logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Sakit Tenggorokan Akibat Omicron, Ini Dia Bahan Alami untuk Mengatasinya

open-summary

Sakit tenggorokan jadi salah satu gejala khas Covid-19 varian Omicron yang membedakannya dengan flu biasa. Beberapa bahan alami dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan secara alami.


close-summary

3.59

(41)

10 Feb 2022

| Rena Widyawinata

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara mengatasi sakit tenggorokan yang tidak parah bisa menggunakan madu, air lemon, hingga soda kue

Sakit tenggorokan akibat Covid-19 varian Omicron bisa diredakan dengan bahan alami sederhana

Table of Content

  • Cara mengatasi sakit tenggorokan akibat Omicron
  • Catatan dari SehatQ

Covid-19 Omicron dan flu biasa memang memiliki sejumlah gejala yang mirip. Salah satu gejala Omicron yang membedakan dengan flu biasa adalah sakit tenggorokan.

Advertisement

Selain obat yang telah diresepkan dokter, ada sejumlah cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami yang bisa Anda lakukan dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Cara mengatasi sakit tenggorokan akibat Omicron

Sakit tenggorokan sebenarnya bisa disebabkan oleh infeksi virus, seperti Covid-19 ataupun infeksi bakteri. Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri dokter akan memberikan antibiotik.

Akan tetapi, jika disebabkan oleh virus, dokter biasanya tidak memberikan pengobatan khusus, dan memberikan obat untuk meredakan gejalanya. Untuk membantu melegakan tenggorokan dan mengatasi rasa sakitnya, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan, selain obat sesuai anjuran dokter.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi tenggorokan secara alami.

1. Madu

Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan madu
Madu dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi sakit tenggorokan

Salah satu cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami akibat infeksi virus Covid-19 varian Omicron adalah dengan konsumsi madu.

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk sakit tenggorokan, Anda bisa mengonsumsinya langsung atau mencampurnya dengan teh hangat.

Tak hanya untuk sakit tenggorokan, madu juga berguna sebagai salah satu obat batuk alami. Batuk juga jadi salah satu gejala Covid-19 varian Omicron.

Jadi, dengan minum madu, gejala seperti sakit tenggorokan dan batuk bisa ikut diredakan.

2. Konsumsi cuka apel

Sebenarnya, cuka apel lebih dikenal sebagai salah satu bahan yang punya sifat antibakteri. Sementara, sakit tenggorokan akibat Covid-19 varian Omicron adalah infeksi virus.

Walau demikian, bukan berarti sama sekali tidak ada kegunaan dari cuka apel ini untuk meredakan sakit tenggorokan akibat Covid-19 varian Omicron.  

Beberapa orang mengklaim gejala sakit tenggorokannya berkurang setelah menggunakan cuka apel. Jadi, tak ada salahnya dicoba.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan secara alami dengan cuka apel, Anda bisa melarutkan 1-2 sendok teh cuka apel ke dalam satu gelas air. Berkumurlah sambil mendongakkan kepala.

Anda bisa mengulanginya 1-2 dua kali setiap jamnya. Pastikan Anda juga mengonsumsi air putih yang cukup, di antara jam-jam berkumur dengan larutan air cuka apel.

3. Berkumur air garam

Berkumur air garam telah diketahui sejak dulu dapat membantu mengatasi masalah pernapasan secara alami, seperti batuk atau sakit tenggorokan.  

Garam diketahui mampu mengurangi pembengkakan, dengan menarik air keluar dari jaringan tenggorokan. Tak hanya itu, air garam juga dipercaya mampu membunuh mikroba di yang mungkin ada.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan secara alami dengan garam, campurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Setelah mengaduknya, berkumurlah dengan larutan tersebut, satu kali setiap satu jam.

Selain dengan garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda. Anda cukup mencampurkan 1/4 sendok teh soda kue ke dalam satu gelas air hangat, serta memasukkan 1/8 sendok teh garam. Berkumurlah dengan larutan tersebut sambil mendongakkan kepala setiap tiga jam sekali.

4. Minum air lemon

Air lemon membantu mengatasi radang tenggorokan secara alami
Air lemon membantu mengatasi radang tenggorokan secara alami

Air lemon juga merupakan bahan alami untuk mengatasi sakit tenggorokan, baik karena infeksi bakteri ataupun infeksi viirus SARS-CoV-2 varian Omicron.

Lemon mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat sendiri sangat penting untuk pemulihan tubuh akibat infeksi virus. Pasalnya, infeksi virus biasanya mengandalkan sistem imun untuk melawan dan menyembuhkannya.

Selain itu, lemon juga dapat meningkatkan produksi air liur. Peningkatan ini dapat membantu selaput lendir di tenggorokan agar terus lembap. Ini membantu mengurangi rasa sakit. Sebab, tenggorokan yang kering akan membuat sakit yang Anda rasakan semakin menjadi.

Cobalah untuk mencampurkan perasan lemon, ke dalam air hangat. Untuk hasil yang maksimal, tambahkanlah madu atau air garam.

5. Minyak kelapa

Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk meredakan sakit tenggorokan, selain sebagai bahan memasak. Sebab ternyata, minyak kelapa juga punya sifat menyejukkan dengan melumasi selaput lendir di tenggorokan.

Minyak kelapa pun bisa Anda tambahkan ke makanan lain, sebagai pereda sakit tenggorokan. Misalnya, dengan meneteskan satu sendok makan ke dalam sup, satu gelas teh hangat, atau ke satu cangkir cokelat hangat. Anda juga bisa meminum langsung satu sendok bahan makanan ini.

6. Minum teh chamomile

Teh chamomile melembapkan tenggorokan sehingga tidak kering
Teh chamomile melembapkan tenggorokan sehingga tidak kering

Teh chamomile merupakan salah satu minuman yang dapat meredakan sakit tenggorokan secara alami. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Molecular Medicine Reports, chamomile dapat membantu melembapkan tenggorokan dan mencegahnya kering.

Jadi, rasa sakit yang Anda rasakan tidak semakin berat. Selain itu, teh chamomile juga punya sifat anti-peradangan yang dapat meredakan bengkak dan kemerahan di tenggorokan.

Tak berhenti di situ, teh chamomile juga punya kandungan antispasmodik yang bisa membantu mengatasi batuk, yang juga jadi gejala Covid-19. Bahkan, uap panas dari teh chamomile pun dapat membantu melegakan gejala flu dan Covid-19, seperti hidung tersumbat.

BACA JUGA: Batuk Covid-19 atau Batuk Biasa, Ini Bedanya

7. Teh atau minyak esensial peppermint

Selain teh chamomile, peppermint juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan secara alami. Teh peppermint kaya akan kandungan polifenol, yakni antioksidan yang mampu membantu mengurangi peradangan.

Sensasi dingin yang dimiliki daun mint juga membantu menyejukkan tenggorokan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul saat menelan atau berbicara.

Bukan cuma lewat olahan teh, minyak esensial peppermint juga berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan. Ini juga tak lepas dari kandungan mentol yang banyak dipakai sebagai salah satu komposisi permen pelega tenggorokan.

Menghirup minyak esensial peppermint dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. 

8. Konsumsi bawang putih

Bawang putih sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu cara mengobati sakit tenggorokan secara alami. Biasanya, orang zaman dahulu akan langsung menghisap bawang putih untuk mendapatkan manfaat ini.

Namun sebenarnya, menambahkan bawang putih ke asupan harian Anda pun sudah cukup untuk membantu sakit tenggorokan yang Anda rasakan. Bawang putih bisa membantu meredakan kondisi ini karena kandungan antibakterinya yang berlimpah.

9. Perbanyak minum air putih

Banyak minum air putih, cara mengobati sakit tenggorokan alami
Cara mengatasi tenggorokan alami salah satunya dengan minum air puih

Langkah ini sebenarnya sangat sederhana, tapi banyak orang mengabaikannya. Padahal selain mencegah dehidrasi, minum air putih dapat menjadi salah sati cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami.

Minum cukup air akan menjaga tenggorokan tetap lembap. Tenggorokan yang kering lebih rentan terasa sakit dan mengalami peradangan.

10. Minum air jahe

Jahe tentu tak sudah tidak asing lagi sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Minum air jahe diketahui dapat bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan.

Sebab, jahe mengandung sifat antibakteri dan antiradang yang kuat. Dengan demikian, peradangan yang terjadi di tenggorokan pun dapat mereda.

11. Kayu manis

Cara mengatasi sakit tenggorokan alami selanjutnya adalah dengan menambahkan kayu manis ke minuman kesukaan Anda, seperti teh atau susu. Anda juga bisa menambahkannya ke berbagai olahan makanan.

Kayu manis mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi virus dan bakteri di tubuh.

12. Makan sup ayam

Sup ayam mengandung beragam gizi yang penting untuk sistem imun
Sup ayam mengandung beragam gizi yang penting untuk sistem imun

Hangatnya sup ayam akan memberikan rasa nyaman saat Anda mengonsumsinya dalam kondisi sakit tenggorokan. Selain itu, berbagai nutrisi yang terdapat dalam semangkuk sup ayam juga membantu pemenuhan gizi Anda.

Makan makanan bergizi saat sakit dapat membantu meningkatkan sistem imun dan mempercepat pemulihan.

BACA JUGA: Kriteria Pasien Omicron yang Perlu Dirawat di Rumah Sakit dan yang Bisa Isoman

Catatan dari SehatQ

Sakit tenggorokan tentu membuat Anda tak nyaman untuk melakukan apa pun, terutama menelan. Namun, upayakan untuk tetap berusaha menelan berbagai bahan alami dari cara mengatasi sakit tenggorokan di atas.

Selain bahan alami, pastikan Anda tidak menghentikan pengobatan yang diberikan dokter, terlebih jika dokter meresepkan antibiotik. Habiskan antibiotik sesuai anjuran, sekalipun Anda merasa sudah amat membaik. Bahan alami sebaiknya dijadikan pendamping, bukan pengobatan utama.

Apabila sakit tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh Covid-19 varian Omicron, pastikan Anda menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus. Lakukan telemedicine untuk isolasi mandiri bagi pasien bergejala ringan.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ yang telah bekerja sama dengan Kemenkes RI. Download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play!

Advertisement

sakit tenggorokaninfeksi tenggorokanhidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved