri pada tulang ekor. Penyakit ini terjadi karena jaringan yang melindungi lubang anus meradang dan otot menarik tulang ekor sehingga terasa sakit serta tidak nyaman. 
  • Pertumbuhan jaringan abnormal, seperti kista, tumor, atau kanker, di sekitar tulang ekor juga bisa menyebabkan rasa nyeri.
Jika sakit tulang ekor tak juga mereda, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter supaya dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar sakit tulang ekor, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
masalah tulangpenyakit tulangkesehatan tulang
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tailbone-pain/expert-answers/faq-20058211
Diakses pada 15 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/cancer/tailbone-pain-coccydynia
Diakses pada 15 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318064#Management-of-tailbone-pain
Diakses pada 15 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait